MACAM-MACAM PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

jaringan komputer

blog.rifainstitute.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang macam-macam perangkat jaringan pada komputer dengan lebih jelas dan lengkap.

Ada banyak sekali jenis perangkat jaringan komputer. meskipun mempunyai fungsi serta peran yang berbeda, perangkat jaringan ini saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Jenis Jaringan Komputer

Berikut ini kami akan membahas beberapa macam-macam perangkat jaringan komputer, diantaranya:

Server

idcloudhost.com

Sederhananya, server merupakan alat control pada sebuah jaringan, sesuai dengan penjelasan yang sebelumnya sudah dibahas tentang pengertian jaringan komputer. Server pada dasarnya memberikan layanan kepada client.

Server juga dapat berfungsi sebagai media untuk menyimpan informasi serta mengelola suatu jaringan komputer.

Wireless Card

wireless card
id.if-koubou.com

Wireless card ini bisa menghubungkan komputer dengan komputer lain dengan menggunakan wifi tanpa memakai kabel.

Di jaman sekarang ini, ada banyak laptop yang memiliki kartu nirkabel di dalamnya, sehingga tidak perlu lagi membeli kartu nirkabel secara terpisah. Tidak seperti halnya pengguna laptop.

Pengguna yang mempunyai komputer harus membeli kartu nirkabel secara terpisah untuk dapat terhubung ke wifi.

Router

router
merdeka.com

Router ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan suatu jaringan LAN ke dalam jaringan WAN serta mengelola lalu lintas data yang ada di dalamnya.

Router ini bisa menentukan jalur yang terbaik untuk komunikasi data, perangkat router ini mempunyai kabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat yang berada pada jaringan yang tidak dapat diketahui serta jalur yang memungkinkan dilalui dan waktu tempuhnya.

LAN Card

LAN card
hot.liputan6.com

LAN card ini bisa menghubungan satu komputer ke komputer lainnya. Perbedaannya yaitu LAN card perlu menghungungkan komputer menggunakan kabel.

LAN card ini akan mengubah aliran data dari bentuk paralel ke dalam bentuk serial, sehingga data akan dikirim melalui kabel UTP.

Hub

hub
apple.com

Hub ini gunanya untuk bertugas mengubah sinyal transmisi jaringan, dimana hal tersebut dimaksudkan supaya kedua komputer atau lebih dapat saling terhubung.

Hub ini tidak dapat mengatur alur jalannya suatu data, maka setiap paket data yang melewati hub akan dibroadcast ke semua port sampai ke paket data yang dimaksud sampai ke tujuan.

Hal ini bertujuan untuk membuat paket data yang dikirim mengalami collision atau tabrakan data. Untuk saat ini, penggunaan hub sangat jarang, dikarenakan kebanyakan orang lebih memilih switch karena fiturnya yang lebih kompleks ketimbang hub.

Switch

switch
bukalapak.com

Switch adalah perangkat jaringan yang mempunyai fungsi yang hampir sama dengan hub, tetapi perangkat switch ini lebih pintar jika dibandingkan dengan hub. Karena perangkat ini dapat mengatasi masalah collision data.

Tidak hanya itu saja, perangkat ini juga mempunya beberapa kelebihan diantaranya seperti kecepatan transfer data ataupun luas jaringan yang jauh lebih bagus daripada hub.

Tidak hanya itu saja, tetapi switch juga dapat memfilter paket data yang kemudian diteruskan ke jaringan yang akan dituju. Perangkat ini paling sering digunakan pada ruangan lab komputer atau ruangan kantor dimana masing-masing komputer client terhubung lebih dulu melalui kabel LAN sebelum terhubung dengan router.

Kabel Jaringan

kabel jaringan
spaceku.com

Sederhananya, kabel jaringan ini merupakan media transmisi berbentuk kabel yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih untuk bisa saling bertukar data satu dengan yang lain.

Walaupun kini ada banyak media transmisi nirkabel/wireless, penggunaan kabel jaringan (wired) masih tetap populer serta masih banyak permintaannya.

