Pengertian Modem, Fungsi Serta Macam-Macamnya

PENGERTIAN MODEM, FUNGSI SERTA MACAM-MACAMNYA

blog.rifainstitute.com – Seiring dengan berkembangnya teknologi, di era modern seperti sekarang ini, perangkat komunikasi seperti PC ataupun laptop membutukan modem untuk koneksi ke internet.

Keberadaan internet tidak hanya akan mempermudah interaksi seperti berbincang-bincang santai saja. Namun juga dapat memperluas jaringan bisnis serta mengawasinya dengan sangat mudah.

Apabila ingin terhubung ke sebuah perangkat internet, kalian harus memakai beberapa perangkat penghubung, diantaranya seperti PC, smartphone ataupun yang lainnya.

Biasanya untuk menghubungkan internet pada PC selalu menggunakan wifi. Namun ada juga sebagian orang yang masih menggunakan modem supaya bisa terhubung dengan internet. Lalu, apakah pengertian modem? Nah diartikel kali ini akan membahas tuntas tentang modem.

Apa Itu Modem?

Sederhanya, modem adalah kepanjangan dari modulator Demodulator, yang artinya, yaitu perangkat yang dapat berfungsi sebagai modulator dan demodulator.

Modulator ini artinya yaitu pengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa untuk dikirimkan. Sementara itu, demodulator adalah pemisah antara sinyal informasi serta sinyal pembawa.

Sehingga data bisa diterima dengan sempurna. Maka secara garis besarnya, modem dibagi menjadi dua macam, yakni modem internal dan eksternal.

Fungsi Modem

Dari penjelasan mengenai pengertian modem di atas bahwa fungsi modem secara umum yaitu sebagai hardware, diantaranya:

  1. Alat yang fungsinya untuk memeriksa paket data dan komunikasi.
  2. Perangkat keras yang bisa mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, serta begitu juga sebaliknya.
  3. Hardware yang fungsinya untuk melakukan aktifitas modulasi serta demodulasi.
  4. Hardware yang fungsinya untuk menghubungkan perangkat ke suatu jaringan.
  5. Hardware yang fungsinya untuk melakukan kompres data yang dikirim melalui sinyal.

Macam-Macam Modem

Modem Internal

Modem internal ini merupakan jenis modem yang sudah terpasang langsung di dalam CPU komputer. Modem internal ini bentuknya berupa card yang dipasang dalam salah satu slot ekspansi mainboard, contohnya pada slot ISA atau PCI.

Adapun beberapa keuntungan dari menggunakan moden internal yakni harganya yang lebih murah, tidak membutuhkan adapter, tidak membutuhkan banyak tempat dan lebih praktis.

Modem Eksternal

Seperti namanya, modem eksternal ini merupakan jenis modem yang letak pemasangannya di luar CPU. Supaya bisa terhubung dengan komputer biasanya menggunakan COM atau port USB.

Adapun beberapa kelebihan dari menggunakan modem eksternal ini yakni lebih fleksibel untuk dipindah-pindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya.

Selain itu kelebihan yang lainnya yaitu tidak perlu ada slot ekspansi yang dijatahkan khusus untuk modem. Ada juga indikator yang membuat penggunanya paham serta bisa memonitor status modem.

Walau dengan demikian, modem eksternal ini harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan modem internal serta membutuhkan tempat tersendiri untuk meletakannya. Walaupun tidak memerlukan tempat yang begitu luas.

Modem Kabel

Modem kabel ini merupakan modem yang dapat menghubungkan komputer dengan sambungan TV kabel. Kecepatan download bisa mencapai hingga 27 Mbps serta kecepatan upload bisa mencapai 2,5 Mbps upstream.

Layanan internet ini biasanya tidak dibatasi serta pembayarannya dilakukan setiap bulan. Walaupun termasuk modem yang harganya cukup mahal, namun kecepatan aksesnya tidak dipengaruhi oleh jam sibuk.

Wireless Modem

Jenis modem ini memanfaatkan penggunaan melalui gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik ini akan memancarkan pada radius tertentu. Sehingga, perangkat seperti PC, smartphone serta tablet yang berada di dalam radius tersebut bisa terhubung.

Penggunaan jaringan nirkabel seperti ini jauh lebih praktis apabila dibandingkan dengan penggunaan modem jenis lainnya. User/pengguna bisa bebas bergerak  asalkan masih berada pada ruang lingkup yang di jangkau oleh modem. Modem ini juga mempunyai fungsi sebagai telepon, karena mempunyai fungsi sms.

Modem ISDN

Sederhananya, modem ISDN merupakan sebuah sistem telekomunikasi yang menyediakan layanan berupa data, suara ataupun sebuah gambar yang kemudian di integrasikan ke dalam sebuah jaringan.

Modem ADSL

Modem ADSL atau kepanjangan dari Asimetric Digital Subcribe Line merupakan alat untuk mengakses internet dan memakai telepon analog secara bersamaan. Dalam penggunaannya modem ADSL ini dibantu oleh alat penghubung seperti splitter.

Fungsi dari splitter tersebut yaitu untuk menghilangkan gangguan supaya dapat berjalan secara bersamaan, yakni menggunakan internet serta dapat menggunakan telepon biasa.

Modem Analog

Modem analog merupakan sebuah modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data yang kemudian merubahnya menjadi data digital untuk dapat dikirimkan ke PC ataupun sebaliknya.

Jenis modem analog ini biasanya dipakai untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, sehingga dapat disebut dengan modem dial up.

Modem GSM

Jenis modem ini memerlukan kartu simcard GSM agar bisa bekerja. Biasanya orang banyak menggunakan modem ini untuk menghubungkannya ke laptop. Sebelumnya, simcard perlu diisi terlebih dahulu menggunakan pulsa ataupun paket data untuk dapat bisa terhubung ke internet.

Modem GSM ini memilki jangkauan jaringan yang cukup luas, hanya saja pengguna dapat menghabiskan biaya langganan yang cukup mahal per bulannya.

Nah mungkin segitu saja pembahasan mengenai pengertian modem, fungsi modem serta jenis-jenisnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?