Pengertian Keyboard, Macam-Macam Serta Penjelasannya

PENGERTIAN KEYBOARD, MACAM-MACAM SERTA PENJELASANNYA

blog.rifainstitute.com – Diartikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian keyboard serta macam-macam keyboard.

Nah seperti yang sudah kalian ketahui bahwa ada berbagai perangkat yang menyusun suatu komputer baik itu perangkat keras ataupun perangkat lunak.

Salah satu perangkat keras yang digunakan dalam sebuah sistem komputer yaitu keyboard. Keyboard ini mempunyai fungsi serta definisi yang perlu dipahami terutama yang tinggal di zaman modern seperti sekarang ini.

Peran dari sebuah keyboard tidak dapat dipisahkan, dikarenakan keyboard adalah perangkat input yang penting. Sama halnya seperti mouse, keyboard ini fungsinya menerima inputan dari user (pengguna).

Apa Itu Keyboard?

Keyboard adalah hardware/perangkat keras pada sebuah komputer yang fungsinya sebagai alat untuk menginput data yang berupa simbol, huruf serta angka.

Maka dapat didefinisikan keyboard merupakan perangkat keras pada sebuah komputer yang berbentuk papan serta mempunyai berbagai macam tombol yang fungsinya berbeda-beda tergantung dengan penekanan yang dapat menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan  usernya.

Keyboard ini selain sebagai alat untuk menginput data-data, perangkat ini juga mempunyai berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi khusus.

Pada umumnya port keyboard pada komputer ada 2 jenis diantaranya yaitu USB dan PS2, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini keyboard sudah ada yang menggunakan wireless atau tanpa memakai kabel.

Macam-Macam Keyboard berdasarkan Tombol

Setelah tadi membahas tentang pengertian keyboard. Nah selanjutnya adapun macam-macam keyboard berdasarkan tombolnya, diantaranya:

Keyboard QWERTY

keyboard qwerty

amazon.co.uk

Keyboard ini dibuat berdasarkan layout mesin tik. Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, serta kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905.

Keyboard jenis ini di desain sedemikian rupa, sehingga key yang paling sering ditekan terpisah posisinya sejauh mungkin, sehingga dapat meminimalkan kemacetan pada saat mengetik.

Meskipun tata letak keyboard qwerty ini sangat luas pemakaiannya, tapi keyboard ini memiliki beberapa kelemahan serta ketidakefisienan. Contohnya, 48% dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan tangan.

Hanya ada 32% ketukan yang dilakukan pada home row (baris awa dari posisi pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dibanding dengan tangan kanan (56%).

Seperti contoh yang paling yang nyata dari ketidakefisienan tata letak keyboard ini, yaitu pengetikan huruf “a” yang cukup sering dipakai, tetapi perlu dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.

Keyboard Alphabetic

keyboard alphabetic

temukanpengertian.com

Tombol yang terdapat pada keyboard ini disusun sama persis seperti halnya pada keyboard qwerty dan Dvorak, tetapi susunan dari hurufnya beruntun seperti halnya pada urutan huruf alphabet.

Jenis keyboard ini jarang sekali digunakan, dikarenakan dapat memperlambat kecepatan dalam pengetikan.

Keyboard Maltron

Keyboard maltron merupakan keyboard yang mempunyai perbedaan dari jenis keyboard lainnya. Mempunyai bentuk yang unik dengan bentuk cekung ke dalam, sehingga tampak berbeda dari jenis keyboard yang lainnya.

Pembuat jenis keyboard ini berpendapat bahwa manusia dapat mengetik dengan 8 jari dari 10 jari yang ada dengan dengan keyboard biasa. Sehingga, tangan harus terampil menyesuaikan dengan bentuk keyboard biasa.

Keyboard biasa seperti keyboard qwerty dianggap dapat membuat Repetitive Stress Injures (RSI). Sehingga keyboardnya sangat berbeda, tangan pengguna tidak perlu menyesuaikan keyboard, tetapi keyboard maltron akan menyesuaikan tangan si penggguna.

