PENGERTIAN LISENSI, MANFAAT SERTA MACAM-MACAMNYA

blog.rifainstitute.com – Di zaman modern seperti sekarang ini pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan kata lisensi, istilah ini sering digunakan seseorang atau perusahaan untuk mematenkan sebuah produk  atau merek dagangannya.

Nah jika kalian belum mengetahuinya maka di artikel kali ini saya akan membahasnya, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Lisensi

Sederhananya lisensi merupakan sebuah dokumen pemberi izin saja, awalnya bermula dari pengusulan sebuah produk atau jasa.

Hal tersebut berkaitan dengan hak paten dari brand atau merek dagang yang sedang diusingkan oleh sebuah usaha. Pengertian lisensi kini semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman, lisensi ini dapat diterapkan di berbagai aspek sesuai dengan fungsinya.

Peran dari sebuah lisensi mencakup segala usaha secara fisik atau real serta secara virtual atau digital yang saat ini sedang marak dan sering juga dijumpai di media online.

Lisensi ini mempunyai definisi yang luas, dikarenakan bisa juga diartikan sebagai pemberian izin atas hak kekayaan intelektual. Supaya si penerima lisensi bisa memanfaatkan berbagai wewenang intelektual secara maksimal.

Dalam perkembangannya lisensi ini khususnya di dunia digital seringkali berkaitan dengan beragam brand produk digital. Setiap orang yang menciptakan inovasi teknologi baru berhak mendapatkan sebuah lisensi serta kewenangan untuk mengembangkannya tanpa intervensi pihak lain. Tetapi terdapat beberapa syarat atau tahap untuk mengajukan lisensi tersebut.

Ada beberapa istilah penting yang perlu kalian pahami berkaitan dengan pembuatan lisensi. Antara lain terdapat sebutan perjanjian lisensi yang berkaitan dengan kesepakatan antara dua pihak atau lebih.

Satu pihak memiliki peran sebagai pemberi lisensi dan pihak yang lainnya merupakan penerima lisensi yang mempunyai hak untuk mengembangkan brand usahanya secara legal.

Secara umum sebutan lisensi mengarah pada hak secara paten untuk memakai serta mengembangkan ide kreatif dari sebuah merek dagang.

Pembuatan produk yang dihasilkan dari suatu merek harus orisinil, tidak boleh meniru produk pihak lain supaya tidak diaggap plagiat.

Macam-Macam Lisensi

Adapun beberapa macam-macam lisensi yang dapat kalian ketahui diantaranya:

1. Lisensi Massal

Lisensi massal pada umumnya terdapat pada lisensi software komputer, dimana lisensi diberikan oleh pemilik lisensi kepada perorangan untuk menggunakan software komputer tersebut.

Lisensi secara rinci biasanya tertulis dalam EULA (End User License Agreement) dalam software tersebut.

2. Lisensi Bidang Pendidikan

Umumnya lisensi pada bidang pendidikan berbentuk gelar akademis. Sebuah perguruan tinggi atau universitas sebagai mempunyai lisensi supaya dapat diberikan gelar kepada seseorang untuk menggunakan gelar akademisnya setelah menimba ilmu dalam kurun waktu tertentu di perguruan tinggi atau universitas tersebut.

Atau bisa juga gelar akademis tersebut diberikan kepada seseorang sebagai suatu bentuk penghargaan.

3. Lisensi HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual)

Sederhananya lisensi ini merupakan jenis lisensi pada software komputer. Pemberi lisensi akan memberikan hak kepada para pengguna untuk memakai softwarenya.

Lisensi hak intelektual ini umumnya memiliki beberapa peraturan di dalamnya seperti syarat dan ketentuan, wilayah penggunaan, pembaruan, dan syarat-syarat lainnya yang telah ditentukan oleh pemilik lisensi tersebut.

4. Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter

Pemilik lisensi ini dapat memberikan izin kepada seseorang atau perusahaan sehingga dapat menyalin serta menjual hak cipta yang mengandung material seni dan karakter.

Misalnya suatu perusahaan memproduksi serta memasarkan mainan karakter tersebut sebelumnya sudah mendapatkan izin dari pencipta karakter tersebut.

5. Lisensi Merek Barang atau Jasa

Pemilik dari lisensi ini dapat memberikan izin/lisensi kepada seseorang atau perusahaan, dengan tujuan agar seseorang atau perusahaan tersebut dapat menjual produk atau jasa di bawah pemilik lisensi tersebut.

Dengan demikian maka lisensi ini dapat menggunakan merek dagang ataupun jasa pemilik lisensi, tanpa adanya rasa khawatir dituntut secara hukum oleh pemilik lisensi karena sebelumnya sudah mendapat persetujuan pemilik lisensi.

Manfaat Lisensi

Keuntungan dari lisensi sendiri untuk pemegang lisensi ialah untuk bisa menggunakan merek pemberi lisensi dengan aman dan legal. Jika anda membawa penerima lisensi ke sana bisnis anda bisa berjalan dengan lancar.

Secara khusus jika merek yang digunakan sudah terkenal serta menikmati reputasi yang baik di mata konsumen, ia memiliki banyak keuntungan dalam melakukan bisnis.

Sementara manfaat yang diterima oleh pemegang lisensi sering dikenakan royalti yang besarnya sudah disepakati oleh kedua pihak yaitu antara pemilik lisensi dan penerima lisensi.

Nah mungkin segitu saja penjelasan mengenai pengertian lisensi, manfaat serta macam-macamnya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?