MENULIS ESAI; PENGERTIAN DAN CIRI-CIRINYA - RIFA'WEB

MENULIS ESAI; PENGERTIAN DAN CIRI-CIRINYA

blog.rifainstitute.com–  Seiring dengan berkembangnya media sosial, jenis tulisan esai (menulis esai) semakin marak kita jumpai. Ada yang menyadarinya, ada pula yang tidak. Hal ini disebabkan ada yang peduli dan mengidentifikasi terhadap semua jenis tulisannya, ada pula yang abai dan membiarkan orang lain yang mengategorikannya.

Awalnya jenis tulisan esai tidak begitu populer,  tidak seperti jenis tulisan artikel, cerpen atau puisi yang mendapat tempat di media cetak. Esai di media cetak hanya ada dalam kolom Tajuk Rencana, dan itu pun hanya boleh dituliskan oleh seorang redaktur. Tapi setelah berkembangnya media sosial, terutama facebook yang memungkinkan memuat teks yang panjang, jenis tulisan esai semakin banyak digemari.

Hal ini disebabkan jenis tulisan esai berada di antara “dunia ilmiah” dan juga “dunia sastra”. Dunia ilmiah mengungkap data dan fakta, tapi cara penyajiannya terkesan baku dan kaku, sedang dunia sastra terkesan ngeyel dan ngayal, tapi disajikan dengan cukup berkesan.

Singkatnya, dunia ilmiah bersifat objektif, dunia sastra bersifat subjektif, sedang esai meleburnya antara objek dan subjek. Lebih jelasnya kita simak pengertian esai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan para ahli.

Pengertian Esai

Merujuk pada definisi KBBI, istilah “esai” diartikan sebagai suatu karangan atau karya tulis yang termasuk dalam prosa, dan membahas suatu masalah (kajian) secara sekilas dari sudut pandang pribadi sang penulis. Hal serupa juga dikemukakan Soetomo, yang mendefinisikan esai sebagai suatu karangan pendek berdasarkan cara pandang seseorang dalam menyikapi suatu masalah.

Dapat kita simpulkan jika esai jenis tulisan merupakan sudut pandang penulis (subjek) dalam menilai suatu masalah (objek). Hal ini tentu bertebaran di status-status media sosial, terutama facebook, dalam menyikapi masalah yang kerap kita hadapi. Baik buruknya sebuah esai tergantung argumentasi yang ia tawarkan, apakah bisa kita terima atau tidak.

Meskipun bersifat subjektif, namun argumen yang disampaikan dalam esai tetaplah harus bersifat logis, dapat dipahami dengan baik, serta berdasarkan pada teori atau data serta fakta yang ada di lapangan. Dengan begitu, esai tidak hanya menjadi tulisan fiktif atau imajinasi dari sang penulis saja.

Jenis tulisan esai kerap dijumpai untuk menggiring opini publik, meyakinkan suatu ide kepada masyarakat untuk diikuti pendapatnya. Jenis tulisan esai banyak digemari karena gaya bahasanya yang lentur, tidak kaku dan baku seperti dalam artikel, tapi juga tidak mendayu-dayu seperti dalam cerpen atau puisi.

Ciri-Ciri Esai

  1. Berupa karangan pendek.

Esai merupakan karangan atau karya tulis yang termasuk dalam prosa. Esai ditulis dengan jumlah kalimat yang pendek. Hal ini karena esai terdiri atas sebuah kajian singkat yang padat dan jelas sehingga mudah dipahami oleh khalayak umum. Umumnya, hanya terdiri dari 300 sampai 1.200 kata saja, yang bisa dibaca dengan sekali duduk.

  1. Memiliki gaya bahasa yang khas.

Karena sangat dipengaruhi sudut pandang penulisnya, tentu gaya penulisan masing masing penulis esai akan berbeda dan membawa ciri khas mereka masing masing. Esai dapat ditulis oleh semua yang ingin menanggapi suatu permasalahan atau mengangkat isu-isu tertentu untuk diperbincangkan, dengan demikian setiap esai akan berbeda gaya penulisannya satu individu dengan individu lain. Atau setiap orang boleh mengekspresikan tulisan dengan caranya sendiri.

  1. Membahas hal yang ringan

Setiap orang bisa menulis esai, sama halnya saat ia menulis statsus di facebook. Hal-hal yang dianggap sepele, yang tidak mendapat perhatian dari peneliti ilmiah, bisa diunkap melalui esai-esai pendek yang lugas juga jenaka. Karena esai bersifat subjektif, maka tulisan esai tak lepas menyoal kehidupannya sehari-hari, entah pandangannya terhadap tetangganya, atau kepada negaranya sekali pun.

Selamat menulis esai bagi kalian yang tertarik. Jika tulisannya sudah terkumpul banyak, kami bisa membantu untuk menerbitkannya di penerbit Bukunisasi. Mau konsultasi mengenai dunia kepenulisan (yang ilmiah maupun non-ilmiah) juga bisa. Selamat mencoba!

 

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?