Cara Membuat Footnote Dari Jurnal

Catatan Kaki/ Footnote

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat footnote dari jurnal. Untuk itu simak pembahasannya dibawah ini.

Footnote atau catatan kaki biasanya digunakan untuk buku-buku yang banyak referensinya. Penggunaan footnote itu enak, kamu tidak perlu merujuk pada sumber terlebih dahulu saat menulis ataupun memberikannya sitasi.

Cukup kasih tanda angka yang berpangkat pada ujung kalimat dan cantumkan sumbernya pada bagian bawah.

Pengertian Footnote

ghoorib.com

Footnote (catatan kaki) adalah daftar keterangan khusus yang berada pada bagian bawah, biasanya pada setiap lembar atau pada akhir bab keterangan artikel ilmiah.

Gunanya untuk memberikan keterangan serta komentar, footnote juga fungsinya sebagai sarana menerangkan sumber kutipan atau sebagai pedoman dalam penulisan daftar bacaan.

Jadi footnote yaitu sebagai keterangan yang menjelaskan terkait dengan sumber kutipan yang diambil.

Dengan memberikan sumber kutipan bisa menjelaskan kepada pembaca mengenai detail informasi atau pedoman bagi pembaca terkait informasi lanjutan dari kutipan.

Fungsi Footnote

Berikut ini merupakan beberapa fungsi footnote yang sangat diperlukan dalam penulisan kutipan, diantaranya:

  • Menjadi bukti, dengan adanya footnote pada kutipan dari pernyataan maupun data yang dilampirkan, maka akan memberikan penjelasan kepada pembaca terkait karya tulis tersebut.
  • Sebagai informasi lengkap, para pembaca bisa mencari informasi yang lebih luas dari yang dibahas maupun yang lebih terperinci terkait dengan bahasan tersebut.
  • Untuk memperluas pembahasan, dengan mencantumkan footnote pada pembahasan yang kamu kutip akan memperluas pembahasan yang bisa pembaca pelajari.
  • Keterangan dan pentunjuk, untuk memberikan lampiran terkait dengan pernyataan, data ataupun fakta-fakta tertentu, sehingga pembaca bisa mempelajari terkait dengan persoalan, halaman, sub-bab dari artikel tersebut.

Tujuan Membuat Footnote

Tujuan penulisan footnote ini untuk menyusun pembuktian, menyampaikan keterangan tambahan, memperkuat uraian (intisasi, keterangan insidental materi penjelas yang kurang penting, perbaikan dan pandangan yang bertentangan) dan merujuk bagian lain teks (uraian pada halaman lain, sebelum atau sesudahnya).

Unsur-Unsur Footnote

kendala jurnal internasional

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai cara membuat footnote, alangkah baiknya kamu mecari tahu terlebih dahulu unsur apa saja yang harus ada dalam footnote untuk jurnal.

  1. Nama pengarang, pada footnote jurnal, penulisan di footnote nama pengarang ditulis seperti biasa saja sesuai dengan nama aslinya (tidak dibolak-balik). (Beri Tanda Koma)
  2. Judul artikel dari jurnal yang dipakai, judul artikel harus ditulis biasa, diapit dengan tanda kutip. (Beri Tanda Koma)
  3. Nama jurnal, artikel ilmiah yang kamu ambil tentu ada nama jurnalnya, itu dicantumkan, judul jurnal ditulis miring atau italic. (Beri Tanda Koma)
  4. Volume dan nomor jurnal, ditulis dengan menggunakan angka arab (0,1, 2, 3, 4, 5…) bukan angka romawi yaa, anda bisa tulis lengkap jika ada volume dan nomor jurnalnya, jika tidak ada cukup nomor atau volumenya saja.
  5. Bulan dan tahun penerbitan, beri tanda kurung terbuka dan tulis bulan terbit (jika ada) kemudian koma dan tulis tahunnya, lalu kasih tutup kurung. (Beri Tanda Koma)
  6. Nomor Halaman, setelah tutup kurung dan beri tanda koma, spasi dan tulis nomor halaman artikel ilmiah tersebut.
  7. Tanda titik, tanda titik di akhir penulisan footnote untuk jurnal, karena ini juga bagian penting.

Cara Membuat Footnote Dari Jurnal

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat footnote dari jurnal, diantaranya:

  1. Selesaikan tulisan, biasanya footnote dicantumkan setelah satu gagasan dari sumber selesai ditulis.
  2. Beri angka arab pangkat atas, jika sudah, kasih angka arab (1, 2, 3, 4,…) tepat setelah titik dari kalimat yang kamu tuliskan.
  3. Kasih 7 ketukan saat ingin menulis footnote, nomor tersebut harus menjorok ke dalam sebanyak 7 ketukan spasi, ketentuan ini juga opsional tergantung panduan penulisan dari kampus atau instansi anda.
  4. Tulis footnote sesuai unsur, ikuti unsur-unsur yang tadi sudah dibahas sebelumnya.
  5. Jarak antar nomor 1 spasi, jika ingin mengatur spasi di bagian footnote tersebut, kasih jarak satu spasi.

Contoh dan Cara Penulisan Footnote

1. Contoh Footnote dari Jurnal

1 Cynthia P. Schneider. “The Unrealized Potential of Cultural Diplomacy: Best Practice and What it could be, If Only…” The Journal of Arts Management, Law, and Society. Vol, 39 No,4 (2009). 269.

2 Geun Lee dan Kadir Ayhan. “Why Do We Need Non-State Actors in Public Diplomacy?: Theoretical Discussion of Relational, Networked and Collaborative Public Diplomacy”. Journal of International and Area Studies. Vol, 22 No, 1. (2015). 59.

2. Contoh Footnote dari Skripsi

1 Jessica Julia McGill Peters. American Cinema as Cultural Diplomacy: Seeking International Understanding One Film at a Time. (Doctoral Dissertation. University of California. Los Angeles. 2015). 25.

2 Muryid Rahman, Skripsi: “Perkembangan Struktur Ekonomi Menengah Kebawah Setelah Mempelajari Kecakapan Teknologi Informasi” (Yogyakarta: UGM, 2005). 85.

3. Contoh Footnote dari Buku

1 Sukawarsini Djelantik. Diplomasi antara Teori dan Praktik. (Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012). 4.

2 Nicholas J. Cull. Public Diplomacy: Lessons from the Past. (Los Angeles: Figueroa Press 2009). 18.

4. Contoh Footnote dari Internet

1 UN Secretary General Report. Agenda for Peace. Dokumen PBB. 17 Juni 1992. http://www.un-documents.net/a47-277.htm (diakses tanggal 28 Juni 2019)

Akhir Kata

Nah mungkin cukup sekian pembahasan mengenai cara membuat footnote dari jurnal, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar jurnal bisa hubungi kami disini.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?