Adapun beberapa jenis kabel yang biasa digunakan, contohnya seperti kabel STP, Coaxial, UTP dan fiber optik. Biasanya, jenis kabel yang digunakan tergantung pada jenis jaringan serta perangkat yang digunakan.

Semisal seperti untuk menghubungkan komputer dengan switch, router atau hub, sehingga jenis kabel yang paling sering digunakan yaitu kabel UTP.

Modem

modem
jakartanotebook.com

Modem yang merupakan kepanjangan dari modulator demodulator merupakan sebuah perangkat yang berfungsi serta digunakan sebagai penghubung dari sebuah perangkat komputer menuju ke jaringan ISP (Internet Service ProviderPenyedia Layanan Internet.

Bridge

Bridge ini bisa memperluas jaringan yang dapat digunakan oleh perangkat lain dalam jangkauan luas. Perangkat ini berfungsi untuk meneruskan data, membagi jaringan menjadi beberapa jaringan, yang dapat membuat jangkauan jaringan menjadi lebih luas.

Perangkat ini mempunyai tabel bridge internal yang fungsinya untuk menentukan segmen mana yang harus disaring.

CCTV

cctv
ph.rs-online.com

Closed circuit television atau yang sering kita dengar dengan CCTV adalah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk merekam serta mengirimkan sinyal video dari suatu ruangan (tempat dipasangnya CCTV) ke layar monitor.

Hasil rekaman yang ada di CCTV umumnya akan disimpan di harddisk atau NVR yang kemudian bisa diakses melalui komputer atau bahkan bisa melalui smartphone.

Perangkat ini merupakan jaringan yang cukup penting, terutama untuk memantau serta mengawasi suatu ruangan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kemalingan dan lain sebagainya.

Access Point

access point
amazon.com

Mirip dengan router, namun access point ini mempunyai fungsi yang sederhana yaitu untuk memancarkan wireless sinyal yang dipancarkan dari router untuk dapat membuat jaringan WLAN.

Salah satu kelebihannya adalah access point ini dapat tersambung langsung dengan broadband atau router.

Konektor

konektor
nesabamedia.com

Sederhananya, konektor ini adalah sebuah alat yang dapat menghubungkan kabel dengan network adaptor. Keberadaan perangkat ini sangat vital bagi perangkat komputer, karena jika tidak ada alat tersebut. Maka komputer tidak bisa dioperasikan dengan semestinya.

Adapun beberapa jenis konektor yang biasa terpasang pada perangkat komputer, diantaranya:

  • Konektor ST digunakan untuk kabel fiber optic.
  • Konektor RJ-45 digunakan untuk kabel UTP.
  • Konektor BNC/T digunakan untuk kabel coaxial.

Sehingga keberadaan konektor memang sudah tidak dapat dipisahkan dengan perangkat yang lain. Meskipun sepintas ia tak banyak berfungsi, tetapi dengan tidak adanya konektor, maka komputer tidak akan bisa berfungsi.

Repeater

repeater
newegg.com

Repeater merupakan perangkat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang masuk. Perangkat ini akan berusaha untuk mempertahankan integritas sinyal jaringan serta mencegah adanya degradasi sampai paket-paket data sampai tujuan.

Repeater ini mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa melakukan filter traffic pada jaringan, sehingga semua data yang masuk akan terseba pada segmen-segmen LAN tanpa bisa melakukan perhitungan apakah data tersebut dibutuhkan atau tidak.

USB WiFi Adapter

usb wifi adapter
review.bukalapak.com

USB wifi adapter ini telah banyak beredar di pasaran. perangkat ini bisa dijadikan solusi bagi kalian yang galau dikarenakan wifi card bawaan laptop ataupun komputer yang bermasalah sehingga kalian tidak bisa terhubung dengan jaringan wifi atau hotspot.

Fungsi dari adapter ini sama persis dengan wifi card pada umumnya. Berbeda dengan USB wifi adapter ini mempunyai mobilitas yang cukup tinggi, sehingga tidak dicolokkan saja pada port USB maka bisa langsung digunakan dengan lebih dulu menginstal drivenya.

Harga untuk USB wifi adapter yaitu sekitar Rp. 300.000 – Rp. 600.000 tergantung pada merk dan spesifikasinya.

