Contoh Kata Pengantar yang Cocok untuk Kreasi Tulismu - RIFA'WEB

Contoh Kata Pengantar yang Cocok untuk Kreasi Tulismu

kata pengantar

Kebingungan cari contoh kata pengantar yang cocok untuk kreasi tulismu? Jika demikian, kamu sedang membaca artikel yang pas!

Bila kamu sedang membuat suatu karya tulis seperti makalah, laporan, skripsi, atau yang lain, tentu kamu harus membuat suatu kata pengantar untuk lengkapi kreasi itu.

Sebetulnya, apa sich peranan kata pengantar? Mengapa harus ada kata pengantarnya?

Apakah itu Kata Pengantar?

Kata Pengantar ialah sebuah halaman yang ada dalam suatu karya tulis yang umumnya berisi perkataan rasa sukur dan rasa terima kasih dari penulis.

Kata Pengantar umumnya berada pada awal karya tulis (saat sebelum daftar isi) dan berisi bagian-bagian penting seperti pembukaan, isi, dan penutup.

Isi pada kata pengantar sendiri sebagai beberapa hal yang sudah dilewati oleh penulis atau pengarang dalam menuntaskan kreasinya dan siapa beberapa pihak yang sudah menolong pengaturan kreasi itu.

Peranan Kata Pengantar

Sama sesuai namanya, Kata Pengantar berperan untuk mengantar beberapa pembaca ke isi atau rincian yang ada pada karya tulis itu.

Kata Pengantar bukan hanya berisi perkataan rasa sukur dan terima kasih saja, tapi juga berisi gambaran singkat mengenai kreasi itu hingga bisa tingkatkan ketertarikan beberapa pembaca.

Makin memikat rincian yang dicatat oleh pengarang, maka semakin besar peluangnya untuk memunculkan rasa ingin tahu dari pembaca.

Lalu, seperti apakah sich misalnya? Bagaimanakah cara menulis kata pengantar dengan benar dan baik?

Langsung, baca contoh kata pengantar pada beragam jenis karya tulis berikut ini!

Contoh Kata Pengantar

Catatan: Kamu dapat sesuaikan sektor yang dikasih [huruf tebal] sesuai keperluanmu.

1. Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Puji sukur kehadirat Allah SWT yang sudah memberinya karunia dan hidayah-Nya hingga aku bisa menuntaskan pekerjaan makalah yang dengan judul [judul makalah] ini pas ketika waktunya.

Adapun arah dari penulisan dari makalah ini untuk penuhi pekerjaan [dosen/guru] pada [bidang study/mata kuliah] [nama sektor study/mata kuliah]. Disamping itu, makalah ini mempunyai tujuan untuk menambahkan wacana mengenai [topik makalah] untuk beberapa pembaca dan untuk penulis.

Aku berterima kasih ke [bapak/ibu] [nama guru/dosen], sebagai [guru/dosen] [bidang study/mata kuliah] [nama sektor study/mata kuliah] yang sudah memberinya pekerjaan ini hingga bisa menambahkan pengetahuan dan wacana sesuai sektor study yang aku jalani.

Aku berterima kasih ke seluruh pihak yang sudah membagikan beberapa pengetahuannya hingga aku bisa menuntaskan makalah ini.

Aku mengetahui, makalah yang aku catat ini masihlah jauh dari kata prima. Oleh karenanya, kritikan dan anjuran yang membuat akan aku tunggu untuk kesempurnaan makalah ini.

[tempat, tanggal pembikinan makalah]

 

Penulis

 

2. Contoh Kata Pengantar Laporan

Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji sukur kehadirat Allah SWT yang sudah memberinya karunia dan inayah-Nya hingga kami bisa menuntaskan Laporan [jenis laporan] yang dengan judul [judul laporan].

Terima kasih aku katakan ke [bapak/ibu] [nama guru/dosen] yang sudah menolong kami baik secara kepribadian atau materi. Terima kasih aku katakan ke rekan-rekan seperjuangan yang sudah memberikan dukungan kami hingga kami dapat menuntaskan pekerjaan ini on time.

Kami mengetahui, jika laporan [jenis laporan] yang kami bikin ini masihlah jauh dari kata prima baik sisi pengaturan, bahasa, atau penulisannya. Oleh karenanya, kami benar-benar menginginkan kritikan dan anjuran yang membuat dari semua pembaca buat jadi referensi supaya penulis dapat jadi lebih baik kembali di periode kedepan.

Mudah-mudahan laporan [jenis laporan] ini dapat menambahkan wacana beberapa pembaca dan dapat berguna untuk perubahan dan kenaikan ilmu dan pengetahuan.

[tempat, tanggal pembikinan laporan]

Penulis

3. Contoh Kata Pengantar Proposal

Kata Pengantar

Semua puji dan sukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang sudah memberikan karunia dan hidayah-Nya ke kita semua. Shalawat dan salam mudah-mudahan tercurah ke Rasulullah SAW dan keluarganya.

Penulisan proposal [jenis proposal] ini mempunyai tujuan untuk [tujuan proposal].

Dalam pengaturan proposal ini, kami mengetahui seutuhnya jika proposal ini masihlah jauh dari kesempurnaan karena pengetahuan dan pengalaman penulis yang terbatas. Oleh karenanya, kritikan dan anjuran dari seluruh pihak benar-benar kami harap untuk terbentuknya proposal yang lebih bagus kembali untuk masa yang akan datang.

[tempat, tanggal pembikinan proposal]

Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Puji Sukur penulis panjatkan ke Tuhan Yang Maha Esa, karenanya karunia dan karunia-Nya, penulis bisa menuntaskan skripsi yang dengan judul “[judul skripsi]”.

