Karya Ilmiah Yang Baik, Berikut Panduannya! - RIFA'WEB

Karya Ilmiah Yang Baik, Berikut Panduannya!

Cara menulis karya ilmiah – Jika Anda ingin menulis dan menerbitkan makalah ilmiah atau makalah akademis dan Anda ingin mempublikasikannya, maka jurnal yang dimiliki Rifainstitute bisa dijadikan pilihan untuk Anda. Kali ini saya akan berbicara kepada Anda mengenai proses penyusunan karya ilmiah yang baik. Proses bagaimana menulis makalah itu dan apa yang harus ada didalam penulisan karya ilmiah. Jadi pada dasarnya makalah memiliki beberapa bagian, ada judul, abstrak, pendahuluan, latar belakang, metode, hasil diskusi, dan kesimpulan. Saya akan berbicara dengan Anda tentang bagian-bagian tersebut.

Judul Karya Ilmiah

Mari kita mulai dengan berbicara tentang judul. Sekarang judul harus sekitar 15 kata atau kurang. Anda harus sampai ke intinya dengan cukup cepat. Hal-hal yang ingin Anda sertakan dalam judul adalah pertama tujuan, apa tujuan dari penulisan karya ilmiah yang anda lakukan.

Ruang Lingkup Karya Ilmiah

Ruang lingkup karya ilmiah, apa kelebihan dari hal ini? Jika Anda jika Anda membahas kelompok populasi tertentu mengatakan bahwa jika itu termasuk kerangka waktu tertentu. Mengatakan bahwa beberapa waktu Anda ingin memasukkan metode yang Anda gunakan. Jadi jika itu adalah studi kohort misalnya Anda mungkin ingin memasukkannya ke dalam judul. Ini semua informasi yang berguna bagi pembaca jika mereka mencoba membuat keputusan apakah mereka akan membaca makalah Anda atau tidak. Hal-hal yang harus dihindari:

  • Jangan menggunakan akronim
  • Hindari penggunaan singkatan
  • Jangan pernah gunakan tanda seru.
  • Tanda tetap bagus dan profesional dan Anda akan memiliki gelar yang bagus.

Abstrak Karya Ilmiah

Abstrak karya ilmiah sekarang abstrak biasanya sekitar 300 kata lagi itu tidak banyak ruang yang Anda inginkan untuk menjadi ringkas. Mereka adalah jenis abstrak yang berbeda. Yang akan saya bicarakan dengan Anda adalah abstrak yang disebut abstrak informatif. Abtrak ini merupakan jenis yang paling umum dan mengikuti format tertentu dan kita akan membahasnya. Tentu saja Anda akan memasukkan tujuan makalah. Dan dan Anda akan memiliki gambaran umum tentang metode dan temuan utama, kesimpulan dan rekomendasi.

Yang penting Anda tidak akan berdiskusi apa pun. Sehingga Anda tidak akan mengkritik atau mengevaluasi karya Anda tidak akan menyertakan interpretasi subjektif apa pun. Tidak ada spekulasi tidak ada referensi ke karya lain atau publikasi lain. Anda akan menyimpannya dengan baik dan faktual. Anda akan menulis di masa lalu petunjuk karena ini melaporkan studi yang sudah selesai. Dan Anda akan melakukan semuanya di sekitar 300 kata.

Pendahuluan Karya Ilmiah

Pendahuluan karya ilmiah di latar belakang. Ketika Anda menulis pengantar di latar belakang apa yang ingin Anda dapatkan? Dari bagian ini adalah Anda ingin pembaca terus membaca. Untuk melakukan itu apa yang ingin Anda lakukan adalah memberikan konteks. Dengan kata lain mengacu pada literatur yang ada. Anda akan memberi tahu mereka apa yang kita ketahui. Dan apa yang tidak kita ketahui dalam bidang subjek tertentu.

Dan dalam konteks apa yang kami tidak tahu. Anda akan memperkenalkan pertanyaan penelitian Anda, tujuan studi Anda, pertanyaan yang akan Anda jawab dan ketika mereka membaca, mereka akan terus membaca.

Metode

Sekarang mari kita bicara tentang metode. Jika Anda ingin penelitian Anda dianggap serius Anda perlu pembaca untuk memahami persis. Bagaimana Anda melakukan penelitian dan menggambar kesimpulan yang Anda lakukan. Sebenarnya Anda membutuhkan metode yang begitu detail. Sehingga jika mereka ingin mengulangi studi itu sendiri untuk menghasilkan kesimpulan. Dan hasil yang sama dengan yang Anda lakukan, mereka akan dapat melakukannya. Sekarang seperti apa bagian metode Anda sangat bergantung pada jenis penelitian yang telah Anda lakukan. Sehingga bagian metode dalam penelitian kualitatif terlihat sangat berbeda dengan bagian pencarian metode dalam penelitian kuantitatif.

Apa yang akan saya bicarakan di sini sebagian besar berlaku untuk penelitian kuantitatif tetapi prinsip-prinsip dasar berlaku untuk makalah apa pun, inilah yang harus disertakan, Anda perlu menyatakan pertanyaan atau hipotesis studi Anda dengan benar, Anda perlu memasukkan desain studi Anda, begitu juga studi kohort apakah itu studi kasus kontrol adalah analisis data sekunder ini adalah analisis isi dari data yang diwawancarai, dll.

Data

Data karya ilmiah, apakah Anda mengumpulkan data sendiri jika demikian bagaimana alat apa yang Anda gunakan memiliki reliabilitas dan validitas alat ini ditetapkan bagaimana Anda mengidentifikasi variabel yang relevan jika ini adalah data yang dikumpulkan secara rutin seperti data Rumah Sakit atau sensus data atau jika Anda mengakses data yang tersedia dari survei yang ada atau studi yang sedang berlangsung bagaimana Anda mengaksesnya? bagaimana penyimpanannya? apakah dianonimkan atau tidak diidentifikasi? apakah Anda memiliki izin untuk mengaksesnya menggambarkan data secara lebih rinci?

