√ Cara Menganalisis Jurnal yang Baik dan Benar Sesuai Dengan Kaidah

Cara Menganalisis Jurnal yang Baik dan Benar

blog.rifainstitute.com – Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara menganalisis jurnal yang baik dan benar, diantaranya sebagai berikut.

1. Baca Terlebih Dahulu Artikel

Baca abstrak

Cara pertama untuk menganalisis jurnal yaitu membaca terlebih dahulu abstrak. Bagian ini merupakan elemen pada jurnal yang mempunyai paragraf yang singkat.

Abstrak ini fungsinya untuk mengetahui sebagian kecil isi dari jurnal tanpa perlu membaca keseluruhan isi jurnal. Abstrak ini biasanya tidak lebih dari 200 kata.

Konteks penelitian

Usahakan sebisa mungkin memahami jurnal dengan cermat serta pas mengenai tema yang sedang anda teliti.

Contohnya yaitu dengan mengetahui mengapa latar belakang penelitian tersebut dibuat, apakah penelitian itu diangkat berdasarkan untuk mensintesis penelitian orang lain.

Langsung menuju kepada kesimpulan

Dengan langsung kepada kesimpulan, kalian akan sangat menghemat waktu untuk dapat memahami atau sekedar mengetahui ringkasan keseluruhan penelitian jurnal.

Mencari argumen utama

Nah selanjutnya, dengan mengetahui maksud dari topik argumen utama, kalian akan bisa lebih paham serta menguasai isi penelitian. Hal ini dapat menghindari membaca kembali isi keseluruhan jurnal.

Maka dengan begitu, tidak ada salahnya untuk membaca ulang kembali jurnal agar apa yang kalian analisis dapat lebih dalam serta komprehensif.

Meninjau argumen

Bacalah faktor penting dari jurnal, cermati butir-butir utama yang dicatat oleh peneliti.

2. Merancang Tulisan

Tulis deskripsi ringkas dari penelitian

Fungsinya yaitu sebagai pengingat untuk meringkas isi jurnal, buatlah catatan yang mudah kalian pahami dengan cara memberi pengingat, tandai atau catat isi jurnal yang kalian rasa penting.

Tentukan aspek penting

Langkah ini yaitu langkah yang paling membantu kalian dalam cara menganalisis jurnal secara keseluruhan. Caranya dengan memahami judul dan sub judul jurnal.

Mengidentifikasi kata kunci

Untuk cara menganalisis jurnal yaitu identifikasi kata kunci yang dipakai dalam setiap rangkuman yang ditulis. Usahakan setiap kata kunci yang ada pada jurnal juga tersedia dalam rangkuman.

Selain itu pahami juga terminologi atau kata yang menurut kalian asing dari jurnal yang sedang di analisis. Agar kata-kata asing dalam jurnal dapat terinterpertasikan sehingga kalian sebagai penganalisis bisa lebih memahami isi jurnal secara keseluruhan.

Pastikan padat dan singkat

Rangkuman jurnal yang sudah kalian buat, usahakan jumlah katanya berbeda dengan jurnal yang di analisis. Jurnal yang sudah kalian analisis punya struktur yang lebih padat dan singkat.

3. Menulis Ringkasan

Mengidentifikasikan rumusan masalah

Saat menganalisis jurnal, hal pertama yaitu membuat pendahuluan yang tertuju pada tujuan dari penelitian. Bagian ini harus kalian catat sesuai dengan bahasa yang mudah orang pahami.

Diskusikan metodologi yang digunakan peneliti

Hal ini akan memaparkan mengenai instrumen serta metode yang dipakai dalam penelitian.

Maksudnya yaitu kalian harus mengetahui instrumen apa saja, metode yang digunakan serta cara yang dilakukan penulis dalam melakukan penelitiannya.

Deskripsikan hasil penelitian

Ini merupakan bagian yang penting dalam cara menganalisis jurnal, karena dalam bagian ini akan memaparkan hasil dari penelitian. Hasil penelitian tersebut biasanya terletak pada kesimpulan atau sebelumnya, maka perhatikanlah bagian tersebut.

Hubungkan gagasan utama

Langkah selanjutnya, dengan kalian memaparkan tema utama yang berkaitan dengan apa yang penulis jelaskan. Caranya bisa dengan melihat apakah gagasan utama tersebut cocok dengan kesimpulan yang peneliti tulis.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 4 Juli 2021

    […] dengan lebih baik Terima kasih sampai jumpa di artikel selanjutnya atau artikel sebelumnya mengenai cara menganalisis jurnal yang baik dan benar. Dan tidak lupa bagi Anda yang sedang mencari jurnal online bisa kunjungi Rifa […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?