Skripsi ini dibikin dan disodorkan untuk penuhi persyaratan buat mendapat gelar [nama gelar] pada Fakultas [nama fakultas] di [nama perguruan tinggi]. Disamping itu, arah dari penulisan skripsi ini untuk memberinya pengetahuan ke pembaca berkenaan [topik skripsi].

Sepanjang penulisan skripsi ini, penulis banyak terima kontribusi dan support hingga bisa menuntaskan skripsi ini. Oleh karenanya, penulis berterima kasih sebesarnya ke:

[Daftar faksi yang sudah menolong kamu, urutkan dari yang paling berpengaruh]

Penulis mengetahui jika skripsi ini masihlah jauh dari prima karena ada kebatasan pengetahuan dan pengalaman yang dipunyai. Oleh karenanya, semua kritikan dan anjuran yang memiliki sifat membuat akan penulis terima dengan suka hati. Penulis mengharap, mudah-mudahan skripsi ini bisa berguna untuk seluruh pihak yang membutuhkan.

[tempat, tanggal pembikinan skripsi]

Penulis

5. Contoh Kata Pengantar Kreasi Ilmiah

Kata Pengantar

Puji sukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena karunia dan hidayah-Nya hingga kami dapat menuntaskan kreasi ilmiah yang dengan judul “[judul kreasi ilmiah]”.

Tak lupa kami berterima kasih ke [bapak/ibu] [guru/dosen] yang sudah menolong kami dalam kerjakan kreasi ilmiah ini. Kami berterima kasih ke rekan-rekan yang sudah memberikan kontributor baik langsung atau tidak langsung dalam pembikinan kreasi ilmiah ini.

[Uraian singkat mengenai kreasi ilmiahmu]

Kami sebagai penulis mengaku jika ada beberapa kelemahan dari kreasi ilmiah ini. Oleh karenanya, kritikan dan anjuran dari semua pihak selalu kami harap untuk kesempurnaan kreasi kami. Mudah-mudahan kreasi ilmiah ini bisa bawa pengetahuan dan pengetahuan untuk kita semuanya mengenai [topik kreasi ilmiah].

[tempat, tanggal pembikinan kreasi ilmiah]

Penulis

Langkah Membuat Kata Pengantar

Nach, sesudah menyaksikan contoh-contoh kata pengantar di atas, pasti kamu bisa mengaitkan donk, bagaimanakah cara membuat kata pengantar untuk kreasi tulismu?

Sama seperti yang telah disebut awalnya, kata pengantar mempunyai 3 sisi yakni pembukaan, isi, dan penutup.

Untuk membikin kata pengantar yang benar dan baik, kamu dapat lakukan beberapa hal berikut:

1. Pembukaan

Pada bagian pembukaan, kamu dapat tuliskan perkataan rasa sukur atas tersudahinya karya tulis yang kamu bikin entahlah itu sebagai penulis pribadi atau team.

Tak perlu panjang-panjang, cukup tulis di dalam 1 atau 2 paragraf pendek saja.

Sesudah perkataan rasa sukur, kamu dapat tuliskan rasa terima kasih ke beberapa orang berkaitan yang sudah menolong pengaturan kreasi itu.

Penyebutan beberapa orang itu bisa diurutkan sesuai berapa besar dampak orang itu dalam pengaturan karya tulis kamu.

2. Isi

Sesudah membuat sisi pembukaan, kamu dapat berlanjut ke sisi isi. Ini sebagai salah satunya sisi penting dalam kata pengantar, maka janganlah sampai terlewati.

Dalam sisi ini, dapat kamu isi mengenai gambaran singkat mengenai karyamu. Kamu dapat mengawalinya dari mengatakan judul, selanjutnya beri sedikit rincian mengenai kreasi itu.

Dalam memberinya rincian sedapat mungkin tidak boleh terlampau panjang, cukup beri gambaran singkat karyamu dengan singkat, terang, dan padat.

Jika dapat, kamu harus juga membuat rincian itu memancing ketertarikan pembaca hingga beberapa pembaca akan semakin ingin tahu dan berminat untuk membaca kreasi itu sampai akhir.

3. Penutup

Pada bagian ini, kamu dapat mengisinya dengan permintaan maaf dan keinginan nantinya.

Buat apa menulis permintaan maaf?

Dalam penulisan sebuah karya tulis, tentu penulis sebagai manusia dapat lakukan satu atau beberapa kekeliruan.

Oleh karenanya, jika beberapa pembaca mendapati kekeliruan itu di masa datang, penulis telah memberinya permintaan maaf atas kekeliruan itu.

Sesudah permintaan maaf, kamu bisa menambah keinginan kamu pada karya tulis atau makalah itu nantinya.

Janganlah lupa untuk tuliskan tempat dan tanggal penulisan dan nama penulis/team penyusun pada bagian akhir kata pengantar.

Ringkasan

Sama sesuai definisinya, kata pengantar dipakai untuk mengantar pembaca karyamu untuk pahami seperti apakah kamu menulis kreasi itu.

Dengan ketahui beragam contoh kata pengantar di atas, diharap kamu dapat membuat kata pengantar yang benar dan baik untuk karya tulis yang kamu bikin.

Bila info ini berguna, kamu dapat membagikan ke rekan-rekan kamu atau media sosial supaya seseorang bisa juga membuat kata pengantar yang pas untuk kreasi mereka. Konsultasi seputar publikasi jurnal penelitian? kunjungi kami di Rifainstitute. Artikel serupa lainnya Langkah Menulis

 

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?