Cara Mempublikasikan Penelitian

Publikasi Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara mempublikasikan penelitian. Untuk itu simak pembahasannya disini.

Menerbitkan penelitian merupakan langkah penting dalam karir akademis. Walaupun tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua.

Panduan ini dirancang untuk membawa anda mengenai langkah-langkah umum cara publikasi jurnal dalam menerbitkan makalah penelitian.

Temukan cara menerbitkan makalah anda, mulai dari memilih jurnal yang tepat dan memahami apa itu artikel yang diulas sejawat, hingga menanggapi pengulas serta menavigasi proses produksi.

Cara umum dalam mempublikasikan jurnal penelitian. Temukan cara menerbitkan makalah anda, mulai dari memilih jurnal yang tepat dan memahami apa itu artikel yang diulas sejawat, hingga menanggapi pengulas dan menavigasi proses produksi.

Memilih jurnal mana yang akan diterbitkan makalah penelitian anda merupakan salah satu keputusan paling penting yang harus dibuat sebagai penelitian.

Dimana anda memutuskan untuk mengirimkan pekerjaan anda bisa membuat perbedaan besar pada jangkauan serta dampak penelitian anda.

Penting sekali untuk meluangkan waktu anda untuk mempertimbangkan pilihan anda dengan hati-hati dan menganalisis setiap aspek pengiriman jurnal mulai dari memilih judul hingga cara publikasi jurnal anda.

Serta jangan lupa untuk memikirkan opsi penerbitan di luar format jurnal tradisional contohnya seperti platform penelitian terbuka yang menawarkan publikasi cepat dan terbuka untuk berbagai keilmuan.

Panduan Cara Publikasi Jurnal Dari Hasil Penelitian

cara mempublikasikan penelitian

Nah berikut ini merupakan panduan cara mempublikasikan penelitian yang bisa anda ketahui.

Memilih Jurnal yang Akan Dipublikasikan

Tahap pertama dalam menerbitkan makalah penelitan harus memilih jurnal yang ingin anda publikasikan.

Memilih target jurnal anda sebelum mulai menulis berarti anda bisa menyesuaikan pekerjaan anda untuk membangun penelitian yang sudah diterbitkan di jurnal itu.

Hal tersebut bisa membantu editor untuk melihat bagaimana sebuah jurnal menambah “percakapan” dalam jurnal mereka.

Selain itu, banyak jurnal hanya menerima format artikel tertentu serta mungkin mempunyai batasan kata dan batasan lainnya.

Jadi dengan memilih jurnal sebelum anda mulai, anda bisa menulis artikel anda sesuai dengan spesifikasi serta audiens mereka dan akhirnya meningkatkan peluang anda untuk diterima.

Cara Memilih Jurnal Untuk Dipublikasikan

Memilih jurnal mana yang akan dipublikasikan penelitian anda bisa terlihat seperti tugas yang berat. Jadi, untuk semua detail mengenai cara menavigasi langkah penting ini dalam menerbitkan makalah penelitian anda.

Ini akan membawa anda melalui proses seleksi, mulai dari memahami tujuan dan ruang lingkup jurnal yang ada minati hingga memastikan anda memilih jurnal yang bisa dipercaya.

Menulis Makalah

cara mempublikasikan penelitian

Menulis makalah penelitian yang efektif dan menarik sangatlah penting untuk mempublikasikan penelitian anda.

Namun jika anda baru dalam menyusun makalah akademis, mungkin akan terasa menakutkan untuk memulai dari awal.

Kabar baiknya yaitu jika anda sudah memilih jurnal yang ingin anda publikasikan, anda akan mempunyai banyak contoh yang sudah diterbitkan di jurnal itu untuk mendasari makalah anda sendiri.

Kami sudah mengumpulkan saran tentang setiap aspek penulisan makalah anda, untuk memastikan anda memulia dengan awal yang baik.

Cara Menulis Jurnal

Bagaimana menulis jurnal tergantung pada jurnal pilihan anda, bidang subjek anda serta jenis makalah yang anda tulis.

Sesuatu mulai dari gaya dan struktur yang anda pilih hingga audiens yang harus ditulis akan berbeda, jadi penting untuk segala hal sebelum terjebak.

Panduan penulisan makalah  akan membawa anda melalui semua yang perlu diketahui untuk menyusun artikel penelitian anda serta mempersiapkannya untuk diserahkan.

Ini termasuk mengenal jurnal target anda, memahami audiens, bagaimana memilih kata kunci yang tepat dan cara yang tepat untuk menyusun naskah.

Anda juga harus memastikan bahwa anda mengetahui semua kebijakan editorial untuk jurnal yang anda rencanakan untuk dikirim.

Membuat Kiriman

cara membuat jurnal dari skripsi

Setelah anda memilih jurnal yang tepat dan menulis manuskrip, langkah berikutnya dalam menerbitkan makalah penelitian yaitu membuat kiriman.

Setiap jurnal akan mempunyai persyaratan pengiriman khusus, jadi pastikan anda mengunjungi Taylor & Francis Online dengan cermat memeriksa instruksi untuk penulis dan juga untuk jurnal pilihan anda.

Cara Mengirimkan Naskah

Untuk mengirimkan naskah, anda harus memastikan bahwa anda sudah melalui semua langkah dalam membuat panduan pengiriman.

