MENULIS JURNAL ILMIAH YANG BAIK - RIFA'WEB

MENULIS JURNAL ILMIAH YANG BAIK

blog.rifainstitute.com– Ada beberapa jenis karya ilmiah yang bisa dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan, salah satunya adalah jurnal. Secara umum, jurnal bisa diartikan sebagai publikasi periodik yang diterbitkan secara berkala. Dalam hal ini, lazimnya jurnal terbit pada skala waktu tertentu, misalnya setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali. Dan ini cara menulis jurnal ilmiah yang baik.

Tujuan pembuatan jurnal ilmiah ini adalah untuk mengembangkan atau mengoreksi penelitian yang sudah ada, serta menjadi rujukan untuk para peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang serupa. Pada umumnya, jurnal mempunyai cakupan materi yang sangat luas, namun dituliskan dengan sepadat mungkin, umumnya berkisar dari 7 sampai 10 halaman saja.

Dalam penulisannya, jurna ilmiah tentu berbeda dengan penelitian atau cara penulisan yang lainnya. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, dan jika ada unsur yang hilang, maka karya tersebut tidak bisa dikatakan sebagai jurnal ilmiah. Dan ini tips jitu menulis jurnal ilmiah agar penelitian kita bisa digolongkan sebagai jurnal ilmiah.

Ada 8 susunan yang mesti hadir di dalam jurnal ilmiah, diantaranya:

1. Judul

Yang pertama yang mesti hadir adalah Judul. Dalam jurnal, pembuatan judul harus jelas dan spesifik, tidak boleh mempunyai arti ganda atau terlalu umum. Karena judul akan menuntun para pembaca untuk mengetahui inti dari isi jurnal tersebut secara keseluruhannya. Jadi, di dalam judul itu harus jelas dan spesifik. Contohnya, “Pengaruh Minat Membaca Terhadap Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar”, atau “Pendidikan Nilai Dalam Budaya Sumang Etnik Gayo”. Judul harus mencerminkan keseluruhan isi jurnal dengan jelas dan spesifik.

2. Abstrak

Setelah judul, yang harus kita diperhatikan adalah abstrak. Sepintas abstrak hampir sama dengan intisari atau ringkasan, tapi sebenarnya agak sedikit berbeda. Abstrak ini lazimnya ditulis belakangan, setelah seluruh penelitian selesai. Setidaknya kita harus menyajikan 250 kata yang merangkum tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan di dalam abstrak. Dalam penulisan abstrak, diusahkan untuk menghindari singkatan atau kutipan. Di dalam abstrak juga harus dapat berdiri sendiri tanpa ada catatan kaki.

3. Pendahuluan

Setelah abstrak, selanjutnya harus ada bab pendahuluan. Pendahuluan adalah pemaparan keresahan atau latar belakang masalah dari kasus yang akan kita teliti. Pastikan terlebih dahulu jika masalahnya itu memang sesuatu hal yang perlu untuk diteliti, sehingga nanti ketika sudah keluar kesimpulan, dapat memberikan solusi atau pengertian lain terhadap masalah tersebut. Dibagian ini, kita memberikan informasi kepada pembaca apa latar belakang masalahnya sehingga kita ingin dan mesti membuat penelitian itu.

4. Bahan dan Metode

Selanjutnya adalah menentukan bahan dan metode. Pada bagian ini, kita harus menerangkan tentang tahapan percobaan yang kita dilakukan. Informasi yang diterangkan di sini mencakup pola percobaan, peralatan yang digunakan, metode dalam pengumpulan data, gambaran lokasi yang sedang diteliti, dan jenis pengendaliannya. Perlu dicermati juga, pada bagian ini kita harus menjelaskan secara mendetail dan jelas. Usahakan untuk tidak penggunaan kata yang mengandung berarti ganda, sehingga pembaca bisa langsung memahami apa yang hendak kita sampaikan.

5. Hasil

Selanjutnya adalah bab hasil. Pada bagian ini, kita dapat menyajikan data dalam bentuk ringkasan dengan tinjauan teks, tabel, maupun gambar. Yang mesti dicatat, dalam bagian ini informasi yang kita sampaikan hanyalah hasil yang disajikan. Tidak ada interprestasi maupun simpulan dari data yang kita dapat. Sebuah data yang disampaikan harus disajikan dalam bentuk tabel atau gambar, menggunakan teks naratif dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

6. Pembahasan

Selanjutnya ada bab pembahasan. Sesuai dengan nama babnya, di sini kita membahas secara mendetail dari data yang sudah kita dapat, tentu dengan pembahsan yang padat dan tidak bertele-tele. Dan di dalam bagian pembahasan ini, kita bisa menafsirkan data-data yang ada dengan metode yang kita gunakan. Dalam bab pembahasan ini pula, kita tidak boleh lepas dari latar belakang masalah kita yang sudah kita susun, sehingga pemaparan kita tidak keluar dari latar belakang masalah saja. Kita juga bisa menyertakan sebuah penjelasan yang berbeda dari hipotesis penelitian yang dilakukan orang lain.

Yang mesti dicatat di sini, bahwa setiap penelitian yang dilakukan, hasil akhirnya tidak harus sama dengan hipotesa atau asumsi di awal. Jika memang hasilnya berbeda dengan hipotesa atau negatif, kita bisa menjelaskan apa penyebabnya. Karena dari hasil negatif penelitian kita, justru menjadi hal penting yang mesti diubah pada kegiatan penelitian selanjutnya.

7. Kesimpulan

Selanjutnya adalah bab kesimpulan. Di sini kita memaparkan hasil kahir dari keseluruhan percobaan yang telah kita dilakukan. Dalam membuat kesimpulan, peneliti merujuk kembali kepada pernyataan dalam pendahuluan dari setiap data yang diinformasikan.

8. Daftar Pustaka

Selanjutnya yang tidak boleh kita lupa adalah Daftar Pustaka. Bagian daftar pustaka merupakan kumpulan dari nama-nama literatur yang kita gunakan sebagai referensi dalam pembuatan jurnal. Daftar pustaka ini bisa berupa dari buku, majalah, jurnal yang lain, juga internet. Dari keseluruhan informasi yang kita padat dalam bentuk kutipan, harus dituliskan di dalam daftar pustaka.

Itu dia unsur yang mesti ada di dalam jurnal ilmiah. Selain tips jitu menulis jurnal ilmiah yang sudah dipaparkan  di atas, hal yang paling utama adalah niat kita untuk mengerjakannya, lalu memulai penelitian, karena tanpa niat dan memulai, semua hanya jadi impian kita.

Dan ini dia beberapa contoh jurnal ilmiah yang mungkin bisa jadi rujukan kita. (klik di sini)

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 2 Oktober 2020

    […] – Setelah mempelajari cara menulis jurnal ilmiah yang baik (klik di sini bagi yang belum mempelajarinya), maka yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah agar jurnal kita […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?