Buku: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya - RIFA'WEB

Buku: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

buku

Ada istilah bahwa buku itu adalah “jendela dunia”. Karena memang isinya berupa informasi-informasi tentang semua hal yang ada di dunia ini. Namun tentunya informasi yang disajikan tentang dunia tersebut dilihat dalam perspektif penulisnya. Sebelum memahami secara mendalam tentang apa itu buku?, terlebih dahulu mengetahui pengertian secara mendasar apakah yang disebut dengan buku?.

Pengertian Buku

Banyak yang mendefinisikan tentang buku. Salah satu pengertian yang mendasar sebagaimana yang dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Balai Pustaka bahwa pengertian buku adalah lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong. Adapaun menurut Oxford Dictionary, buku adalah hasil karya yang ditulis atau dicetak dengan halaman-halaman yang dijilid pada satu sisi atau hasil karya yang ditujukan untuk penerbitan. Begitu juga dalam Wikipedia bahwa buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman.

Jenis Buku

Dari berbagai pengertian buku di atas, penjelasannya masih bersifat fisik (material) belum menjelaskan secara substansi tentang pengertian buku. Karena apabila dilihat dari katagorinya, buku dapat dipahami sebagai berikut :

  • Buku fiksi, merupakan buku yang diciptakan penulis sesuai dengan imajinasinya, bukan merupakan buku dengan cerita yang tidak nyata, namun pembaca merasa seolah-olah cerita tersebut nyata. Jenis buku ini adalahkumpulan cerita pendek, kumpulan puisi, kumpulan drama, serta novel.
  • Buku faksi, merupakan buku berdasarkan cerita nyata dengan tidak menyamarkan para pelaku cerita dan dikreasikan dengan imajinasi penulis. Jenis buku ini adalah biografi, autobiografi, kisah nyata, memoar, cerita-cerita dari kitab suci.
  • Buku nonfiksi, merupakan buku berdasarkan data valid tentang pengetahuan tanpa mengurangi isi data tersebut. Jenis buku ini adalah buku referensi, buku petunjuk/panduan, buku pelajaran, kamus, ensiklopedia, directory, peta, dan lain-lain.

Manfaat Buku

Melihat katagori buku di atas, khususnya insan akademik di lingkungan perguruan tinggi yang aktivitasnya tidak pernah lepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan dasar pemikiran rasional dan etika ilmiah sehingga bisa diproyeksikan menjadi salah satu (output) dari aktivitas ilmiah tersebut berupa diterbitkannya buku nonfiksi seperti buku referensi, buku modul belajar, buku panduan, bunga rampai dan lain sebagainya.

Rifa’Institute hadir dengan harapan menjadi solusi bagi seluruh lembaga khususnya perguruan tinggi untuk menerbitkan buku ilmiahnya secara profesional dengan prosedur pendaftaran ISBN, terdaftar di IKAPI, dicetak secara fisik maupun elektronik, terindeks google scholar, google play dan laman perpusnas serta didaftarkan pada HaKI. Merupakan kebanggaan bagi kami dalam memberikan kontribusi pengembangan penerbitan buku ilmiah bagi kebutuhan dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi saat ini.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?