JURNAL ILMIAH; PENGERTIAN, CONTOH DAN MACAMNYA - RIFA'WEB

JURNAL ILMIAH; PENGERTIAN, CONTOH DAN MACAMNYA

blog.rifainstitute.com– Jurnal adalah publikasi ilmiah yang berisikan kumpulan artikel yang dirancang dan ditulis oleh peneliti dan diterbitkan secara reguler oleh lembaga atau institusi tertentu. Sebelum diedit dan diterbitkan, naskah artikel dievaluasi terlebih dahulu oleh tim reviewer.

Pada umumnya, jurnal harus berisi kumpulan referensi yang menjadi acuan penulisan pada tiap artikel. Jurnal tidak boleh subjektif sebagaimana karya ilmiah lainnya. Jenis artikel yang ditulis juga tidak terpaku laporan penelitian, namun bisa pula berupa review literatur, atau dengan kata lain kajian pustaka.

Lalu apa itu jurnal ilmiah? Jurnal ilmiah juga sering disebut sebagai jurnal akademik. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai ’scientific journal’ atau ’academic journal’. Jurnal akademik dapat dijelaskan sebagai kumpulan artikel ilmiah yang dipublikasikan secara teratur dan berkala dalam rangka penyebaran hasil penelitian. Hasil penelitian yang disebarkan sering kali menantang asumsi umum yang beredar di kalangan publik atau menantang (kritik) temuan penelitian sebelumnya. Bisa pula hasil penyebaran menampilkan data baru dalam literatur akademik.

Jurnal akademik bersifat spesifik, artinya yaitu ditulis dalam cara pandang disiplin atau sub disiplin ilmu tertentu. Dengan kata lain, menggambarkan spesialisasi bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Contoh Jurnal Umum

Jika seseorang mengatakan sedang menulis jurnal, sebenarnya perkataan itu kurang tepat, karena yang sesuai adalah ia sedang menulis artikel untuk jurnal ilmiah. Cara mempublikasikan jurnal ilmiah itu sendiri agak mirip dengan penerbitan majalah atau koran. Yaitu yang terdiri dari editor, redaktur pelaksana, reviewer, penulis dan layouter.

Mereka bekerja dalam satu tim untuk mempublikasikan jurnal ilmiah. Perlu ditegaskan lagi, bahwa jurnal adalah publikasi ilmiah yang terdiri dari kumpulan artikel yang ditulis oleh beberapa orang, bukan artikel atau paper tunggal yang ditulis oleh seorang.

Kita ambil contoh ”Jurnal Syntax Imperatif”. Jurnal tersebut mempublikasikan kumpulan artikel ilmiah yang membahas tentang pendidikan dan perkembangan teknologi. Peneliti atau penulis jurnal bisa dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, dosen, peneliti dan lain sebagainya yang punya minat di bidangnya masing-masing.

Ini dia beberapa contoh jurnal umum yang bisa kita jadikan sebagai rujukan:

  1. Optimasi Instagram sebagai Media Penyampaian Pesan Dakwah
  2. Inovasi Pendidikan Dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013
  3. Analisis Pesan Dakwah Melalui Channel Youtube Ustadz Ucu Najmudin
  4. Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Prosedur Kerja Terhadap Kinerja Dimediasi Oleh Komitmen Afektif
  5. Penerapan Kurikulum Habit Dalam Pembentukan Karakter Studi di MI Cerdas Nurani Kota Cimahi

Jurnal Pendidikan

Jurnal pendidikan atau edukasi merupakan salah satu cabang jurnal yang fokus kajiannya membahas seputar pendidikan dan pengajaran. Di Negara Indonesia sendiri, ada berbagai lembaga dan instansi pemerintahan menerbitkan jurnal pendidikan secara teratur dan konsisten.

Lembaga yang berhak memberikan akreditasi nasional adalah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kedua lembaga tersebut tidak hanya memberikan status akreditasi, namun juga mengelola beberapa jurnal ilmiah yang masuk dalam kategori jurnal pendidikan.

Meski pun jurnal pendidikan di Indonesia bisa terbilang sangat banyak, tapi hanya beberapa saja yang berstandar internasional. Semestinya hal ini bisa menjadi pemicu semangat para peneliti yang selanjutnya untuk mengembangkan jurnal pendidikan di Indonesia, supaya semakin banyak lagi jurnal ilmiah yang berstandar internasional.

