√ Cara Mudah Mencari Jurnal Internasional Gratis [Lengkap]

Cara Mencari Jurnal Internasional

blog.rifainstitute.com – Pada artikel kali ini saya akan membahas cara mencari jurnal internasional di google scholar atau web lainnya.

Untuk kalian yang sedang menyusun tugas akhir, karya ilmiah, maupun riset lainnya, referensi yang benar dan terpercaya sangatlah dibutuhkan untuk memperkuat argumen dalam penelitian.

Referensinya dapat bersumber dari buku, jurnal, tesis, disertasi dan lain sebagainya. Jurnal ini kerap sekali dijadikan untuk mencari referensi karena alurnya yang ringkas, topiknya yang lebih beraga, serta up to date.

Namun terkadang ada beberapa topik yang belum tertangani oleh jurnal nasional. Jika topik yang kamu butuhkan tidak bisa ditemukan pada jurnal nasional, maka jurnal internasional bisa menjadi jalan keluarnya.

Lalu, situs apa saja yang bisa kita gunakan untuk mencari jurnal internasional?

Berikut ini merupakan rekomendasi situs jurnal internasional yang dapat dijadikan sumber referensi kalian.

Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis

Saat ini mencari jurnal tidak sesulit dahulu. Dengan adanya teknologi internet yang maju, sekarang banyak jurnal online yang tersebar di dunia maya.

Dari jurnal nasional hingga jurnal internasional. Jurnal internasional ini yaitu suatu referensi yang sangat kuat dalam membuat penelitian ilmiah ataupun tesis dan skripsi.

Tetapi masih banyak orang yang kebingungan bagaimana cara mencari jurnal internasioanl. Berikut ini merupakan web untuk mencari jurnal internasional diantaranya:

1. Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Google Scholar

Berikut ini merupakan cara mencari jurnal internasional melalui Google Scholar:

  1. Buka situs Google Scholar di scholar.google.com
  2. Pada tampilan awal, akan muncul tampilan “Cari” seperti pada mesin pencari Google
  3. Ketik kata kunci yang akan kalian cari.
  4. Selanjutnya Google Scholar akan menampilkan beberapa dokumen yang berkaitan dengan topik tersebut.
  5. Buka hasil pencarian serta pastikan bahwa referensi yang akan kalian gunakan itu sesuai dengan syarat jurnal internasional, suapaya referensi itu dapat dikatakan kredibel memberikan informasi.
  6. Klik langsung pada hasil pencarian atau klik kanan pada mouse pada file yang berbentuk PDF, kemudian pilih “download“.

Pada bagian kiri laman yang sama kalian bisa mempersempit pencarian terkait hal yang ingin dicari.

2. Oxford Journal

Oxford Journals

Untuk mengakses situs oxfordjournals.org ini tidak dikenakan biaya sama sekali. Jurnal internasional ini sendiri sangatlah lengkap baik dari cabang ilmu pengetahuan fisika, biologi serta masih banyak lagi.

3. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

LIPI

Situs yang selanjutnya yaitu lipi.go.id, LIPI ini merupakan lembaga pemerintahan non kementrian namun koordinatornya yaitu kemenristekdikti. Hampir semua jurnal pada situs ini bisa kalian unduh gratis dan berbahasa Indonesia.

4. Cambridge Core

Cambridge Core

Di situs cambridge.org ini memberikan fitur-fitur terbaru untuk membuat pengakses lebih mudah dalam memilah seperti apa tipe-tipe jurnal yang akan dipakai.

Cambridge juga menyediakan buku yang bisa kalian baca kapan saja secara gratis. Termasuk jurnal internasional, Cambridge Core open access untuk semua kalangan.

5. Research Gate

Research Gate

Situs researchgate.net ini adalah situs tempat berkumpulnya komunitas online peneliti. Peneliti dapat mengupload jurnal atau saling request jurnal secara gratis.

Untuk mendaftar bisa menggunakan email institusi atau kampus. kalian bisa ke kampus masing-masing untuk meminta email khusus mahasiswa

6. Cara Mencara Jurnal Internasional di DOAJ

DOAJ

Situs doaj.org ini mempunyai berbagai situs jurnal internasional secara gratis. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat kalian lakukan:

  1. Buka situs DOAJ
  2. Ketikkan keyword pada kolom pencarian (jika hasil yang muncul hanya ingin jurnal, kalian bisa hilangkan centang articles)
  3. Klik tombol cari disamping dan tunggu hasil pencariannya
  4. Silahkan klik satu per satu untuk mengetahui rincian yang ada
  5. Setelah memilih jurnal, kalian bisa melihat daftar beberapa jurnal dengan judul masing-masing. Kalian dapat memilih untuk melihat abstract dan full text.

7. ScienceDirect

ScienceDirect

Di website sciencedirect.com ini menyediakan artikel dan buku selain jurnal internasional. Di dalamnya ada yang gratis maupun yang berbayar.

Tinggal kalian cari dibagian open access. Kalian hanya perlu memasukkan kata kunci yang akan dicari.

8. Perpustakaan Nasional (Perpusnas)

Perpusnas

Pada perpusnas.go.id ini kalian harus menggunakan status member resmi. setelah dapat nomor yang sah, kalian bisa memanfaatkan semua layanan digital di perpusnas.

Contohnya seperti langganan jenis-jenis jurnal yaitu jurnal internasional yang terbaik dan terupdate. Disini juga ada fitur digital library, jadi kalian dapat mengunduh softfile jurnal dengan gratis.

Nah mungkin segitu saja penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara mencari jurnal internasional. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 6 Juli 2021

    […] semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai ketemu di artikel selanjutnya. Artikel serupa lainnya cara mencari jurnal internasional. Konsultasi seputar publikasi jurnal internasional terindex scopus? kunjungi kami  di […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?