JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER SERTA PENJELASANNYA

blog.rifainstitute.com – Diartikel kali ini kita akan membahas lebih mendalam tentang jenis-jenis jaringan komputer, apa sajakah itu? Nah untuk itu simak pembahasannya di artikel ini.

Jaringan komputer yang mungkin kita ketahui sekarang itu hanya beberapa dari sekian banyak jaringan komputer yang ada di dunia, dibawah ini merupakan jenis-jenis jaringan komputer, diantaranya:

MAN (Metropolitan Area Network)

jaringan MAN
utopicomputers.com

Metropolitan area network atau yang di singkat MAN, merupakan jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN dalam satu kota yang sama. Jika jarak yang menghubungkan dua buah LAN sudah tidak memungkinkan untuk bisa membangun sebuah jaringan, maka dari itu jaringan MAN lah yang harus digunakan.

Jenis jaringan ini lebih besar daripada LAN tetapi jaringan ini lebih kecil dari WAN. Jaringan MAN ini memakai perangkat khusus serta kabel untuk menghubungkan LAN.

LAN (Local Area Network)

jaringan LAN
gagastekno.com

Berbeda dengan jaringan MAN jaringan LAN ini hanya menghubungkan perangkat dalam jarak yang cukup pendek, seperti sekolah, gedung, kantor ataupun rumah. Jaringan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagi file, koneksi internet serta printer.

Di dalam sebuah jaringan LAN biasanya akan berisi sekitar 2-10 komputer yang saling terhubung dengan komputer server. Jaringan LAN ini selain bisa memakai kabel bisa juga memakai wifi yang biasanya dikenal dengan nama WLAN (Wireless Local Area Network).

PAN (Personal Area Network)

jaringan PAN
jagad.id

Nah jaringan komputer yang ketiga yaitu PAN atau personal area network. Jaringan komputer ini hanya mencakup komputer pribadi saja dengan berbagai perangkat disekitarnya seperti headphone, keyboard dan juga mouse.

Jaringa PAN ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi anda atau menghubungkan ke sebuah jaringan internet. Jaringan ini biasanya dibantu dengan teknologi seperti USB maupun bluetooth untuk bisa menghubungkan antar perangkat.

WAN (Wide Area Network)

jaringan WAN
dictio.id

Wide area network atau yang disingkat WAN ini merupakan jaringan yang memiliki jarak atau wilayah yang sangat luas karena jaringan ini bisa menjangkau hingga ke seluruh Negara maupun dunia.

Jaringan ini biasanya telah terdiri dari jenis jaringan seperti MAN dan LAN. Jenis jaringan WAN hanya membutuhkan satu router saja untuk bisa menghubungkan seluruh komputer ke dalam jaringan.

Jaringan WAN juga biasanya dibangun oleh sebuah perusahaan-perusahaan yang menjadi penyedia berbagai jaringan internet. Untuk dapat membangun sebuah jaringan WAN kalian bisa menggunakan sebuah saluran koneksi telepon yang biasa disebut dengan Leased Line.

Tidak hanya itu saja ada sebagian jaringan WAN yang dibangun dengan menggunakan switching sirkuit.

Internet

Internet
liputan6.com

Sederhananya, internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah ada dengan berbagai macam manfaatnya. Jaringan ini mampu menghubungkan jutaan perangkat seperti laptop, workstation, PC, smartphone, tablet, TV, server, CCTV, webcam dan masih banyak lagi perangkat yang bisa dihubungkan oleh jaringan ini.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan pada Januari tahun 2018, setidaknya ada 215o juta system akhir yang terkoneksi dengan jaringan internet. Banyak teknologi ataupun infrastruktur yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat ini.

Jaringan internet ini sudah terbukti dan bisa digunakan oleh siapapun, oleh karena itu jaringan internet dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.

VPN (Virtual Private Network)

jaringan VPN
idcloudhost.com

Jaringan ini merupakan solusi untuk dapat menyediakan koneksi internet yang aman. seperti contoh sebuah perusahaan mempunyai dua kantor, satu berada di Bandung dan satu lagi berada di Jakarta.

Dalam hal ini perusahaan bisa memakai VPN untuk dapat menghubungkan kedua kantor perusahaan tersebut. Jaringan ini juga membuat jalur yang aman di internet dan dapat digunakan untuk transmisi data.

CAN (Campus Area Network)

jaringan CAN
notforhack.wordpress.com

Jaringan ini dianggap mirip dengan jaringan MAN, tetapi terbatas pada akademi atau universitas. Jaringan CAN ini biasanya disiapkan untuk kegiatan pendidikan seperti praktik lab, ujian, pembaruan kelas, pemberitahuan dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?