√ Tips dan Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus [Lengkap]

Tips Sukses Cara Membuat Jurnal Internasional

blog.rifainstitute.com – Berikut ini merupakan bagaimana cara menulis jurnal internasional dengan baik dan benar, diantaranya:

1. Tentukan Tema Penelitian

Nah sebelum kalian menulis sebuah jurnal kalian perlu melakukan penelitian terlebih dahulu, karena tema penelitian menjadi suatu hal yang sangat penting, apakah jurnal tersebut diminati oleh jurnal internasional atau tidak.

Kemudian cari bahasan yang sedang tren tetapi mengandung unsur kebaruan. Sesuaikan dengan bidang keilmuan yang sedang kamu tekuni sebagai ide penelitian.

2, Selektif Memilih Jurnal

Langkah selanjutnya, tujuan dari jurnal yang kalian buat harus selaras dengan bidang keilmuan dan dengan tema yang sedang kamu teliti.

Jurnal yang tertolak biasanya karena ketidaksesuaian jurnal yang kamu tuju dengan makalah yang kamu kirimkan.

Pengirim biasanya akan mengecek pada halaman Scimagojr untuk sekaligus melihat impact factor jurnal tersebut dan mengetahui kelayakan jurnal kamu nanti.

3. Membuat Reviewer Terkesan

Pada langkah ini, reviewer akan membaca dengan penelitian kamu dengan detail sehingga membuatnya tertarik menjadi yang sangatlah penting.

Ada baiknya jurnal yang kamu buat menggunakan referensi penelitian reviewer asalkan cocok atau selaras dengan penelitian kamu.

4. Panduan Menulis dan Teliti

Ketika sedang menulis ikuti panduan penulisan di jurnal tersebut. Hindari kesalahan seperti salah ketik, kesalahan dalam tata bahasa, dan bagian dari jurnal yang bermacam-macam.

Tak dapat menyamakan penulisan jurnal satu dengan yang lainnya karena masing-masing punya cara penulisannya sendiri.

5. Hindari Plagiat

Jangan pernah kalian menyalin hasil karya orang lain jika tidak ingin orang-orang sebut plagiat. Plagiarisme menjadi hal tabu dalam dunia akademik yang membuat kamu tidak ternilai serta mempermalukan diri sendiri.

6. Perhatikan Penulisan Daftar Pustaka/Referensi

Setiap jurnal mempunyai format penulisan daftar pustaka yang berbeda-beda. Kalian harus perhatikan cara penulisan daftar pustaka pada jurnal yang kamu tuju.

Gunakan aplikasi atau software yang khusus untuk menuliskan daftar pustaka seperti Mendeley untuk menghindari human error.

7. Jangan Abaikan Persembahan

Persembahan ini biasanya terletak pada bagian akhir jurnal sebelum daftar pustaka atau referensi. Hal ini menjadi penting untuk mengapresiasi pihak yang mendukung penelitian kamu, khususnya bagian pendanaan.

Persembahan ini semacam ucapan terima kasiih untuk pihak yang mendukung proses penelitian maupun penyusunan jurnal.

Tetapi tidak semua pihak harus tercantum dalam jurnal, cukup pihak dari instansi saja.

8. Lakukan Pembayaran Sesuai Perintah

Apabila jurnal sudah lolos, kalian akan mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) yang memuat penerimaan jurnal kalian.

Biasanya ada invoice yang mana kamu harus membayar dalam nominal tertentu sesuai dengan mata uang yang berlaku di negara asal tersebut bisa juga dengan dolar Amerika (USD).

Nah mungkin segitu saja tips-tips yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?