Cara Membuat Jurnal Dari Skripsi

Bagi para mahasiswa tingkat akhir yang akan mendaftar sidang skripsi, tentu akan dihadapkan dengan persyaratan untuk membuat artikel jurnal ilmiah.

Tidak jarang dari teman-teman mahasiswa menghadapi kendala atau kesulitan ketika harus mengubah skripsi menjadi artikel jurnal ilmiah.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat artikel jurnal ilmiah dengan menggunakan skripsi.

Cara Membuat Jurnal Dari Skripsi

cara membuat jurnal dari skripsi

Nah berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa kamu terapkan ketika kamu ingin membuat jurnal dari skripsi, diantaranya:

1. Membuat Judul Jurnal Dari Skripsi

Judul isi harus diubah atau di parafrase, sehingga menjadi lebih pendek dan lebih menarik perhatian pembaca.

Panjang judul artikel ilmiah umumnya tidak lebih dari 14 kata. anda bisa memperpendek judul dengan cara mengurangi info detail seperti nama institusi, waktu, nama tempat dll.

2. Abstrak

Sama halnya dengan judul, abstrak artikel jurnal ilmiah juga lebih pendek daripada abstrak skripsi. Umumnya abstrak artikel jurnal ilmiah terdiri dari 150-200 kata dan hanya satu paragraf saja.

Isi abstrak artikel jurnal ilmiah terdiri dari 4 komponen yakni utama masalah, tujuan metode dan hasil penelitian.

Anda hanya perlu memadatkan bahasa abstrak skripsi agar bisa menjadi abstrak artikel jurnal ilmiah.

Jadi anda tidak bisa sekedar mengcopy paste abstrak, namun perlu menuliskan data 4 komponen tersebut dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas.

3. Pendahuluan

Ada beberapa hal yang perlu anda tulis untuk pendahuluan artikel jurnal ilmiah, yakni masalah yang akan dibahas, penelitian terdahulu, perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian anda dan tujuan serta manfaat penelitian.

Bagian masalah yang akan dibahas memuat paling banyak tiga paragraf. anda bisa merangkum latar belakang atau konteks penelitian di skripsi anda secara to the point.

kemudian munculkan data atau pendapat ahli yang berhubungan dengan masalah tersebut. Jangan lupa anda juga harus menyertakan referensi.

Sedangkan untuk penelitian terdahulu, anda bisa mengambil dari jurnal nasional ataupun internasional terakreditasi dan terbaru yang terkait dengan artikel jurnal ilmiah yang sedang ditulis oleh anda.

Hal yang harus diingat yaitu selalu menulis dengan singkat, tidak perlu menulis semua hasil penelitian yang ada di jurnal-jurnal yang anda temukan.

Anda hanya perlu membandingkan artikel terdahulu dengan artikel yang sedang ditulis, anda cukup menulis satu paragraf saja untuk bagian penelitian terdahulu ini.

Kemudian yaitu menulis perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian anda. Bagian ini cukup mudah apabila anda sudah menyelesaikan bagian sebelumnya (penelitian terdahulu).

Karena disini anda hanya perlu menegaskan bahwa penelitian anda ini berbeda dengan penelitian terdahulu, atau melengkapi kekurangan penelitian terdahulu, dan kemudian sebutkan apa perbedaannya dan apa kekurangan yang dilengkapi.

Untuk bagian tujuan dan manfaat penelitian, anda bisa ambil dari tujuan serta manfaat yang ada di skripsi, lalu ditulis lagi secara lebih ringkas. Pada bagian ini bisa ditulis dalam satu paragraf.

4. Metode

Metode penelitian dalam artikel jurnal ilmiah tentunya sama dengan metode penelitian dalam skripsi.

Bedanya, anda harus meringkas penulisan metode tersebut dan tidak harus menyampaikan definisi ataupun referensi.

Anda bisa melihat metode dalam skripsi, kemudian cukup sampaikan metode apa yang anda pakai, entah itu kualitatif, kuantitatif atau studi pustaka.

Kemudian untuk mempersingkat penulisan anda bisa langsung sampaikan subjek penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data.

5. Hasil dan Pembahasan

Adapun hal yang perlu anda tulis di hasil dan pembahasan yaitu deskripsi hasil temuan penelitian, interpretasi dan diskusi atau dialog teori, atau hasil-hasil penelitian terdahulu (semua itu ada di dalam hasil dan pembahasan skripsi anda).

Anda silahkan menulis kembali temuan penelitian dalam skripsi, namun secara langsung intinya saja tidak perlu pemaparan panjang lebar.

Anda akan menuliskan temuan penelitian dalam subjudul. Subjudul ini jumlahnya akan sesuai dengan jumlah fokus penelitian dalam skripsi anda.

6. Kesimpulan

menulis kesimpulan yang berisi fokus penelitian. Silahkan anda lihat kembali fokus penelitian yang sudah anda tulis di bagian hasil dan pembahasan, kemudian sampaikan kembali, namun dalam satu paragraf saja.

Jika anda diminta untuk menulis saran,  anda bisa ambil saran dari skripsi lalu tulis kembali di artikel secara lebih ringkas dan jangan ditulis poin per poin.

7. Daftar Pustaka

Pastikan untuk menulis semua yang dijadikan kutipan dalam artikel jurnal ilmiah ke dalam daftar pustaka ini.

Anda juga perlu berhati-hati untuk memastikan jangan sampai ada daftar pustaka yang ternyata tidak dijadikan kutipan dalam artikel jurnal ilmiah anda.

Silahkan anda lihat ketentuan penulisan artikel jurnal ilmiah untuk bisa tahu berapa jumlah minimal artikel yang perlu anda muat di dalam daftar pustaka dan kapan artikel tersebut diterbitkan.

Akhir Kata

Nah itu tadi langkah-langkah untuk membuat artikel jurnal ilmaih dengan menggunakan skripsi, cukup mudah bukan? Semoga bisa bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan seputar jurnal bisa hubungi kami disini.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?