Pengertian E-learning, Manfaat, Kelebihan dan Karakteristiknya

PENGERTIAN E-LEARNING, MANFAAT SERTA KARAKTERISTIKNYA

blog.rifainstitute.com – Di artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian e-learning, manfaat, kelebihan, kekurangan serta karakteristiknya yang akan dibahas secara lengkap.

Istilah e-learning sendiri mungkin masing asing bagi kita, terutama bagi kalian yang baru mengenal dunia komunikasi dan teknologi.

Apa Itu E-Learning?

E-learning atau kepanjangan dari electronic learning merupakan cara belajar mengajar dengan menggunakan media elektronik, yang khususnya menggunakan jaringan internet sebagai sarana dalam pembelajarannya.

Sederhananya, e-learning adalah sebuah metode belajar mengajar yang dimana melibatkan alat-alat elektronik sebagai media pelantaranya seperti laptop, komputer dan yang lainnya. Proses belajar mengajar yang termasuk dalam e-learning yaitu seperti belajar mengajar berbasis online ataupun web.

Arti dari e-learning secara garis besarnya yaitu proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik seperti menggunakan internet, baik secara formal ataupun informal.

E-learning secara formal yaitu pembelajaran dengan kurikulum, mata pelajaran, silabus dan lainnya yang telah disusun serta diatur berdasarkan jadwal yang sudah disepakati oleh pihak yang ada kaitannya dengan e-learning.

E-learning secara informal yaitu interaksi yang sederhana seperti menggunakan mailinglist, web pribadi dan yang lainnya. Pembelajaran menggunakan media e-learning ini sudah banyak digunakan oleh sekolah serta perguruan tinggi yang ada di indonesia ataupun di negara lain.

Karakteristik E-Learning

Dalam pelaksanaannya, adapun beberapa hal yang menjadi karakteristik utama dalam e-learning, diantaranya:

  1. Memanfaatkan suatu jasa teknologi internet.
  2. Menggunakan bahan ajar yang bersifat self learning materials atau mandiri yang lalu disimpan di dalam komputer, sehingga bisa diakses oleh dosen dan mahasiswa dimanapun dan kapanpun.
  3. Memanfaatkan keunggulan dari suatu komputer seperti media digital dan komputer network.
  4. Memanfaatkan jadwal pembelajaran, hasil kemajuan belajar, kurikulum dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan bisa dilihat pada tiap-tiap komputer.

Manfaat E-Learning

Setelah tadi membahas tentang pengertian e-learning dan karakteristiknya, kemudian adapun beberapa manfaat dari e-learning, diantaranya:

  1. Memberikan efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana serta fasilitas fisik untuk belajar, efisiensi biaya bagi pemula yaitu biaya transportasi dan akomodasi.
  2. Memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses perjalanan.
  3. Memberikan kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar.

Kelebihan E-Learning

  1. Lebih ringkas, sistem pembelajaran tidak hanya terpaku pada suasana resmi seperti di dalam kelas, langsung fokus pada satu pokok pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
  2. Mudah untuk dipelajari, dalam praktik pembelajarannya pasti menggunakan perangkat multimedia yang dapat menghasilkan gambar atau video yang mudah untuk dipahami.
  3. Tersedia dalam waktu 24 jam sekali dalam pemberian tugas, materi pembelajaran, tergantung kepada kondisi semagat serta daya serap siswa, serta bisa diawasi secara langsung.
  4. Cenderung lebih hemat biaya. Sistem ini tidak membutuhkan instruktur, tidak membutuhkan jumlah murid tertentu, serta dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Kekurangan E-Learning

  1. Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar tinggi akan mengalami kegagalan.
  2. Proses pembelajaran akan cenderung mengarah kepada pelatihan bukan mengarah kepada pendidikan.
  3. Interaksi secara langsung antar pengajar dan siswa akan berkurang.
  4. Mengabaikan aspek akademik atau sosial dan sebaliknya serta dapat mendorong aspek komersial.

Komponen E-learning

Adapun beberapa komponen yang diperlukan di dalam e-learning, diantaranya:

1. Konten E-learning

Komponen penting yang perlu ada di dalam sistem e-learning yaitu konten. Konten ini merupakan bahan pembelajaran yang terdapat pada sistem Learning Management System.

Isi dari konten pembelajaran ini bisa berbentuk multimedia interaktif. Konten ini memungkinkan para siswa memakai jaringan, sehingga tampak berguna dan menarik.

Isi dari pembelajaran ini lebih menarik perhatian siswa serta dapat memunculkan semangat dalam menggunakan e-learning dalam pembelajaran.

Namun semua itu perlu disesuaikan dengan kemampuan masing-masing lembaga penyelenggara pendidikan.

2. Infrastruktur E-learning

Sederhananya, infrastuktur adalah komponen penting di dalam e-learning, karena mereka memerlukan peralatan yang digunakan dalam sistem e-learning.

Alat tersebut berupa komputer yang dapat digunakan secara individu, internet, jaringan komputer serta peralatan multimedia. Yang tidak kalah pentingnya yaitu peralatan yang difungsikan sebagai teleconference.

Alat tersebut akan diperlukan apabila dibutuhkan untuk pertemuan jarak jauh antara guru dan murid. Selain itu infastuktur e-learning juga berguna untuk proses pembelajaran yang dilakukan pada waktu yang bersamaan.

3. Sistem E-learning

Setelah infrastruktur e-learning terpenuhi, selanjutnya harus ada sistem serta aplikasi e-learning yang harus dipenuhi, yaitu Learning Management System (LMS) yang seringkali digunakan dalam aplikasi dan sistem.

LMS ini merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang tugasnya menggambarkan proses belajar mengajar konvensional. Sistem ini juga perlu dibangun dengan adanya sebuah proyek yang sesuai dengan permintaan.

Nah mungkin segitu saja yang bisa saya sampaikan mengenai pengertian e-learning, manfaat, kelebihan, kekurangan serta karakteristiknya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?