Pengertian Analisis Jurnal Serta Tips Bermanfaat [Lengkap]

Pengertian Analisis Jurnal Serta Tips Bermanfaat

blog.rifainstitute.com – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian singkat analisis jurnal serta tips bermanfaat untuk menganalisis jurnal.

Nah hal pertama yang perlu kalian pahami sebelum belajar menulis jurnal yaitu memahami terlebih dahulu jurnal ilmiah itu sendiri melalui cara menganalisis jurnal.

Jurnal ilmiah merupakan majalah terbitan dan biasanya memuat KTI (Karya Tulis Ilmiah). Sebenarnya KTI memuat data serta informasi ilmiah, teknis dan terbit secara berkala sesuai dengan penulisan ilmiah.

Maka dari itu, biasanya dosen akan memberikan tugas kepada mahasiswanya untuk menganalisis jurnal tersebut. Untuk memudahkan kalian dalam memahami cara menganalisis jurnal, bisa simak penjelasannya terlebih dahulu.

Pengertian Analisis Jurnal

Menganalisis jurnal merupakan suatu kegiatan untuk memperhatikan konsep utama dari penelitian yang telah terpublikasi, kemudian memadukannya dengan ide serta gagasan penganalisis.

Dalam menganalisis jurnal, kalian perlu memberikan pernyataan singkat dan deskriptif dari jurnal. Dengan menggunakan cara ini, pembaca analisis bisa memahami keseluruhan isi jurnal tanpa perlu repot membaca seluruh isinya.

Ini merupakan metode untuk menganalisis artikel jurnal suapa lebih efektif, jelas, serta bermanfaat. Yang berarti cara menganalisis jurnal mengacu pada proses pemecahan topik penelitian atau materi kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih ringkas.

Cara menganalisis jurnal ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang, bahkan dalam penelitian pendidikan masa Aristoteles.

Meskipun analisis sebagai konsep formal yaitu perkembangan yang baru dalam karya ilmiah dalam jurnal nasional dan internasional.

Tips Untuk Menulis Analisis Jurnal

Ada beberapa tips yang perlu kita ketahui untuk menganalisis jurnal, diantaranya:

1. Standar Kualitas

Kebanyakan jurnal sangat spesifik, seperti hukum, ekonomi, serta kewirausahaan. Meskipun ada beberapa jurnal menerbitkan artikel serta berbagai jenis artikel di berbagai bidang ilmiah.

Maka dari itu, sebelu ke cara menganalisis serta mereview jurnal pastikan jurnal tersebut memenuhi strandar ilmiah yang akan kalian uji.

2. Informasi Rinci

Hasil penelitian adalah bagian penting dari semua jenis metode penelitian ilmiah. Maka, ketika kalian mendeskripsikan penelitian, informasi yang spesifik harus ada, sehingga peneliti bisa mengulangi percobaan atau perhitungan tersebut untuk memverifikasi hasil.

Detail ini seperti menuliskan kekuatan serta kelemahan dan jangan lupa untuk mencatat temuannya dalam buku catatan.

3. Diharuskan Ilmiah

Nah tips yang terakhir yaitu pastikan bahwa metode bahasa yang kalian gunakan memenuhi standar bahasa.

Misalnya untuk bahasa Indonesia, menurut KBBI. Karena tulisan artikel kalian merupakan bagian dari catatan ilmiah yang permanen.

 

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?