JURNAL NASIONAL; KRITERIA DAN CONTOHNYA RIFA'WEB

JURNAL NASIONAL; KRITERIA DAN CONTOHNYA

blog.rifainstitute.com– Di Indonesia, untuk mengukur kemajuan sebuah institusi atau lembaga dilihat dari jurnal nasional yang diurus dan diterbitkannya. Terbitan jurnal tersebut dilihat juga dari segi kualitas dan kuantitasnya juga, untuk menilai apakah mempuni dan produktif. Yang memiliki peran penting untuk menentukan tingkat kemajuannya adalah Kemenristekdikti, dengan alasan karena sebagai lembaga pemberi akreditasi jurnal skala nasional.

Yang menjadi arti dari jurnal nasional di sini adalah publikasi ilmiah yang diterbitkan dengan teratur dengan format jurnal, yang cakupan penyebarannya bersifat nasional. Dalam berbagai indikator karya ilmiah, jurnal merupakan salah satunya yang dapat menentukan penilaian kualitas suatu lembaga.

Jika jurnal nasional sekarang sering menjadi tolak ukur kemajuan lembaga yang berskala nasional, maka jurnal internasional menjadi tolak ukur penilaian suatu bangsa atau negara. Maka istilah jurnal nasional di sini diposisikan berhadapan dengan jurnal internasional, yang mempunyai reputasi yang lebih tinggi.

Kriteria Jurnal Nasional

Dalam pedoman jurnal ilmiah yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti, kriteria yang harus dipenuhi supaya publikasi jurnal kita masuk daftar jurnal nasional, yaitu apabila jurnal kita ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan, di antaranya:

  1. Sudah ber-ISSN;
  2. Memiliki juga terbitan dalam versi online;
  3. Bertujuan menyebarluaskan hasil-hasil riset ilmiah atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu supaya berkembang;
  4. Ditujukan juga untuk peneliti lain yang mempunyai disiplin keilmuan yang sesuai dengan topik pembahasan.
  5. Jurnal tersebut diterbitkan oleh Badan Ilmiah atau Lembaga atau Institusi atau Organisasi Keilmuan atau Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya;
  6. Menggunakan adalah Bahasa Indonesia (bukan bahasa daerah) dan/atau Bahasa Inggris, dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris;
  7. Karya ilmiah yang ditulis harus ada dari penulis yang berasal dari (minimal) dua institusi yang berbeda;
  8. Mempunyai dewan redaksi dan editor yang ahli dalam bidangnya, dan berasal dari (minimal) dua institusi yang berbeda; dan
  9. Dikelola secara profesional: ketepatan penerbitan, ketersediaan indeks penulisan, identitas jurnal, volume dan lain-lain.

Dari keseluruhan kriterita yang dituliskan di atas, kita dapat membedakan mana jurnal yang berstandar nasional atau belum. Tidak sedikit saat ini lembaga yang berskala nasional sudah berinisiatif untuk menerbitkan jurnal sendiri. Secara administratif memang sah-sah saja, namun secara kualitas dan konsistensi diperlukan upaya yang lebih serius.

Jika ada institusi atau lembaga yang mau merintis menerbitkan jurnal nasional, sedari dini harus memperhatikan tentang jaringan dari luar institusi tersebut, seperti penulis, reviewer dan pembaca, guna menjaga konsistensi publikasi jurnal.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak insitusi yang menerbitkan jurnal dengan kualitas nasional, bahkan ada juga yang sudah berstandar internasional. Pembaca bisa menjadikan institusi-intitusi tersebut sebagai rujukan. Berikut ini saya akan paparkan beberapa cara mencari jurnal nasional yang berkualitas.

Cara Mencari Jurnal Nasional

Untuk saat ini, kita dimudahkan dengan semakin berkembangnya internet. Jika digunakan sebaik mungkin, maka internet bisa memberikan kemudahan-kemudahan untuk kita, salah satunya dengan cara mencari jurnal nasional yang berkualitas. Paling tidak, ada 8 situs website yang bisa kita jelajahi untuk mencari jurnal berkualitas, yaitu diantaranya:

1. E-resources.perpusnas.go.ig

Situs web di atas merupakan situs resmi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Para akademisi rata-rata sudah berlangganan situs web ini untuk mencari jurnal nasional.  Sebelum bisa mengaksesnya, kita aka dipandu untuk mendaftar sebagai anggota, dan apabila sudah terdaftar, kita bisa megakses kapan sana dan di mana saja.

