Cara Memilih Publikasi Jurnal

Pada artikel kali ini , akan membahas beberapa cara dan tips untuk memilih publikasi jurnal yang tepat, cepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Para penerbit haruslah waspada ketika hendak menerbitkan jurnal anda ke penerbitan jurnal. Karena saat ini masih banyak penerbitan jurnal palsu yang hanya ingin menjiplak ide penelitian anda.

Dengan meningkatnya popularitas akses terbuka telah memudahkan individu untuk membuat jurnal palsu.

Biasanya mereka menjamin publikasi tetapi mengenakan biaya pemrosesan artikel yang mahal. dengan lonjakan jurnal akses terbuka, baru-baru ini menjadi sulit untuk mencari jurnal dan mengukur keaslian penerbitnya.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengirim Artikel Ke Penerbit Jurnal

cara memilih publikasi jurnal

1. Penerbit harus memberikan informasi kontak lengkap termasuk alamat dan situs jurnal

Hal pertama yaitu jika situs jurnal hanya menanpilkan formulir kontak web dan tidak ada alamat yang tidak bisa diverifikasi, jurnal ini mungkin tidak dapat dipercaya.

2. Dewan editorial jurnal harus terdiri dari para ahli yang diakui dengan afiliasi

Anda bisa menghubungi beberapa dari mereka yang menanyakan mengenai pengalaman mereka dengan jurnal atau penerbit.

3. Jurnal harus menampilkan biaya penulis

Ada sebuah kasus dimana penulis tidak mengetahui biaya publikasi pada saat penyerahan dan kemudian diminta untuk membayar biaya yang besar pada saat publikasi.

4. Perhatikan kualitas artikel yang dimuat jurnal

Sebelum anda mengirimkan artikel ke penerbit sebaiknya periksa beberapa artikel dan ukur kualitasnya juga. Anda juga bisa menghubungi penulis sebelumnya dan bertanya mengenai pengalaman mereka.

5. Jurnal harus dengan jelas menampilkan proses peer-reviewnya

Ada beberapa penulis mengeluh di masa lalu bahwa meskipun artikel mereka diterima untuk publikasi, komentar pengulas tidak pernah dikirimkan kepada mereka.

Dalam kasus seperti ini, kemungkinan besar naskah tersebut tidak pernah ditinjau oleh rekan sejawat, sehingga mengurangi kredibilitas jurnal tersebut.

6. Jurnal tersebut harus terindeks atau anggota asosiasi penerbit terkemuka

Jurnal yang paling bisa diandalkan akan terdaftar dalam database seperti Directory of Open Access Journals (www.doaj.org) atau Open Accesss Scholarly Publisher Association (www.oaspa.org).

Menerbitkan dalam jurnal akses terbuka pasti mempunyai beberapa manfaat utama yang memastikan publikasi lebih cepat dan aksebilitas penelitian anda jauh lebih mudah.

Pada saat yang sama, sangat penting untuk memeriksa keandalan jurnal-jurnal ini sebelum anda mengirimkan karya anda yang berharga untuk dipublikasikan.

Pernahkan anda atau siapapun orang yang anda kenal menemukan jurnal semacam itu yang lalu diidentifikasi sebagai tidak bisa diandalkan atau palsu.

7. Menerima undangan email untuk menyerahkan jurnal

Seringkali jurnal palsu mendapatkan alamat email peneliti dari sumber web dan mengirimkan undangan email untuk mengirimkan artikel mereka.

Kecuali anda bisa memverifikasi keaslian undangan ini, undangan tersebut harus diabaikan.

Akhir Kata

Mungkin segitu saja penjelasan yang bisa saya sampaikan mengenai cara memilih publikasi jurnal. Semoga bisa bermanfaat.

Nah jika anda masih bingung atau masih ragu untuk menerbitkan jurnal kemana, anda bisa klik disini untuk mendapatkan daftar penerbit jurnal yang terpercaya.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?