Cara Mencari Jurnal Internasional Terindex Scopus - RIFA'WEB

Cara Mencari Jurnal Internasional Terindex Scopus

Diarikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mencari jurnal internasional yang terindeks scopus. Langkah pertama, membuka scopus.com dengan tampilan homepage seperti ini. Pasti akan ada yang bertanya kenapa tidak di scimagojr? Kenapa di scopus.com? Alasannya hanya satu, scopus.com jauh lebih akurat dan lebih update daripada scimagojr. Jadi untuk artikel kali ini kita gunakan scopus.com.

cara mencari jurnal internasional terindex scopus

cara mencari jurnal internasional terindex scopus

Oke kita masuk ke Sources lalu kita akan diberikan tampilan berbagai macam jurnal atau list jurnal yang terindeks scopus maupun sudah tidak. Jadi ada yang ada punya terindeks scopus sekarang tidak dan yang sampai sekarang masih terindeks scopus.

cara mencari jurnal internasional terindex scopus

cara mencari jurnal internasional terindex scopus

Bagaimana Cara Mencari Jurnal Internasional Terindex Scopus?

Untuk lebih spesifik kita bisa berikan disini education misalkan ingin jurnal yang bidangnya pendidikan. Lalu kita Apply maka yang muncul adalah jurnal-jurnal yang bidangnya pendidikan.

cara mencari jurnal internasional terindex scopus

Coba kita buka oke, di bagian kiri ada filter filter ini digunakan untuk memilih secara spesifik jurnal yang mau kita tuju, nah saran saya adalah kita coba untuk pilih jurnal yang Display only Open Access Jurnals, alasannya adalah kita bisa download artikel secara gratis dan kita bisa pelajari artikel seperti apa yang dimau oleh jurnal tersebut tersebut.

cara mencari jurnal internasional

Lalu untuk pilihan Q-nya sementara biarkan dulu. Sourcenya jurnal lalu Apply.

cara mencari jurnal internasional

Ok kita akan coba Pilih satu pastinya Q1, saya akan jelaskan nanti perbedaan Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Kita coba pilih judul jurnal yang Q1, Q2, Q3 dan Q4 kemudian klik Apply.

Sekarang kita akan Cek satu persatu.

Pertama di Educational Research Review, yang perlu kita lihat sekarang adalah cover years-nya, jika cover years-nya sampai dengan 2019, maka dia masih berada di scopus.

cara mencari jurnal terindex scopus

Setelah dicek semua jurnal yang kita coba tadi masih tercover di scopus, tapi kalau misalkan tahunnya yang ini kurang dari 2019, misalkan 2017, 2018, 2015 maka dia sudah tidak tercover di scopus .

Sekarang bagaimana cara melihat Q-nya tadi saya langsung memilih Q-nya berdasarkan filter. Tapi bagaimana kalau kita tidak menggunakan filter?

Oke kita klik CiteScore Rank & Trend maka di bagian sebelah kanan akan ada grafik.

cara mencari jurnal terindex scopus

Grafik ini terdiri dari empat baris, baris ke 1, baris 2, baris 3 dan baris 4. Masing-masing baris mewakili kuartilnya.

cara mencari jurnal internasional terindex scopus

Jadi kalau baris yang paling atas itu nilainya sekitar 75-100 maka dia berada di kuartil satu, baris kedua nilainya 50-75 maka dia berada di Kuartal dua, baris ketiga nilainya 25-50 maka dia berhenti kuartil 3 baris keempat nilainya 0-25 maka dia berada di kuartil empat.

Nilai yang saya maksud adalah nilai persentil dan yang kita lihat adalah titik yang terakhir pada tahun yang terakhir meskipun ini 2018 itu tidak ada masalah, karena algoritmanya adalah menghitung satu tahun yang telah berjalan ya jadi dia update-nya memang dua tahun sekali.

Di yang lain disini educational technology anxiety ia masih di Q1, jadi karena dia masih ada di baris pertama maka dia Q1.

cara mencari jurnal internasional terindex scopus

Lalu Berikutnya ini ada International Journal of Intructions ini jurnal berada di Q2.

jurnal internasional

Tadi saya bilang bahwa yang dilihat tahun terakhir, karena yang falid adalah tahun terakhir tahun 2017 International Journal of Intructions ini masih berada di Q3, tapi di tahun 2018 Dia sudah menjadi Q2 yang meningkat rankingnya.

Sekarang yang satunya International Journal of Emotional Education cite scornya dia ada di baris ketiga maka dia di Q3 jurnal ini meningkat dari Q4 ke Q3.

jurnal internasional

Berikutnya Elementary Education Online dia berada di Q4.

jurnal scopus

Nah sekarang bagaimana cara kita memperoleh home pagenya?

Kita menuju ke ke url jurnalnya untuk submit artikel, disini di profile ini terdapat jurnal homepage, kita bisa buka.

jurnal scopus

Maka kita langsung diantar di jurnal homepagenya tinggal kita saiin dan juga submit artikel disini.

jurnal scopus

Jadi itu adalah cara mencari jurnal internasional yang terindeks scopus tentu ini bukan satu-satunya cara karena masih ada scimagojr.

Namun saya lebih menyarankan anda untuk masuk ke scopus.com dalam mencari jurnal ini ya semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai ketemu di artikel selanjutnya. Artikel serupa lainnya cara mencari jurnal internasional. Konsultasi seputar publikasi jurnal internasional terindex scopus? kunjungi kami  di Rifainstitute.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 7 Juli 2021

    […] serupa lainnya cara mencari jurnal internasional terindex scopus. Konsultasi seputar publikasi jurnal internasional terindex scopus? kunjungi kami  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?