Hak Kekayaan Intelektual; Pengertian, Fungsi, Prinsip dan Macamnya

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL; PENGERTIAN, FUNGSI, PRINSIP DAN MACAMNYA

blog.rifainstitute.com – Perusahaan yang menjalankan bisnis baik itu perusahaan manufaktur maupun jasa benar-benar harus memperhatikan hak kekayaan intelektual.

Baik sebagai orang yang memproduksi karya kreatif, ataupun sebagai pengguna. Jangan sampai kamu dirugikan atau merugikan orang lain.

Karena urusan terkait hak kekayaan intelektual ini merupakan urusan yang sangat serius dan penting bahkan negara juga ikut melindungi HaKI.

Segala urusan yang terkait dengan hak cipta berada di bawah Ditjet HaKI, kementrian Hukum serta Hak Asasi Manusia diatur dalam UU Hak Cipta Republik Indonesia yaitu pada UU Nomor 28 tahun 2014.

Jika kamu masih bingung dengan Hak Kekayaan Intelektual berdasarkan UU yang dikeluarkan DPR pada 21 Maret 1997, berikut ini saya akan bikin simpel definisi tersebut supaya kalian dapat memahaminya dengan lebih mudah.

Apa Itu Hak Kekayaan Intelektual?

Hak Kekayaan Intelektual atau yang di singkat dengan (HaKI) yaitu hak yang berasal dari hasil kegiatan intelektual manusia yang mempunyai manfaat ekonomi.

Hak kekayaan intelektual dalam dunia internasional dikenal dengan nama Intellectual Property Rights (IPR). Merupakan hak yang timbul dari hasil olah pikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia.

Pada intinya hak kekayaan intelektual yakni hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreatifitas intelektual. Objek yang dapat diatur dalam kekayaan intelektual berupa karya-karya yang timbul ataupun lahir karena kemampuan intelektual manusia.

Definisi Hak Kekayaan Intelektual

Definisi hak kekayaan intelektual (HaKI) secara singkat bisa disebut sebagai hak yang bersumber dari hasil kegiatan intelektual manusia, yang mana memiliki manfaat ekonomi.

Hak ini dapat diartikan sebagai hak yang ekslusif karena hanya diberikan khusus kepada orang atau kelompok yang menciptakan karta cipta terkait. Melalui hak ini, orang lain tidak dapat memanfaatkan secara ekonomis karya cipta milik orang lain tanpa izin dari penciptanya.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan jika objek HaKI adalah karya atau ciptaan yang dihasilkan dari pemikiran atau kemampuan intelektual manusia.

Macam-Macam Hak Kekayaan Intelektual

Berikut ini adalah macam-macam Hak Kekayaan Intelektual yang dibagi menjadi beberapa jenis, yakni:

Hak Cipta

Hak cipta yaitu hak yang diberikan kepada pencipta untuk mengumumkan serta memperbanyak karya ciptaannya. Karya ciptaan yang dilindungin oleh HaKI adalah karya dalam bidang sastra, seni serta ilmu pengetahuan.

Berikut ini adalah contoh yang dilindungin hak cipta adalah sebagai berikut:

  • Lagu atau musik.
  • Pewayangan, koreografi, tarian dan pantomim, drama atau drama musikal,
  • Buku, program, komputer, pamflet, perwajahan karya tulis yang diterbitkan, serta segala hasil karya tulis lainnya.

Hak Kekayaan industri

Hak Kekayaan Industri yaitu hak yang mengatur segala sesuatu milik dalam lingkungan industri serta perlindungannya. Perusahaan wajib mendaftarkan produknya untuk melindungi perusahaan dari plagiarisme.

Dengan demikian kompetitor atau pihak tidak bertanggung jawab lain tak mudah untuk menipu dan mencuri desain produk perusahaan.

Merek

Merek yakni sebuah tanda berupa gambar serta nama yang terdiri dari kata, huruf dan angka yang disusun dalam sebuah kombinasi untuk menjadikan suatu pembeda yang akan digunakan dalam kegiatan perdagangan produk atau jasa.

Ada beberapa klarifikasi merek dalam dunia bisnis yakni merek kolektif, merek dagang, hak atas merek dan merek jasa.

  • Merek kolektif yakni merek yang digunakan pada produk atau jasa yang memiliki karakteristik yang sama serta diperdagangkan oleh badan hukum atau orang secara bersama-sama.
  • Merek dagang yaitu merek yang digunakan oleh perorangan atausuatu perusahaan pada barang yang dijual menjadi pembeda dari barang-barang sejenis yang ada di pasaran.
  • Hak atas merek yaitu yang diberikan negara secara eksklusif kepada pemilik merek yang terdaftar dalam kurun waktu tertentu untuk menggunakan sendiri merek tersebut. selain itu, pada hak atas merek, pemilik merek boleh memberikan izin kepada orang lain atau sekelompok orang untuk menggunakan merek tersebut secara bersama-sama.
  • Merek jasa yaitu merek yang digunakan oleh sekelompok orang atau perusahaan untuk menjual jasa atau layanannya. Sama seperti merek dagang, merek jasa juga menjadi pembeda antara jasa lainnya yang sejenis di pasaran.

