Jurnal Sinta

SINTA

blog.rifainstitute.com – Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya berusaha mendongkrak hasil-hasil dari sebuah penelitian dalam bentuk artikel ilmiah untuk dipublikasikan secara global/internasional.

Artikel ilmiah yang dapat diakses oleh pengguna internet di dunia merupakan sebuah aset negara yang sangat penting, dikarenakan tingkat peradaban sebuah negara saat ini yang dilihat yakni jumlah publikasinya.

Maka, kini setiap negara saling memperebutkan untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam publikasi ilmiah. Jumlah penduduk di negara kita relatif lebih banyak dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, tetapi kenyataannya jumlah publikasi di negara kita masih kalah dengan negara tetangga.

Mengutip informasi dari ristekdikti bahwa salah satu penyebabnya adalah minimnya publikasi internasional pada peneliti kita. Berdasarkan inilah maka untu meningkatkan jumlah publikasi ilmiah, pemerintah dalam hal ini Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membangun Science and Techology Index yang diberi nama SINTA.

Apa Itu SINTA?

SINTA (Science and Technology Index) berisi soal pengukuran kinerja ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), antara lain kinerja peneliti, jurnal, institusi IPTEK, serta penulis jurnal.

Apa Tugas SINTA?

Selain mengukur kinerja IPTEK, SINTA juga menjadi alat pengindeks internasional sebagai arsip jurnal, buku, artikel, dan juga karya ilmiah lainnya.

Berdasarkan juga pada Indonesia.go.id SINTA tak sama dengan portal pengindeks seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesian Publication Index (IPI), serta Indonesia Science and Technologi Index (Inasti).

Apa Saja Fitur SINTA?

SINTA mempunyai fitur yang lebih lengkap seperti citation (indeks dalam setahun untuk Google Scholar dan Scopus), Networking (mengetahui siapa saja yang pernah bekerja sama), dan Research Output (jurnal, artikel, buku, yang telah dipublikasikan), dan Score (melihat indeks di Scopus, Google Scholar, dan Inastil).

Kapan dan Kenapa SINTA Diluncurkan?

SINTA sendiri baru diluncurkan pada 30 desember 2017 oleh kemenristek. SINTA berfungsi sebagai wadah hasil penelitian untuk dipublikasikan secara online. Dengan kehadiran SINTA ini dapat diharapkan para peneliti maupun dosen dapat berkontribusi dalam menambah jurnal atau karya ilmiah yang dibuat.

Siapa yang Dapat Mendaftar SINTA?

SINTA dibuat guna mewadahi hasil penelitian yang sudah dipublikasikan secara online. Sehingga orang yang dapat berkontribusi di Portal SINTA adalah para peneliti dan dosen.

Dosen juga dianggap sebagai peneliti karena disamping mengajar di kelas, dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Bagaimana Cara Mendaftar SINTA?

Syarat untuk dapat mendaftar atau registrasi di Portal SINTA tidaklah sulit, hanya mengisi email dan mengisi beberapa identitas diri, seperti; nama lengkap, status (peneliti/doesen), Nomor Induk Dosen (NIDN), instansi tempat kerja, jabatan dalam pekerjaan.

Lalu anda diminta untuk mengisikan password sebagai kata kunci keamanan setiap akan membuka portal.

Kesimpulan

SINTA merupakan portal yang mengindeks seluruh jurnal nasional, atau majalah ilmuah yang memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi yang sudah diakreditasi dengan masa berlaku akreditasi 5 tahun dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA)

Nah jadi apakah anda tertarik untuk mempublikasikan jurnal anda supaya dapat diakses lebih luas? Tunggu apalagi? Hubungi kami yaa!

Untuk info lebih lanjut bisa email ke syntaxbandung@gmail.com atau whatsapp 0813-1252-1152 atau 0813-9570-8831

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?