NAS (Network Attached Storage)

network attached storage
jurirakyat.net

NAS adalah perangkat storage yang terhubung dengan jaringan utama sehingga ketika komputer client membutuhkan penyimpanan tambahan, maka peran NAS ini akan sangat dibutuhkan.

Cara kerja perangkat ini hampir mirip dengan layanan cloud storage namun bersifat lokal/pribadi, sehingga hanya komputer client yang terhubung di jaringan perusahaan atau kantor yang bisa mengaksesnya.

Harga perangkat ini cukup mahal, sekitar 2jutaan hingga 60jutaan lebih, tergantung dengan merk dan spesifikasinya.

Network Video Recorder

network video recorder
indiamart.com

Perangkat ini merupakan jaringan yang digunakan untuk menyimpan rekaman yang telah dilakukan oleh kamera CCTV. Pada umumnya distribusi data gambar ataupun video dari CCTV ke NVR dilakukan dengan melalui jaringan LAN.

Setiap perangkat mempunyai fitur web interface yang dapat memungkinkan administrator jaringan untuk melakukan pengaturan seperti menambahkan pengguna baru.

Mengetahui sisa kapasitas harddisk, melakukan connect ataupun disconnect pada salah satu atau beberapa CCTV yang terhubung dan lain sebagainya.

Firewall

firewall
networkworld.com

Sederhananya, firewall ini adalah sistem keamanan jaringan komputer yang dipakai untuk memproteksi komputer dari serangan komputer luar. Perangkat ini bisa diinstal dalam software serta hardware, atau kombinasi keduanya.

Proteksi komputer dengan firewall mutlak diperlukan supaya komputer selalu aman misalnya saat terhubung internet.

User/Client

Client/user merupakan komputer umum yang digunakan untuk memperoleh data dari server. Komputer user yang telah terhubung dalah suatu jaringan, berfungsi untuk bisa memperoleh informasi atau sebuah data dari komputer server.

Sistem jaringan antar sebuah komputer seperti ini seringkali kita jumpai di berbagai kehidupan sehari-hari, contohnya seperti laboratorium dan warnet.

Protocol Converter

procotol converter
techblog.cosmobc.com

Perangkat ini merupakan perangkat keras atau hardware yang bertugas mengubah dua jenis transmisi yang berbeda untuk interoperasi.

Proxy Server

proxy server
jetorbit.com

Proxy server merupakan layanan sebuah jaringan komputer yang dapat memungkinkan client untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke dalam layanan jaringan lain.

Atau dengan istilah lain yaitu sebuah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk bisa melakukan request terhadap konten dari internet ataupun intranet

Multilayer Switch

multilayer switch
polar91.wordpress.com

Sederhananya, multilayer switch ini merupakan perangkat yang dimana cara penyusunan perangkat jaringan menjadi beberapa tingkatan karena end user yang terhubung di dalam jaringan mempunyai jumlah yang banyak, maka perlu dilakukan trunking antar jaringan switch secara bertingkat.

Gateway

gateway
indiamart.com

Gateway adalah sebuah piranti atau sebuah alat yang digunakan sebagai media penghubung antar satu jaringan komputer dengan satu jaringan lain, atau dengan menghubungkan beberapa jaringan komputer lainnya yang memakai system protocol yang berbeda.

Oleh karena itu, dengan kondisi seperti ini, maka setiap jaringan komputer dapat saling mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.

Network Access Translator

NAT atau dapat diartikan sebagai penerjemah alamat jaringan merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang memberikan alamat IP publik ke perangkat jaringan lokal sehingga banyaknya IP privat dapat mengakses ke IP publik.

Perangkat ini menerjemahkan alamat IP private untuk bisa mengakses alamat tuan rumah di internet dengan menggunakan alamat IP publik pada jaringan tersebut.

Multiplexer

Perangkat ini merupakan sebuah peralatan yang berfungsi untuk membuat efektif pemakaian saluran komunikasi dengan cara “sharing antar pemakai” atau bisa diartikan sebagai switch yang menerima beberapa input saluran ke satu saluran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?