Paten

Paten yaitu hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada penemu atas hasil penemuannya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri investasinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. Contoh hak paten adalah penemuan mengenai hasil produksi.

Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu

Desain tata letak sirkut terpadu adalah kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dari berbagai elemen, sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif, dan sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu sirkuit terpadu dan peletakan tiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan sirkuit terpadu. Desain tata letak terpadu biasanya digunakan pada alat-alat elektronik seperti TV, Remote AC dan sebagainya.

Desain industri

Desain industri yaitu seni terapan di mana estetika dan usability (kemudahan dalam menggunakan suatu barang) suatu barang disempurnakan.

Desain industri menghasilkan kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis dan warna yang dipadukan menjadi satu untuk memberikan kesan estetis pada suatu barang yang berbentuk 3 atau 2 dimensi, yang dapat dipakai untuk menghasilkna produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

Rahasia Dagang

Rahasia dagang yaitu jenis kekayaan intelektual yang terdiri dari formula, praktik, proses, desain, instrumen, pola, atau kompilasi informasi yang mempunyai nilai ekonomi yang melekat karena tidak diketahui secara umum atau siap dipastikan oleh orang lain, dan yang pemiliknya mengambil langkah-langkah yang wajar untuk menjaga rahasia.

Indikasi Geografis

Indikasi geografis merupakan suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.

Tujuan Hak Kekayaan Intelektual

Setidaknya ada tiga tujuan hak kekayaan intelektual, yakni:

  • Membantu meningkatkan kompetisi dan pangsa pasar, khususnya dalam komersialisasi kekayaan intelektual.
  • Mengantisipasi adanya kemungkinan pelanggaran dari atau atas ha kekayaan intelektual orang lain.
  • Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan sebuah strategi penelitian, industri dan usaha di Indonesia.

Prinsip Hak Kekayaan Intelektual

Ada beberapa prinsip yang harus muncul dalam aturan-aturan terkait Hak Kekayaan Intelektual. Berikut adalah empat prinsip utama dalam hak kekayaan intelektual, yakni:

Ekonomi

Prinsip ekonomi, yaitu hak intelektual berasal dari kegiatan kreatif suatu kemauan daya pikir manusia yang diekspresikan dalam berbagai bentuk yang akan memberikan keuntungan kepada pemilik yang bersangkutan.

Kebudayaan

Prinsip kebudayaan, yaitu perkembangan ilmu pengetahuan, sastra, dan seni untuk meningkatkan kehidupan manusia.

Keadilan

Prinsip yang ketiga adalah keadilan, yaitu adanya peraturan terkait hak kekayaan intelektual yang memberikan suatu keadilan, berupa perlindungan yang dapat menjamin sang pemilik mempunyai hak penuh atas penggunaan hasil karyanya

Sosial

Prinsip sosial, dimana Negara bekerja untuk melindungi hak-hak masyarakat serta menjamin keseimbangan antar kepentingan masyarakat sebagai warga negara.

Simbol untuk Hak Kekayaan Intelektual

Untuk memudahkan kita dalam mengidentifikasi sebuah pencatatan atas hak, khususnya HaKI, ada tanda yang bisa kita lihat dan kita pahami. Kita mungkin sering menemukannya di berbagai produk yang kita beli, namun belum tentu kita paham maksudnya. Oleh karena itu kita akan membahas simbol-simbol tersebut:

TM- Trade Mark

Simbol TM atau trade mark merupakan tanda untuk merek dagang. Simbol ini berarti sebuah bahwa suatu produk atau merek yang sedang dalam masa pengajuan kepemilihan atau dalam proses perpanjangan masa HaKI.

SM- Service Mark

SM atau service mark, adalah hak kekayaan intelektual yang digunakan untuk suara-suara tertentu. Sebagai simbol untuk barang atau jasa mereka. Misalkan saja suara tertentu yang ada dalam suatu film.

R- Registered Mark

Simbol huruf R yang menyertai nama produk menandakan produk tersebut sudah terdaftar Hak Kekayaan Intelektual.

C- Copy Right

C yaitu logo untuk menggambarkan copy right atau hak cipta. Khususnya dalam kategori seni pertunjukan atau karya-karya seni lainnya. Apabila ada pendokumentasian atau pemublikasian, maka perlu dicantumkan nama pemilik hak tersebut.

Jika anda ingin konsultasi tentang HaKI (hak kekayaan intelektual) bisa klik disini. Atau anda ingin konsultasi mengenai hal-hal yang lainnya juga bisa.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?