Unsur pokok yang menjadi kriteria jurnal berstandar internasional adalah,  artikel ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris. Sedangkan pada kenyataannya, kebanyakan dari kita masih menulis jurnal dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Semestinya jurnal yang sudah ditulis dalam Bahasa Indonesia, diterjemahkan dalam Bahasa Inggris juga.

Jurnal pendidikan tentunya berperan sangat penting untuk kemajuan dan perkembangan pendidikan di Indonesia. Publikasi dan penyebaran jurnal pendidikan yang merata dan mudah diakses siapa saja, bisa membantu meningkatnya kualitas pendidikan kita, meski pun tidak secara langsung.

Jurnal Penelitian

Ada banyak cabang jurnal penelitian. Dari masing-masing cabang jurnal, memiliki juga sub penelitian. Dan dari sub-sub tersebut juga memiliki cabang ilmu yang lain. Berikut adalah beberapa macam jurnal penelitian

Cabang Ilmu Sosial

Jurnal ilmu sosial yaitu artikel-artikel yang mengulas tentang ilmu sosial, yang meliputi ilmu sosiologi, antropologi, administrasi negara, hubungan internasional, hukum, peradaban Islam hingga ilmu komunikasi.

Misalnya seorang peneliti menulis jurnal yang berkaitan dengan ilmu hukum, maka hasil penelitian pun tak lepas dari ilmu hukum yang menjadi bidang studinya. Ilmu hukum termasuk ilmu sosial karena memang masih ada hubungan dan keterkaitan dengan interaksi sosial. Begitu pun juga dengan cabang ilmu lain.

Cabang Ilmu Sains

Selanjutnya ada cabang ilmu sains. Adapun macam-macamnya adalah ilmu biologi, matematika, kimia dan fisika.

Masing-masing jurnal penelitian dari cabang ilmu tersebut tentunya memiliki keistimewaan dan hasil analisa yang menarik.

Cabang Psikologi

Jurnal cabang psikologi memang termasuk ke dalam ilmu sosial, namun di dalamnya juga sebenarnya memiliki sub cabang jurnal penelitian lain. Yaitu di antaranya psikologi klinis, psikologi perkembangan, psikologi abnormal, psikologi politik dan psikoterapi.

Selain itu, sub cabang lainnya adalah penelitian psikologi industry dan organisasi, psikologi sosial dan psikologi kepribadian. Pemerhati mengatakan, jika hasil penemuan jurnal psikologi dikategorikan sebagai penemuan yang paling menarik, karena hasil-hasil penelitiannya bisa memberikan dampak yang nyata dan sangat baik.

Cabang Teknik

Dan yang terakhir yang akan dijelaskan dalam sesi ini adalah jurnal ilmiah cabang teknik. Yang dimasukkan ke dalam kategori cabang teknik itu yaitu teknik mesin, teknik industri, teknik informasi, informatika, teknik komputer dan teknik kelistrikan atau mekanikal.

Jurnal ilmiah cabang teknik juga memiliki reputasi dan peminat yang cukup baik, terutama untuk jurnal teknik komputer dan informatika.

Jurnal Pengabdian Masyarakat

Dan yang terakhir adalah Jurnal Pengabdian Masyarakat, yaitu semacam laporan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang tulis berdasarkan kerangka dan sistematika artikel ilmiah. Di dalamnya juga memuat pengembangan dan penerapan Iptek. Jurnal ini dibuat dengan tujuan adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun dan memberdayakan.

Setiap Perguruan Tinggi atau Universitas khususnya, berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sebagaimana sudah ditulis di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional Pasal 20.

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi atau pun di universitas, diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 dan 46.

Perguruan tinggi dan universitas juga memiliki peran strategis dalam menguatkan kedudukan Iptek sebagai modal investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang pembangunan nasional.

Apakah Anda sedang menulis atau ingin menjadi penulis jurnal? Kami dengan senang hati bersedia melayani untuk menjadi teman diskusi, juga bersedia membantu untuk menerbitkannya di Jurnal Syntax Imperatif. Silakan klik di sini.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?