Cara Review Jurnal Yang Baik dan Benar - RIFA'WEB

Cara Review Jurnal Yang Baik dan Benar

Hai teman-teman semua dalam kesempatan ini saya akan membahas cara review jurnal yang baik dan benar yang berkaitan dengan tugas-tugas yang diberikan oleh desain. Nah seperti diketahui biasanya dosen akan memberikan tugas merevisi jurnal ketika mahasiswa diberikan kesempatan untuk membaca jurnal atau mempelajari jurnal. Dengan pengertian sederhana kata review berarti mengulang akhirnya me-review jurnal berarti menulis kembali apa yang ada dalam jurnal yang nge-review.
Dalam me-review jurnal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ini menjadi poin penting, sehingga teman-teman bisa dengan mudah me-review jurnal orang lain yang, yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Judul
  • Nama jurnal
  • Volume
  • Penulis
  • Latar belakang
  • Tujuan Penelitian
  • Permasalahan
  • Metodologi Penelitian
  • Hasil Penelitian
  • Kelebihan dan kekurangan

Nah tujuan membuat isi seperti ini supaya memudahkan teman-teman untuk bisa dengan mudah memahami atau membagikan apa yang tertuang dalam jurnal yang teman-teman review.

Cara Review Jurnal dengan Memperhatikan Judul

cara review jurnal



Nah teman-teman perlu perhatikan contoh jurnal yang saya review Jurnalnya berjudul “Survei Cross Diagonal Konfigurasi Pole Pole untuk Analisis Penyebaran Limbah Cair pada Media Padat”.

Cara Review Jurnal dengan Memperhatikan Nama Jurnal

cara review jurnal

Kemudian yang kedua nah teman-teman perhatikan di nama jurnalnya. Bisa dilihat disini nama jurnalnya adalah Jurnal Sains MIPA.

Cara Review Jurnal dengan Memperhatikan Volume dan Halaman

cara review jurnal

Kemudian yang ketiga itu teman-teman perhatikan volume dan halaman, disini volumenya 13 Nomor 3 dan halamannya mulai dari 267 sampai 272.

Perhatikan Tahun diterbitkannya Jurnal

cara review jurnal

Kemudian teman-teman perhatikan tahun jurnalnya ini merupakan tahun dikeluarkan jurnal ini yaitu tahun 2007.

Perhatikan Penulis dan Tanggal Review

cara review jurnal

Kemudian penulisnya adalah Nanti Khairudin dan Karyanto reviewnya Samarkand Nurlette tanggal reviewnya 22 Mei 2020.

Cara Review Jurnal dengan Memperhatikan Latar Belakang

cara review jurnal

Kemudian teman-teman perhatikan latar belakangnya dari latar belakang ini teman-teman bisa dapat di Pendahuluan suatu jurnal itu. Latarbelakang merupakan pondasi untuk mengungkapkan masalah-masalah yang berkaitan dengan penulisan jurnal tersebut.

Perhatikan Tujuan Penelitian

cara review jurnal

Kemudian tujuan penelitian teman-teman bisa lihat ini dalam Cover nya tujuan penyajian Dari jurnal tersebut.

Perhatikan Permasalahan

cara review jurnal

Selanjutnya itu ada permasalahan, nah permasalahan ini merupakan rujukan untuk mendapatkan solusi sedikit kamisan teman-teman sudah mengetahui permasalahan terjun ini maka dengan sendirinya teman-teman akan tahu Solusi yang dihasilkan dari jurnal ini untuk permasalahan tersebut seperti apa.

Perhatikan Metodologi Penelitian

Kemudian ada metodologi penelitian, teman-teman bisa lihat di jurnalnya metodologi penelitian yang dipakai dalam jurnal ini bisa dipahami dengan mudah.
Nah ini merupakan metodologi penelitian dari jurnal yang saya review.

Perhatikan Hasil Penelitian

Kemudian ada hasil penelitian yang terdapat dalam jurnal tersebut dibaca secara seksama, kemudian di buat dalam bahasa yang simpel dan mudah dimengerti oleh orang lain.
Inilah hasil penelitian didalam jurnal ini, teman-teman bisa pakai bahasa sendiri untuk menjelaskan hasil penelitian dari Jurnal yang teman-teman review.

Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan




Kemudian ada kelebihan dan kekurangan, ini merupakan bagian yang teman-teman tonjolkan dari proses review terhadap jurnal yang teman-teman harus membaca secara seksama mulai dari pendahuluan sampai kesimpulan.
Teman-teman bisa lihat kelebihan dari jurnal tersebut seperti apa dan kekurangan dari jurnal terjadi seperti apa.
Nah disini saya melihat bahwa kelebihan dari jurnal ini adalah pemodelan yang terdapat dalam penelitian ini.
Kemudian kekurangannya literatur yang masih sangat minim. Nah ini sangat membatasi dalam penguatan secara teori dari jurnal ini.
Ya demikian review singkat dari jurnal yang saya contohkan, Semoga teman-teman bisa me-review jurnal lagi dengan lebih baik Terima kasih sampai jumpa di artikel selanjutnya atau artikel sebelumnya mengenai cara menganalisis jurnal yang baik dan benar. Dan tidak lupa bagi Anda yang sedang mencari jurnal online bisa kunjungi Rifa Institute

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?