Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Daftar Pustaka

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara menulis daftar pustaka dari internet. Untuk itu simak pembahasannya dibawah ini.

Kalian pasti pernah medengar kata plagiarisme, karena penulis tidak mencantumkan sumber artikelnya.

Jika anda berada di dunia akademisi, jika tidak menuliskan referensi yang baik dan benar dari makalah atau artikel online, anda bisa jatuh ke dalam situasi ini.

Kelihatannya mudah, tetapi masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk mencapai cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dari internet.

Tanda baca serta urutan saat menulis yaitu bagian tersulit, itu sebabnya orang terlalu malas untuk melakukannya.

Pengertian Daftar Pustaka

Saat menulis karya ilmiah, anda harus menuliskan sumber penelitian dengan benar, karena menyusun daftar pustaka dari majalah, internet dan sumber lainnya menjadi sangat penting.

Daftar pustaka adalah daftar yang berisi artikel internet, jurnal atau sumber lain yang ada dalam penelitian pribadi.

Ternyata daftar pustaka mempunyai beberapa nama seperti referensi, link atau sumber pustaka. Daftar pustaka ini biasanya terletak pada halaman terakhir sebuah artikel ilmiah.

Ada banyak kegunaan penulisan daftar pustaka dalam penulisan ilmiah, contohnya seperti menunjukkan bahwa datanya sudah benar,  memenuhi etika penulisan karya ilmiah dan untuk mengucapkan terimakasih kepada penulis serta mendukung ide-ide penulis.

Bagian Daftar Pustaka Dari Internet

Sekarang ini, artikel internet bisa digunakan sebagai referensi untuk menulis penelitian makalah dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali situs web yang kredibel serta mempunyai pengetahuan khusus. Nah berikut ini merupakan uraian mengenai cara menulis daftar pustaka dari internet yang benar dan contohnya.

  • Nama, cara menulis daftar pustaka dari internet sama dengan cara penulisan nama dari sumber buku atau artikel cetak. Temukan nama penulisnya di halaman About Me atau biasanya dibagian bawah artikel.
  • Tahun penayangan, tuliskan tahun penayangan dari artikel internet tersebut.
  • Judul, judul artikel tidak ditulis secara italic, melainkan hanya diapit tanda kutip (“).
  • URL, jangan lupa untuk menyalin alamat URL dari artikel tersebut.
  • Waktu pengambilan, lampirkan waktu saat artikel web disertakan sepenuhnya, yakni tanggal dan waktu anda mengunduh atau merujuk.

Masalah penandaan batas dalam daftar pustaka artikel internet berbeda dengan penulisan sumber cetak.

Tanda titik(.) sebagai batasan hanya berlaku untuk nama penulis dan akhir tahun penerbitan. Jika batas waktu dari judul ke Link dan dari Link ke pengambilan data berupa (,).

Contoh Daftar Pustaka Dari Internet

yuksinau.id

Manfaat dan Tujuan Memakai Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis untuk memperkuat artikel ilmiah, dengan cara ini, ketika mengutip sebuah artikel, jangan lupa untuk menyertakan sumbernya, ini untuk menghindari plagiarisme.

Selain untuk menghindari plagiarisme, daftar pustaka ditulis untuk mengucapkan terima kasih kepada penulis yang menjadi sumber referensi penulisan artikel ilmiah.

Dengan cara ini, anda dianggap mengakui bahwa pemikiran atau kutipan yang anda tulis yaitu hasil pemikiran orang lain.

Tujuan dari pembuatan daftar pustaka yaitu untuk membantu pembaca lain menemukan informasi lebih lanjut mengenai sumber kutipan karya ilmiah.

Kesalahan Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menulis daftar pustaka dari internet, diantaranya:

  • Salah mengutip, anda mungkin sering mengutip dari berbagai sumber, tetapi anda juga lupa mencantumkan daftar pustaka dalam artikel. Sebenarnya kesalahan jenis ini bisa diminimalisir. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan format khusus dan otomatis.
  • Penggunaan singkatan yang berlebihan, Penggunaan singkatan tidak dilarang. Tetapi jika konteksnya adalah penulisan ilmiah, penulisan buku atau hasil penelitian, sebaiknya hindari penggunaan singkatan.
  • Tidak konsisten, saat menyusun daftar pustaka dari internet, sering terjadi ketidakkonsistenan antara kutipan dalam daftar pustaka.
  • Nomor halaman yang salah saat menulis, meski sepertinya biasa, cara ini juga sangatlah menyebalkan. Terutama dalam penulisan esai, kesalahan menyebar dari awal hingga akhir. Maka dari itu, jika konteksnya yaitu menulis tesis, disarankan untuk berhati-hati sejak awal supaya tidak menemukan kesalahan saat menulis daftar pustaka.
  • Saat menulis daftar pustaka, kesalahan terakhir yang sering ditemukan yaitu mencantumkan bahan referensi yang sudah terkenal, tetapi dalam uraian yang detail akan ada kesalahan dan tidak sesuai dengan yang tertera.

Tips & Trik Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Golongkan sumber atau referensi berdasarkan kategori, mulai dari referensi kategori internet, kategori jurnal, kategori jurnal online dan lain sebagainya. Dengan begitu anda pasti bisa fokus pada daftar pustaka.

Tips lainnya yaitu mengurutkan setiap sumber menurut abjad. Ini akan mempermudah anda untuk mulai menulis daftar pustaka anda.

Selanjutnya yaitu menulis sesuai aturan yang ditentukan oleh masing-masing jenis sumber yang digunakan.

Aturan Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Menurut peraturan lembaga pendidikan, ada banyak aturan bagaimana menyusun daftar pustaka dari internet.

Berikut ini merupakan aturan yang biasanya digunakan orang ketika membuat metode daftar pustaka dari internet.

  • Tulis nama penulis tanpa menggunakan judul.
  • Judul artikel harus huruf kecil, kecuali huruf pertama.
  • Jika ada lebih dari satu orang dalam teks, gunakan koma.
  • Jika dari penulis, mohon gunakan referensi yang banyak dan jangan lupa mencantumkan nama penulis sekali
  • Jarak (spasi) antara referensi (satu judul) dan referensi (judul lainnya) sama dengan jarak (spasi) makalah atau tesis (1, 5-2).

Akhir Kata

Nah mungkin segitu saja penjelasan mengenai cara menulis daftar pustaka dari internet, jika ada yang ingin ditanyakan seputar jurnal bisa hubungi kami disini.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?