2. LIPI.go.id

LIPI adalah lembaga pemerintah non kementrian, tetapi berada di bawah naungan Kemenristekdikti. LIPI merupakan kepanjangan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Di dalam situs websitenya ini, LIPI menyediakan berbagai jurnal dari berbagai macam bidang keilmuan yang bisa diunduh secara gratis. Jurnal-jurnal yang tersedia kebanyakan berbahasa Indonesia.

3. scholar.google.com (Google Scholar)

Google scholar kerjanya hampir sama dengan google yang kita kenal. Yakni kita hanya menuliskan kata kunci di mesin pencari. Bedanya, yang akan keluar nantinya di google scholar hanya jurnal atau skripsi atau karya ilmiah lainnya yang sudah bekerja sama atau didaftarkan ke google scholar. ijern.com

4. ijern.com

Situs website ini merupakan situs khusus untuk para peneliti, akademisi dan profesional untuk saling  berbagi hasil penelitiannya. Masyrakat bisa mengaksesnya, namun tidak bisa mempublikasikan karyanya. Tulisan yang tersedia dalam bentuk PDF, dan berbahasa Inggris. IJERN merupakan kepanjangan dari International Journal of Education and Research, yang tugasnya mereview jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications).

5. doaj.org

DOAJ merupakan kepanjangan dari Directory of Open Access Journal, yaitu  website khusus untuk jurnal berstatus open access, dengan menyediakan fasilitas pencarian link menuju laman jurnal internasional, dan tentu saja, kita bisa dengan gratis mengaksesnya. Namun situs ini berbahasa Inggris.

6. Researchgate.net

Situs web ini hampir sama dengan dengan ijern.com, yaitu tempat berkumpulnya peneliti untuk mempublis karyanya. Peneliti bisa mengupload jurnal atau saling request jurnal secara gratis. Untuk masuk, kita bisa mendaftar menggunakan email institusi atau kampus. Bayak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika sering-sering mengakses situs web ini, karena yang penelitian yang diterbitkan selalu tentang ilmu pengetahuan yang terbaru dan penelitian-penelitian yang sangat penting.

7. sciencedirect.com

Dalam situs web yang ini terbagi menjadi dua, yakni yang berbayar dan yang gratis. Yang berbayar kita dibebaskan untuk melihat dan mengunggah jurnal dan buku apa saja yang sudah disediakan, sedana yang gratis dibatasi hanya jurnal dan buku tertentu saja yang boleh diakses. Kita hanya menuliskan kata kuncinya, maka jurnal dan buku yang terkait akan muncul. Website ini sudah berbahasa Inggris.

8. Freefullpdf.com

Hampir sama dengan yang lainnya, di dalam situs Freefullpdf.com kita bisa menggetikan kata kunci jurnal atau paper yang sedang kita cari, lalu nanti akan muncul jurnal dan paper yang berkaitan dalam bentuk PDF. Jika kita mengkliknya, maka otomatis PDF tersebut akan diunduh. Banyak jurnal dan paper yang tersedia di sini, dan tentunya semuanya berkualitas.

Contoh Jurnal Nasional

Berikut ini beberapa contoh jurnal skala nasional dan institusi yang menaunginya:

No Nama Jurnal Institusi
1 STUDIA ISLAMIKA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2 Linguistik Indonesia Masyarakat Linguistik Indonesia
3 TAWARIKH: International Journal For Historical Studies Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia (ASPENSI)
4 Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika
5 Microbiology Indonesia Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia
Jurnal Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
7 Jurnal Entomologi Indonesia Perhimpunan Entomologi Indonesia Bogor
8 Journal of Mechatronics, Electrical Power and Vehicular; Singkatan: JMEV Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
9 Resital: Jurnal Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
10 Jurnal DISKURSUS Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta
11 Palastren, Jurnal Studi Gender STAIN Kudus
12 Jurnal Ketahanan Nasional Universitas Gadjah Mada

 

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?