Oleh karena itu, dengan bentuk keyboard yang unik tersebut dianggap bisa membuat si pengguna jauh lebih nyaman dalam melakukan pekerjaan mengetik serta dapat mengurangi resiko RSI. Jenis keyboard ini dianggap lebih cepat dalam mengetik sebab semua jari bisa ikut mengetik.

Keyboard Klockenberg

keyboard clockenberg

indoworx.com

Jenis keyboard ini hadir setelah adanya keyboard qwerty dan Dvorak, jenis keyboard ini ada sebagai penyempurna dari keyboard-keyboard sebelumnya. Yang membedakan antara keyboard ini dengan keyboard yang lainnya yaitu tampilannya terbagi menjadi dua.

Keyboard Dvorak

keyboard dvorak

dvorak-keyboard.com

Keyboard dvorak ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard ini diciptakan berdasarkan prinsip kerja efisiensi dan biomekanis. Susunan letak tombol huruf qwerty dibuat sedemikian rupa, sehingga 56 persen ketukan ada pada tangan kanan serta jari-jari yang lebih banyak bekerja yaitu jari telunjuk serta jari manis.

Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih seringkali ditekuk kira-kira sekitar 70 persen serta perpindahan antar baris hanya 10 persen saja, maka kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang.

Walaupun keyboard jenis ini sudah lebih baik daripada jenis keyboard qwerty, akan tetapi karena pemasaran keyboard jenis qwerty jauh lebih dulu dan meskipun harus diganti dengan keyboard dvorak.

Dikarenakan keyboard ini ada setelah keyboard jenis qwerty, kemungkinan untuk menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan. Maka dengan demikian keyboard jenis qwerty masih tetap digunakan.

Keyboard Numerik

keyboard numerik

bukalapak.com

Keyboard jenis ini merupakan keyboard yang digunakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang sangat besar, orang-orang lebih memilih memakai tombol numerik yang tata letaknya dapat dengan mudah dijangkau menggunakan tangan, sehingga lebih nyaman digunakan.

Keyboard Palantype

keyboard palantype

indoworx.com

Keyboard jenis ini merupakan keyboard yang memiliki tiga bagian yakni bagian kanan, tengah dan kiri. Setiap bagian digolongkan dengan masing-masing huruf konsonannya.

Pada bagian kanan menunjukkan kumpulan huruf konsonan terakhir. Serta pada bagian tengah menunjukkan kumpulan konsonan huruf tengah dan di bagian kiri terdapat huruf konsonan awal

Macam-Macam Keyboard berdasarkan Bentuk

Setelah tadi membahas tentang pengertian dan jenis keyboard berdasarkan tombolnya. Nah selanjutnya adapun macam-macam keyboard berdasarkan bentuknya, diantaranya:

Keyboard Wireless

keyboard wireless

pendidikanmu.com

Keyboard wireless ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan yaitu infra red, bluetooth, wifi untuk bisa menghubungkan keyboard dengan komputer, diperlukan unit pemancar serta penerima. Unit pemancar ini biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan si penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

Keyboard Serial

keyboard serial

pendidikanmu.com

Keyboard jenis ini adalah keyboard yang menggunakan DIN 5 pada portnya. Untuk sebuah komputer yang berjenis AT sangat cocok untuk keyboard serial.

Pada port DIN 5 keyboard ini terdapat 5 jarum, hal ini berguna sebagai detektor aktif. Jika salah satu jarum mengaami kerusakan pada portnya maka keyboard tidak bisa digunakan.

Keyboard USB

keyboard usb

pendidikanmu.com

Di jaman modern seperti sekarang ini sudah banyak komputer yang menggunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih mudah dan lebih cepat dalam pemasangannya.

Keyboard PS/2

keyboard ps/2

pendidikanmu.com

Keyboard jenis ini tidak jauh berbeda dengan keyboard serial, hanya saja keyboard PS/2 lebih sering dipasangkan dengan sebuah komputer bertype ATX.

Keyboard ps2 juga lebih sering dipakai dan digunakan. Jenis port ini menggunakan plug DIN mini yang didalamnya terdapat 6 jarum sebagai penghubung serta setiap jarum masing-masing mempunyai fungsi dan tugasnya.

Nah mungkin tadi adalah penjelasan tentang pengertian keyboard, macam-macam dan pengertiannya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?