Pengertian Mouse, Fungsi dan Jenis-Jenisnya [Lengkap]

PENGERTIAN MOUSE, FUNGSI SERTA JENISNYA

blog.rifainstitute.com – Pada artikel kali ini admin akan membahas tentang pengertian mouse secara lebih lengkap. Dalam sebuah komputer, mouse ini sangat sekali dibutuhkan, karena tanpa adanya mouse maka komputer tidak dapat dioperasikan.

Mouse ini merupakan salah satu perangkat yang harus ada pada sebuah komputer. Namun untuk laptop dan notebook, mouse tidak terlalu diperlukan, karena sudah ada touchpad.

Mouse sendiri mempunyai banyak sekali jenis serta merknya, dan di beberapa jenis fungsi mouse bukan saja untuk klik ataupun memberi sebuah perintah. Nah untuk itu simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Mouse?

Sederhananya, mouse merupakan salah satu hardware komputer yang menerima input berupa gerakan, scroll, klik yang bisa digunakan untuk memilih sebuah ikon, teks, file serta folder.

Mouse dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus“. Mengapa dikatakan demikian, karena memang bentuk perangkat ini menyerupai seperti tikus kecil yang meruncing di depan serta menggembung besar di bagian belakang.

Fungsi Mouse

Setelah tadi membahas tentang pengertian mouse. Nah selanjutnya adapun beberapa fungsi dari mouse, diantaranya:

1. Melakukan Drag dan Drop

Sederhananya, drag dan drop adalah proses dimana kita melakukan move, copy, cut serta paste pada bagian item-item yang diinginkan.

Dengan adanya proses ini bisa membantu serta memudahkan kita dalam melakukan hal yang berhubungan dengan proses drag dan drop.

2. Melakukan Operasi Scroll

Ketika sedang membaca atau sedang melakukan kegiatan browsing, user tentunya seringkali melakukan scrolling dengan tombol scroll di mouse mereka. Scroll merupakan proses menelusuri isi halaman dengan cara menggulungnya.

Namun scrolling ini bukan merupakan salah satu cara untuk pengguna dapat membaca artikel ini hingga bawah. Sebagai gantinya kalian bisa menggunakan tanda panah di keyboard untuk membaca ke bawah serta tanda panah ke atas untuk membaca bagian atas.

Dengan adanya tombol scroll ini tentunya dapat memudahkan kita dalam mengoprasikan komputer supaya lebih maksimal.

3. Untuk Memilih Objek

Memilih merupaka suatu objek yang tidak dapat kita hindari di dalam sebuah komputer. Mulai dari memilih sebuah folder, file bahkan kata-kata dalam program penulisan seperti Microsoft Word. Dengan adanya mouse kita bisa melakukan pilihan sesuai keinginan yang kita inginkan.

4. Mendapatkan Informasi Melalui Hover

Hover adalah situasi dimana pointer tepat berada pada file, menu ataupun suatu folder tertentu dalam sebuah monitor di komputer.

Di saat sebuah pointer mouse berada dalam situasi hover, maka secara otomatis akan menampilkan informasi yang di dalamnya terdapat sebuah nama file dan yang lainnya. Dalam sebuah informasi yang dipaparkan tersebut disebut dengan tooltips.

5. Untuk Mengeksekusi Program

Mouse mempunyai peran penting dalam hal ini. Kita akan sering sekali memakai mouse untuk membuka file ataupun menjalankan sebuah program.

Pada umumnya suatu file maupun program bisa dibuka serta dijalankan dengan cara melakukan double click.

6. Fungsi Lainnya

Mouse ini juga kadang sering digunakan untuk mendukung suatu bahasa pemrograman. Jika kalian merupakan seorang programmer, maka tidak asing lagi dengan hal ini.

Misalnya pada saat membuat suatu program, kita menginginkan sebuah event berjalan pada saat mouse sedang melakukan suatu produser.

Jenis Mouse

Setelah kita membahas tentang pengertian mouse dan funsinya. Selanjutnya adapun jenis-jenis dari mouse ini, diantaranya:

Berdasarkan Metode Pendeteksian Mouse

1. Optical Mouse

Jenis mouse ini tidak memakai system mekanik sama sekali. Sebagai gantinya, mouse tipe ini memakai sinar laser untuk dapat mendeteksi pergerakan mouse.

Maka dengan demikian, kita dapat menggunakan mouse jenis ini tanpa memerlukan mouse pad. Teknologi pada optical mouse membuat kinerja jauh lebih presisi dibandingkan dengan dua tipe mouse sebelumnya.

2. Mechanical Mouse

Sederhananya, mouse jenis ini merupakan mouse yang di bagian bawahnya terdapat bola kecil yang bisa bergerak kesegala arah.

Pada saat bola itu bergerak maka sensor yang berada di dalam sebuah mouse akan bisa mendeteksi pergerakan tersebut serta kemudian akan diterjemahkan ke dalam monitor. Mouse jenis ini masih banyak dijumpai pada tahun 2007-an.

3. Optomechanical Mouse

Mouse jenis ini secara prinsip mirip dengan mechanical mouse. Tetapi pada mouse tipe ini, selain terdapat bola, di dalamnya juga terdapat sinar yang dapat merepresentasikan posisi koordinat pointer.

Maka dengan demikian, mouse jenis ini memiliki keakuratan lebih tinggi dibandingkan dengan mechanical mouse.

Berdasarkan Sambungan Mouse ke Komputer

USB Mouse

Jenis mouse ini menggunakan USB sebagai jembatan pengiriman sinyal dari mouse ke monitor. Mouse dengan tipe USB pertama kali diproduksi pada tahun 1990-an.

Sekarang jika kalian ingin membeli mouse ini di toko-toko k elektronik serta aksesoris komputer, kalian akan mendapati banyak mouse yang memakai USB karena lebih praktis.

Bus Mouse

Jenis mouse ini merupakan sebuah perangkat hardware yang kabel portnya bernama bus serta hal ini juga yang dapat menghubungkan mouse dengan sebuah komputer.

Mouse ini pada awalnya digunakan oleh komputer IBM. Jenis mouse ini juga dapat terhubung dengan sebuah komputer via perangkat bus yang terintegrasi dengan ISA add in Card.

Wireless Mouse

Mouse tipe ini tidak memerlukan kabel untuk mentransmisikan sinyal pergerakan, melainkan hanya melalui pesan wireless yang diterima receiver device pada chip.

Keuggulan dari mouse wireless ini yaitu memberikan kesan rapi pada perangkat komputer kita. Sehingga kabel yang biasa berserakan dapat kita minimalisir.

Serial Mouse

Sesuai dengan namanya “serial“, mouse ini memang dihubungkan dengan port serial supaya bisa terhubung dengan sebuah komputer.

Tipe serial port in adalah hubungan digital yang berupa media serta informasinya dikirimkan secara bit. Port serial mouse ini berjenis Port D dengan 9 pin pada portnya. Mouse jenis ini juga sudah jarang sekali digunakan.

Nah mungkin sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian mouse, fungsi serta jenis-jenisnya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian sampai jumpa, terimakasih.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?