Jurnal Penelitian: Definisi dan Karakteristiknya - RIFA'WEB

Jurnal Penelitian: Definisi dan Karakteristiknya

jurnal penelitian

Jurnal merupakan sebuah catatan sistematis, biasanya tertulis, yang disimpan oleh seorang peneliti untuk tujuan mengamati dan merefleksikan fenomena yang relevan dengan studi penelitian tertentu. Metode ini paling banyak digunakan untuk mendokumentasikan peristiwa yang terjadi secara spontan atau yang berhubungan dengan pengalaman sehari-hari peneliti.

jurnal penelitian

Apa Itu Jurnal Penelitian?

Jurnal penelitian adalah terbitan berkala yang memuat artikel-artikel yang ditulis oleh para ahli dalam bidang kajian tertentu yang melaporkan hasil penelitian di bidang tersebut. Artikel-artikel tersebut dimaksudkan untuk dibaca oleh pakar atau mahasiswa lain di bidangnya, dan biasanya jauh lebih canggih dan canggih daripada artikel yang ditemukan di majalah umum. Panduan ini menawarkan beberapa tip untuk membantu membedakan jurnal ilmiah dari majalah lainnya.

jurnal penelitian

KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN

TUJUAN:

Jurnal penelitian mengomunikasikan hasil penelitian di bidang studi yang dicakup oleh jurnal. Artikel penelitian mencerminkan studi sistematis dan menyeluruh dari satu topik, sering kali melibatkan eksperimen atau survei. Jurnal penelitian juga dapat menerbitkan artikel ulasan dan ulasan buku yang merangkum pengetahuan terkini tentang suatu topik.

PENAMPILAN:

Jurnal penelitian kekurangan iklan apik, iklan baris, kupon, dll, yang ditemukan di majalah populer. Artikel sering dicetak satu kolom ke halaman, seperti dalam buku, dan sering ada grafik, tabel, atau bagan yang mengacu pada poin-poin tertentu dalam artikel.

OTORITAS:

Artikel penelitian ditulis oleh orang yang melakukan penelitian yang dilaporkan. Ketika lebih dari dua penulis terdaftar untuk satu artikel, penulis pertama yang terdaftar sering kali merupakan peneliti utama yang mengoordinasikan atau mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh penulis lain. Jurnal ilmiah yang paling dihormati biasanya yang disponsori oleh asosiasi profesional, seperti American Psychological Association atau American Chemical Society.

VALIDITAS DAN KEANDALAN:

Artikel yang dikirimkan ke jurnal penelitian dievaluasi oleh dewan redaksi dan pakar lainnya sebelum diterima untuk dipublikasikan. Evaluasi ini, yang disebut peer review, dirancang untuk memastikan bahwa artikel yang diterbitkan didasarkan pada penelitian yang solid yang memenuhi standar normal bidang studi yang dicakup oleh jurnal. Profesor kadang-kadang menggunakan istilah “refereed” untuk menggambarkan jurnal peer-review.

GAYA PENULISAN:

Artikel dalam jurnal penelitian biasanya mengandung kosakata tingkat lanjut, karena penulis menggunakan bahasa teknis atau jargon bidang studi mereka. Penulis berasumsi bahwa pembaca sudah memiliki pemahaman dasar tentang bidang studi.

REFERENSI:

Penulis artikel penelitian selalu menunjukkan sumber informasi mereka. Referensi ini biasanya dicantumkan di akhir artikel, tetapi dapat muncul dalam bentuk catatan kaki, catatan akhir, atau daftar pustaka.

PERIODIK YANG BUKAN JURNAL PENELITIAN

MAJALAH POPULER:

Ini adalah majalah yang biasanya ditemukan di toko kelontong, kios koran bandara, atau toko buku di pusat perbelanjaan. Majalah populer dirancang untuk menarik khalayak luas, dan biasanya berisi artikel yang relatif singkat yang ditulis dalam bahasa non-teknis yang mudah dibaca.

Contohnya meliputi: Car and Driver, Cosmopolitan, Esquire, Essence, Gourmet, Life, People Weekly, Readers’ Digest, Rolling Stone, Sports Illustrated, Vanity Fair, dan Vogue.

MAJALAH BERITA:

Majalah berkala ini, yang biasanya diterbitkan setiap minggu, memberikan informasi tentang topik-topik yang diminati saat ini, tetapi artikel mereka jarang memiliki kedalaman atau otoritas artikel ilmiah.

Contohnya meliputi: Newsweek, Time, U.S. News, dan World Report.

MAJALAH PENDAPAT:

Majalah berkala ini berisi artikel-artikel yang ditujukan untuk khalayak berpendidikan yang tertarik untuk mengikuti peristiwa atau gagasan terkini, terutama yang berkaitan dengan isu-isu topikal. Sangat sering artikel mereka ditulis dari sudut pandang politik, ekonomi, atau sosial tertentu.

Contohnya termasuk: Catholic World, Christianity Today, Commentary, Ms., The Militant, Mother Jones, The Nation, National Review, The New Republic, The Progressive, dan World Marxist Review.

MAJALAH PERDAGANGAN:

Orang-orang yang perlu mengikuti perkembangan industri atau pekerjaan tertentu membaca majalah-majalah ini. Banyak majalah perdagangan menerbitkan satu atau lebih edisi khusus setiap tahun yang berfokus pada statistik industri, daftar direktori, atau pengumuman produk baru.

Contohnya meliputi: Beverage World, Progressive Grocer, Quick Frozen Foods International, Rubber World, Manajemen Penjualan dan Pemasaran, Berita Perdagangan Ski, dan Toko.

Artikel serupa lainnya karya ilmiah yang baik, berikut panduannya. Konsultasi seputar publikasi jurnal penelitian? kunjungi kami di Rifainstitute.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?