Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Cepat Mana? - RIFA'WEB

Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Cepat Mana?

penelitian kualitatif dan kuantitatif

Penelitian kualitatif dan kuantitatif menurut Kamu penelitian yang mana yang cepat selesai? diartikel kali ini kita akan membahas “apakah jenis penelitian menjadi salah satu pengaruh cepat-lambatnya penelitian?” silahkan dibaca yaa…

Penelitian kualitatif dan kuantitatif memiliki karakteristik yang berbeda, cara penanganannya pun juga berbeda, sebenarnya tidak ada kaitan pemilihan jenis penelitian dengan cepat atau lambatnya penelitian, semuanya tergantung dari peneliti itu sendiri.

Yang jadi masalah adalah ketika tidak bisa merencanakan waktu penelitian dengan baik. Perlu diketahui bahwa ada perbedaan perlakuan ketika memutuskan melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif maksudnya adalah andaikan nih kita punya waktu enam bulan untuk melakukan penelitian.

Pembagian waktu enam bulan ini berbeda untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian kuantitatif instrumen memegang peranan utama, instrumen ini harus selesai dan di uji coba sebelum benar-benar melakukan penelitian.

Waktu untuk pembuatan instrumen bisa mencapai dua sampai empat bulan ini pun tergantung baru bisa diambil data dilapangan, sisa waktunya adalah untuk analisis data karena pada kuantitatif proses analisis data lebih cepat dari pada penelitian kualitatif.

Disisi lain penelitian kualitatif tidak membutuhkan instrumen yang sempurna dan tidak perlu diujicoba karena instrumennya adalah peneliti itu sendiri. Instrumen bisa dikembangkan bahkan saat terjun dilapangan berlangsung artinya teman-teman bisa langsung ke lapangan setelah merumuskan masalah penelitian.

Berapa lama harus di lapangan untuk mengambil data?

Nah kalau ini waktu untuk di lapangan tergantung dari kedalaman topik yang diinginkan peneliti. Jika topiknya dalam maka harus menggali informasi lebih yang tentu membutuhkan waktu lebih lama dari pada topik yang sederhana.

Yang jadi masalah adalah terkadang peneliti terlalu asyik mengambil data dilapangan sehingga melebar dari topik yang awal dan menghabiskan waktu, dalam hal ini peneliti harus memiliki rem atau batasan agar penelitian tidak melebar.

Walaupun peneliti bisa langsung kelapangan dan mengambil data tetapi perlu dicatat bahwa waktu untuk analisis data pada kualitatif jauh lebih lama dari kuantitatif, jadi usahakan untuk tidak mengambil data terlalu lama dan sisakan waktu yang cukup untuk analisis data.

Dari faktor ini teman-teman bisa menilai time line untuk penelitian, jika rencana waktu uji kelapangan masih lama maka penelitian kuantitatif tepat untuk dilakukan, akan tetapi jika waktu ke lapangan harus dilaksanakan sesegera mungkin misalkan karena faktor kurikulum atau izin atau topiknya sedang lagi trend saat ini sehingga perlu dilakukan segera maka penelitian kualitatif bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pertimbangan yang kedua yaitu dengan melihat kesiapan diri diawal.

Pada penelitian kuantitatif persiapan awal sangat penting tidak hanya instrumen akan tetapi kajian teori juga, karena penyusunan hipotesis bergantung dari kajian teori, jadi dalam hal ini peneliti dituntut untuk membaca, menganalisis artikel penelitian dan teori terkait sebelum terjun ke lapangan.

Sebaliknya pada penelitian kualitatif peneliti tidak diharuskan untuk memperkaya teori di awal peneliti bisa melakukan kajian teori pada saat akhir penelitian atau analisis data. Bahkan pada penelitian kualitatif kita bisa menciptakan teori itu sendiri.

Nah dari sini teman-teman bisa evaluasi diri sendiri nih apakah memilih untuk membaca atau analisis teori diawal atau diakhir. Analisis data pada kuantitatif bisa mempergunakan bantuan SPSS dalam hal ini peneliti tinggal input data dan menginterpretasikan.

Akan tetapi apabila peneliti tidak tahu bagaimana cara menganalisis data maka proses SPSS yang seharusnya mempercepat dan mempermudah justru bisa menjadi faktor penghambat penyusunan tugas akhir.

Sedangkan pada penelitian kualitatif analisis data dilakukan secara manual walaupun sebenarnya ada software analisis kualitatif akan tetapi mayoritas berbayar dan perlu keahlian tersendiri untuk mengoperasikannya yang tentunya juga butuh waktu karena data yang diolah bukan data angka maka proses analisisnya bergantung dari peneliti itu sendiri, sehingga kemandirian peneliti sangat dituntut.

Faktor-faktor tadi adalah beberapa pertimbangan dalam melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Ketika kita mengetahui karakteristik dari masing-masing jenis penelitian, maka kita bisa lebih jelas dalam merancang waktu penelitian untuk masing-masing jenis penelitian.

Ketika rancangan waktunya tepat jelas selesai tepat waktu pun bisa dilakukan baik dengan penelitian kualitatif maupun kuantitatif sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat dan selamat meneliti.

Bila info ini berguna, kamu dapat membagikan ke rekan-rekan kamu atau media sosial supaya yang lainnya bisa mengetahui informasi ini yaa… Konsultasi seputar publikasi jurnal penelitian? kunjungi kami di Rifainstitute.

Bagikan ke teman Anda!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?