Pengertian Monitor Komputer, Fungsi Serta Macam-Macamnya

PENGERTIAN MONITOR KOMPUTER, FUNGSI DAN MACAM-MACAMNYA

blog.rifainstitute.com – Dalam sebuah perangkat komputer pastinya ada yang dinamakan dengan monitor.

Tanpa adanya monitor, perintah yang kalian masukkan ketika mengetik sebuah tulisan di keyboard hanya akan diproses di dalam tanpa bisa dikeluarkan dalam bentuk sajian grafis.

Nah berikut ini saya akan membahas secara lengkap tentang pengertian monitor komputer, fungsi serta macam-macamnya di artikel ini.

Apa Itu Monitor?

Monitor adalah salah satu perangkat keras/hardware yang fungsinya sebagai media output berupa tampilan grafis atau sebuah gambar. Gambar yang dihasilkan berasal dari proses pengolahan data yang dikerjakan oleh VGA Card.

Sebuah perangkat monitor ini mempunyai tingkat resolusi yang beragam untuk dapat mendukung tampilan grafisnya. Biasanya, sebuah monitor memiliki resolusi mulai dari 1280 x 800, 1366 x 768, sampai 1920 x 1080 atau bahkan bisa lebih.

Resolusi layar ini merupakan jumlah satuan pixel dalam dimenis lebar x tinggi pada sebuah layar monitor.

Fungsi Monitor

Fungsi dari monitor yaitu sebagai media output data yang berupa grafis atau gambar. Maka terciptalah interaksi dua arah antara manusia dan komputer.

Saat hendak memasukkan perintah melalui keyboard yang berupa angka dan huruf, sementara komputer akan memberikan respon dengan menampilkan pada layar.

Layar monitor ini mempunyai peran penting di berbagai sektor kehidupan. Seorang manajer investasi bisa melihat pergerakan harga saham setiap waktu di layar komputernya.

Macam-Macam Monitor

1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

monitor CRT

online-tech-tips.com

Monitor jenis ini seringkali disebut dengan monitor tabung, karena monitor ini terdapat sebuah media tabung sinar katoda.

Monitor ini bekerja dengan cara memancarkan sinar elektron ke sebuah titik-titik kecil di dalam layarnya.

Jenis monitor ini juga mempunyai konsep kerja yang hampir sama dengan televisi tabung yang besar dan berat namun mempunyai harga yang terjangkau.

2. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

monitor LCD

lazada.co.id

Monitor LCD yaitu sebuah monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi sinar di media cairan kristal. Jenis monitor ini jika dibandingkan dengan monitor CRT, ukurannya jauh lebih ramping.

Tidak hanya itu, dari segi kualitas gambar serta tingkat resolusi yang ditampilkan monitor LCD jauh lebih baik dibanding dengan monitor CRT.

3. Monitor LED (Light Emiting Diode)

monitor LED

dpreview.com

Monitor jenis ini merupakan pembaharuan dari monitor LCD. Warna yang dihasilkan dari monitor LED ini memiliki tingkat yang lebih banyak, serta mempunyai banyak variasi warna dibandingka dengan monitor LCD.

Yang membedakan antara monitor LCD dan LED yaitu, monitor LED lebih tipis dibanding dengan monitor LCD serta mempunyai banyak fitur. Contohnya, bisa mendukung teknologi touchscreen, digital tv dan lainnya.

Selain itu monitor LED memakai sistem pencahayaan dengan teknologi LED backlight. Layar monitor ini menggunakan pancaran cahaya dari diode sebagai sumber cahayanya.

Diode tersebut digunakan untuk memproduksi vibrant yang banyak atau gambar dengan banyak warna. Menjadikan warna hitam akan menjadi benar-benar hitam tidak akan menjadi abu-abu.

4. Monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode)

monitor oled

t3.com

Monitor OLED yaitu sebuah monitor yang memanfaatkan semikonduktor pemancar cahaya yang dibuat dari lapisan organik. Ukuran monitor ini sangat tipis, bahkan bisa mencapai kurang dari 1 mm.

Monitor ini tersusun dari beberapa lapisan seperti kaca dari oksida timah indium, lapisan organik dari diamine aromatic serta pemancar cahaya dari metal kompleks.

Lapisan-lapisan ini akan disusun sedemikian rupa serta akan menghasilkan gambar yang sangat tajam dengan kualitas tinggi.

5. Monitor PDP (Plasma Display Panel)

monitor pdp

made-in-china.com

Sederhananya, monitor ini dikenal sebagai monitor plasma, yang merupakan gabungan dari teknologi monitor CRT dan LCD. Sehingga monitor ini dapat menghasilkan layar yang setipis LCD serta sudut pandang selebar layar CRT.

Pada monitor plasma, layar datar dimana cahaya yang dihasilkan dari fosfor untuk menampilkan grafisnya, sehingga warna yang dihasilkan jauh lebih baik.

Monitor ini memanfaatkan tegangan eksternal untuk pelepasan gas yang ada di dalam panel untuk menghasilkan sinar ultraviolet, tetapi gas yang dilepaskannya tidak mengandung merkuri.

Lalu sinar tersebut akan memproses warna red, blue dan green sehingga kualitas warna yang dihasilkan lebih baik. Monitor plasma ini memakai panel datar fosfor untuk menampilkan grafisnya.

Nah mungkin segitu saja pembahasan mengenai pengertian monitor komputer, fungsi serta jenis-jenisnya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian sampai jumpa, terimakasih.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?