Ini termasuk memahami secara menyeluruh instruksi jurnal pilihan anda untuk penulis, menulis surat pengantar yang efektif, menavigasi sistem pengiriman jurnal serta memastikan data penelitian anda disiapkan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memastikan bahwa anda sudah membahas semuanya sebelum menekan “kirim”, anda juga bisa melihat daftar periksa “siap kirim” kami, dan jangan lupa, anda hanya boleh mengirimkan ke satu jurnal dalam satu waktu.

Menavigasi Proses Peer Review

kendala jurnal internasional

Setelah anda mengirimkan naskah, anda harus memahami salah satu bagian terpenting dari penerbitan makalah penelitian anda, proses peer review.

Pengertian Peer Review

Peer review adalah penilaian independen artikel penelitian oleh para ahli independen di bidang anda.

Reviewer, juga kadang-kadang disebut ‘referees’, diminta untuk menilai validitas, signifikansi, dan orisinalitas karya anda.

Proses ini memastikan bahwa artikel peer-review sudah melewati proses yang ketat untuk memastikan metodologi yang baik.

Karya bisa direplikasi dan sesuai dengan tujuan serta ruang lingkup jurnal yang sedang mempertimbangkan untuk diterbitkan. Ini bertindak sebagai bentuk penting dari kontrol kualitas untuk makalah penelitian.

Tinjauan sejawat juga merupakan sumber umpan balik yang sangat berguna, membantu anda memperbaiki makalah anda sebelum diterbitkan.

Ini dimaksudkan untuk menjadi proses kolaboratif, dimana penulis terlibat dalam dialog dengan rekan-rekan mereka dan menerima umpan balik serta dukungan yang konstruktif untuk memajukan pekerjaan mereka.

Hampir semua artikel penelitian melalui tinjauan sejawat, walaupun dalam beberapa kasus jurnal bisa menjalankan tinjauan sejawat pasca-publikasi, yang berarti bahwa tinjauan serta komentar pembaca diundang setelah makalah diterbitan.

Proses Produksi

Jika makalah anda diterima untuk publikasi, maka akan masuk ke produksi. Pada tahap proses ini, makalah akan disiapkan untuk diterbitkan di jurnal pilihan anda.

Banyak pekerjaan untuk menghasilkan versi final makalah anda akan dilakukan oleh tim produksi jurnal, namun masukan anda akan diperlukan pada berbagai proses proses.

Hal yang Harus Dilakukan Selama Produksi

Selama produksi, anda akan mempunyai berbagai macam tugas untuk diselesaikan serta keputusan untuk dibuat.

Contohnya, anda harus memeriksa serta mengoreksi bukti artikel anda serta mempertimbangkan apakah anda ingin membuat abstrak video untuk menyertainya atau tidak.

Lihatlah panduan kami untuk proses produksi untuk mengetahui apa yang perlu anda lakukan dalam langkah terakhir ini supaya penelitian anda dipublikasikan.

Penelitian Anda Diterbitkan

syarat publikasi jurnal

Nah sekarang penelitian anda sudah diterbitkan dalam jurnal untuk dilihat dunia, anda harus tahu cara mengakses artikel dan memastikannya berdampak.

Dibawah ini anda akan menemukan kiat-kiat bermanfaat serta dukungan pasca-publikasi. Dari cara mengomunikasikan penelitian anda hingga cara meminta koreksi atau terjemahan.

Cara Mengakses Artikel yang Diterbitkan

Saat menerbitkan dengan Taylor & Francis, anda akan mempunyai akses ke bagian baru di Taylor & Francis online yang disebut dengan Authored Works.

Ini akan memberi dan semua penulis lain yang disebutkan namanya akses terus-menerus ke artikel anda, terlepas dari apakah anda berlangganan jurnal tempat anda menerbitkan atau tidak.

Cara Memastikan Penelitian Anda Berdampak

Meluangkan waktu untuk memastikan penelitian anda mempunyai dampak bisa membantu mendorong kemajuan karir anda.

Membangun jaringan dan mengamankan pendanaan untuk penelitian baru. Jadi, layak untuk berinvestasi.

Menciptakan dampak nyata dengan pekerjaan anda bisa menjadi tugas yang menantang serta memakan waktu, yang mungkin terasa sulit untuk disesuaikan dengan karir akademis yang sudah menuntut.

Untuk membantu memahami apa arti dampak bagi anda dan pekerjaan anda, lihat panduan kami untuk meneliti dampak.

Ini mencakup mengapa dampak penting, berbagai jenis dampak yang bisa anda miliki, cara mencapai dampak termasuk kiat berkomunikasi dengan berbagai audiens dan cara mengukur kesuksesan anda.

Melacak Kemajuan Artikel

Menggunakan akses karya tulis, anda akan bisa mendapatkan wawasan waktu nyata mengenai artikel anda, seperti unduhan, tampilan dan nomor kutipan.

Koreksi dan Terjemahan Artikel yang Diterbitkan

Kadang-kadang setelah sebuah artikel diterbitkan, mungkin perlu untuk membuat perubahan pada versi rekaman.

Lihatlah panduan khusus kami untuk koreksi, ekspresi, keprihatinan, pencabutan serta penghapusan untuk mengetahui lebih lanjut.

Akhir Kata

Nah mungkin cukup sekian pembahasan mengenai cara mempublikasikan penelitian. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar publikasi atau jurnal bisa klik disini.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?