Dengan kata lain jika itu data sampel berapa ukuran sampelnya Bagaimana Anda memutuskan ukuran itu dan menggambarkan variabel yang menarik jumlah pengamatan jika sesuai bagaimana Anda menganalisis data, perangkat lunak apa yang Anda gunakan, uji statistik apa yang Anda terapkan, asumsi apa yang Anda buat . Sorot setiap keterbatasan metodologis dan jelaskan bagaimana Anda mengatasinya dan jika sesuai, nyatakan bahwa Anda cukup sulit dibuktikan untuk studi Anda.

Hasil

Sekarang mari kita bicara tentang hasil karya ilmiah, Segala sesuatu tentang makalah Anda berkisar pada hasil dan untuk alasan itu saya akan menyarankan Anda untuk menulis hasilnya. Pertama terutama jika Anda bekerja dengan rekan penulis sehingga Anda mungkin memiliki kolaborator Anda mungkin bekerja dengan ahli statistik Anda mungkin memiliki penulis pembimbing.

Apa yang ingin Anda lakukan adalah Anda ingin membuat draft hasil dan tabel dan teks dari hasil yang ingin Anda sebarkan itu dan Anda ingin mendapatkan kesepakatan tentang hasil sebelum Anda menulis sisa makalah. Dan alasannya adalah hasil dapat berubah dengan kata lain orang mungkin menyarankan agar Anda memasukkan aspek-aspek tertentu dari penelitian atau menghapus aspek-aspek tertentu dari penelitian tersebut.

Jika Anda telah menulis jurnal ilmiah yang baik, segala sesuatu yang lain harus berubah jika hasilnya berubah karena semuanya berputar di sekitar hasil, jadi selesaikan, selesaikan, setuju, selesaikan, selesaikan sebelum Anda menulis yang lain. Sekarang Anda mulai menulis tulisan Anda secara logis dan membuat referensi eksplisit ke salah satu tabel dan gambar yang disertakan, Anda ingin menempatkan tabel dan gambar sedekat mungkin dengan pertama kali mereka dirujuk dalam teks.

Jangan membahas hasil jangan memberikan penjelasan jangan memberikan spekulasi jangan menafsirkan mereka jangan menjelaskan mereka jangan berhipotesis pertahankan hasil yang bagus dan faktual. Sekarang jangan abaikan temuan negatif apa pun termasuk hasil negatif apa pun, tetapi jangan mencoba menjelaskannya tidak pada titik ini untuk diskusi, diskusi sejauh ini adalah bagian favorit saya dari makalah apa pun karena dalam diskusi.

Anda tidak hanya akan mengulangi temuan Anda tetapi Anda akan menjelaskannya dan menafsirkannya dan berhipotesis dan berspekulasi, di sinilah Anda membawa pemikiran dan ide Anda ke dalam makalah.

Memulai diskusi Anda dengan mengulangi pertanyaan penelitian Anda dan mengingat temuan Anda, nyatakan apa yang Anda yakini, jawaban atas pertanyaan itu sekarang ingat, jangan memasukkan data baru atau hasil baru apa pun dalam diskusi, diskusi harus direfleksikan hasil yang telah disajikan dalam makalah Anda.

Perlu menjelaskan hasil penerjemah dalam konteks literatur yang diidentifikasi dalam pendahuluan di latar belakang. Dengan kata lain, apakah temuan Anda konsisten dengan apa yang dikatakan orang lain dan apakah data Anda mengisi salah satu celah dalam pengetahuan yang Anda identifikasi sehingga Anda ingin menunjukkan bagaimana pekerjaan Anda telah menambahkan sesuatu ke tubuh pengetahuan dan pemahaman tentang topik tersebut.

Anda juga ingin merefleksikan implikasi dari temuan Anda, mungkin dalam hal aplikasi praktis atau kebijakan publik dan tentu saja Anda ingin mengakui keterbatasan studi Anda dan Anda ingin mendiskusikan keterbatasan tersebut dan implikasi dari keterbatasan tersebut terhadap hasil Anda dan semakin banyak Anda melakukannya, semakin Anda menunjukkan bahwa Anda memahami batasannya, semakin besar kredibilitas hasil Anda.

Dan dalam konteks itu Anda juga ingin mempertimbangkan dan mendiskusikan penjelasan alternatif apa pun atas temuan Anda pasti mendiskusikan setiap temuan negatif dan mempertimbangkan dampaknya terhadap kesimpulan Anda dan kemudian berbicara tentang langkah selanjutnya, apa implikasi temuan Anda dalam hal saran untuk penelitian masa depan dan terakhir ada bagian kesimpulan dan rekomendasi.

Di sinilah Anda bisa memberitahu pembaca jadi apa, apa gunanya semua ini Anda ingin membantu pembaca memahami mengapa penelitian Anda penting. Jadi apa yang ingin Anda lakukan adalah Anda ingin menyatakan jawaban atas pertanyaan penelitian itu. Anda bertanya dan menyatakan rekomendasi yang dapat dibuat sebagai hasil dari temuan Anda.

Saya ingin mendengar dari Anda, jadi tinggalkan komentar di bawah dan bagikan artikel karya ilmiah ini jika Anda belum melakukannya.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 10 Juli 2021

    […] serupa lainnya karya ilmiah yang baik, berikut panduannya. Konsultasi seputar publikasi jurnal penelitian? kunjungi kami di […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?