Cara Mencari Sumber Rujukan untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi - RIFA'WEB

Cara Mencari Sumber Rujukan untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Cara mencari sumber rujukan akan saya share tipsnya disini agar kalian bisa mengumpulkan sumber rujukan untuk referensi dalam menulis artikel ilmiah, makalah, jurnal, skripsi, tesis maupun disertasi. Diantara web yang saya bagikan ini kalian bisa mengakses berbagai buku maupun berbagai jurnal dengan mudah.
Sebenarnya dengan Google kalian bisa mencari, hanya saja Google adalah alat pencarian yang sangat besar sekali, ibaratnya kalian kalau mencari sesuatu di ruangan yang besar pasti tidak akan ketemu.
Maka disini saya akan memberikan beberapa web maupun portal yang bisa kalian mengakses langsung secara cepat untuk mendapatkan sumber rujukan baik itu buku maupun jurnal.

Cara Mencari Sumber Rujukan dengan Google Book

cara mencari sumber rujukan

Kalau kalian ingin mendapatkan buku kalian bisa akses bukan di Google tapi di cara mencari sumber rujukan dari Google book misalnya kalian akan bisa mendapatkan berbagai buku dalam format PDF. Hanya saja buku tersebut tidak bisa di-download tapi paling tidak kalian bisa melihat kutipan-kutipan atau tidak secara keseluruhan apa isi buku tersebut.
Di Google book juga kalian akan bisa mendapatkan beberapa buku-buku bahasa Indonesia yang sudah ada versi onlinenya.

Cara Mencari Sumber Rujukan dengan DOAB

cara mencari sumber rujukan

Cara mencari sumber rujukan dari DOAB ini kalian akan mendapatkan juga berbagai buku hanya saja bukunya rata-rata bukan buku yang berbahasa Indonesia. Di portal ini kalian hanya bisa mengakses buku-buku yang kalian mungkin butuhkan nama pengarangnya identitasnya seperti isbn, Deo nya ataupun cetakannya tapi kalian tidak akan bisa mendapatkan buku ini dalam format PDF.
Namun jangan kuatir Jika kalian ingin mendownload buku-buku yang memang menjadi sumber primer atau memang sangat dibutuhkan untuk penulisan karya kalian nanti saya berikan bagaimana cara mendownload buku yang seharusnya berbayar namun menjadi gratis.

Cara Mencari Sumber Rujukan dengan Paperity

cara mencari sumber rujukan

Cara mencari sumber rujukan dari paperity ini kalian akan bisa mengakses berbagai jurnal dan biasanya juga di portal ini kalian bisa mendownload jurnal tersebut secara gratis.

Cara Mencari Sumber Rujukan dengan DOAJ

cara mencari sumber rujukan

Portal ini yang sangat terkenal dan tidak asing bagi para pengelola jurnal maupun para pegiat penulis jurnal.

Sinta

Sinta ini adalah portal yang disediakan oleh kementerian pendidikan tinggi Kemendikbud yang mana jurnal-jurnal yang ada di sini itu adalah jurnal-jurnal yang semuanya berkualitas. Mulai dari kualitas paling tinggi hingga kualitas paling rendah yang mana biasanya diistilahkan dengan Sinta 1, sinta 2 artinya berarti kualitasnya nomor 1, Nomor 2 dan seterusnya.
Artinya jurnal yang belum berkualitas menurut Kemendikbud maka tidak dapat diakses di portal ini.

Moraref

Moraref ini adalah portal jurnal yang rata-rata isinya adalah jurnal-jurnal yang berada dibawah naungan perguruan tinggi keagamaan Islam. Sehingga kalian yang mungkin akan mencari referensi atau kalian ingin menerbitkan jurnal tentang keislaman, bingung mau diterbitkan di jurnal mana, maka cari saja di portal moraref disini kalian akan bertemu.
Jadi kalau ingin cari jurnal terkait bidang keagamaan langsung saja merujuk ke portal ini.

OATD

Kalau DOAB dan Google book tadi adalah tempat untuk mencari buku sedangkan paperity, doaj, sinta maupun moraref adalah tempat untuk mencari jurnal.
Maka ada lagi yang selanjutnya yaitu OATD Open Acces Tesis dan Desertasion disini kalian bisa melacak kajian penelitian yang dalam format bentuknya itu adalah tesis maupun desertasi.

Sehingga biasanya kalian yang sedang mengerjakan tugas akhir diminta untuk mencari penelitian terdahulu, mungkin kalian bisa merujuk ke portal ini.
Portal-portal yang Saya tunjukkan tadi hampir sama cara pencariannya sama dengan Google, artinya kalian harus masih mencari-cari menscroll keatas kebawah.

POP (Publish or Perish)

Namun jangan khawatir yang terakhir ini ada sebuah alat pencarian yang sangat expert yang sangat express dimana kalian bisa mencari buku atau khususnya jurnal-jurnal yang terbaru.
Di situ kalian bisa membatasi atau kalian ingin seumpama mencari jurnal yang hanya diterbitkan di tahun 2020 dengan kata kunci tertentu, itu bisa. Atau kalian ingin mencari jurnal-jurnal dengan kata kunci tertentu lima tahun terakhir, tiga tahun terakhir, itu bisa.
POP fabrice or Paris disitu kalian akan disuruh meng-install tools tersebut, kemudian setelah di-install maka disitu kalian bisa mencari Dari jurnal yang biasa hingga jurnal yang berkualitas seperti yang terindeks di scopus maupun web of Science. Sehingga kalian tidak akan kebingungan dan bisa lebih menghemat waktu dengan menggunakan tool itu.

Oke sobat Silahkan dicoba dan kalau ada yang ingin ditanyakan Silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Ketahui juga cara publikasi jurnal nasional gratis dan jasa dan produk kami di Rifainstitute.com

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?