Cara Publikasi Jurnal di Google Scholar

Pada artikel kali ini merupakan membahasan mengenai cara bagaimana publikasi jurnal di Google Scholar, untuk itu simak pembahasannya diartikel ini.

Harus anda ketahui terlebih dahulu bahwa semua artikel ilmiah yang sudah terindeks di Google Scholar Cendikia (Google Scholar) adalah semua artikel yang sudah ter-publish di media online nasional dan internasional.

Namun ada juga beberapa artikel yang sudah publish di media online tapi belum terindeks di Google Scholar.

Tapi tidak usah panik, alat pengindeks ini sudah menyediakan sebuah alat yang dimana bisa memasukkan artikel ilmiah milik anda yang luput dari pengawasannya. Bahkan, anda juga bisa melakukan pengeditan dan penghapusan artikel.

Sebenarnya, cara untuk publikasi jurnal di Google Scholar tidak serumit yang anda bayangkan. Hanya dengan melakukan beberapa hal saja, jurnal anda sudah bisa terindeks di Google Scholar.

Kelebihan Publikasi Jurnal di Google Scholar

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang akan anda dapatkan jika anda menggunakan Google Scholar, diantaranya:

  • Bisa mengetahui dan melihat ada berapa jumlah orang yang mensitasi artikel ilmiah anda
  • Bisa mengetahui berapa skor H-Index anda
  • Artikel yang anda miliki akan menjadi sebuah rujukan sebagai penilaian penelitian di portal penelitian Sinta
  • Bisa melihat semua informasi publikasi ilmiah milik anda yang terindeks di Google Scholar
  • Bisa mengetahui berapa skor i10-Index anda

Jenis Artikel yang Bisa Terindeks di Google Scholar

Adapun hal yang harus kalian ketahui bahwa jenis-jenis artikel yang bisa terindeks di Google Scholar ini bukan hanya artikel jurnal ilmiah saja, tetapi bisa berupa buku, tesis, book chapter, paten dan masih banyak lagi.

Nah hal yang perlu diketahui bahwa semua artikel-artikel tersebut sebenarnya akan terindeks secara otomatis di Google Scholar seiring dengan berjalannya waktu.

Dengan catatan bahwa artikel tersebut sudah publish di media online baik itu nasional maupun internasional.

Namun, karena kebutuhan yang mendesak, anda pasti menginginkan bahwa artikel ilmiah tersebut sesegera mungkin terindeks di Google Scholar.

Jika anda mengingatnya, sebenarnya anda juga sudah ditawari saat pertama kali anda membuat akun Google Scholar. “Apakah anda ingin memasukkan artikel secara otomatis atau manual”.

Jika anda memilih otomatis, maka anda akan dipermudah saat hendak memasukkan artikel ilmiah yang anda miliki.

Jadi anda tidak usah repot-repot menuliskan satu persatu artikel ilmiah terkait dengan pengarang, judul, alamat email, institusi dan lain sebagainya.

Namun ada kelemahan yang akan anda alami. Karena alat pengindeks ini hanya melihat berdasarkan nama penulis jurnal saja tanpa melihat institusi, maka terkadang artikel milik orang lain juga akan masuk di akun Google Scholar milik anda.

Keuntungan Memilih Cara Manual Saat Publikasi Jurnal di Google Scholar

Ada hal yang harus anda ketahui bahwa cara publikasi jurnal ilmiah di Google Scholar menggunakan cara otomatis memang terlihat lebih cepat.

Namun terkadang pemasukannya tidak tepat, maksudnya yaitu terkadang artikel milik orang lain bisa masuk ke dalam list jurnal di akun Google Scholar anda. Jika anda ingin menggunakan cara manual, maka anda bisa menentukan artikel mana saja yang ingin anda masukkan.

Cara Publikasi Jurnal di Google Scholar

cara publikasi jurnal di google scholar

Bagi anda yang belum tahu cara publikasi jurnal ilmiah di Google Scholar, bisa kalian lihat langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Login ke akun Google Scholar

Anda hanya bisa login di Google Scholar dengan menggunakan alamat email institusi saja. Jika anda belum mempunyai akun Google Scholar, silahkan daftar terlebih dahulu disini.

2. Klik “Tombol+”

Setelah itu, silahkan klik “tombol+” tepat dibawah poto profil. Jika sudah, maka akan muncul beberapa pilihan seperti dibawah ini:

  • 1. Tambahkan Grup Artikel
  • 2. Tambahkan Artikel
  • 3. Tambahkan Artikel Secara Manual
  • 4. Update Akun Google Scholar

3. Pilih Opsi “Tambahkan Artikel Secara Manual”

Bagi anda yang ingin menambahkan artikel yang sudah terpublish tapi belum terindeks di Google Scholar, maka pilihlah opsi “tambahkan artikel secara manual”

Namun, jika anda ingin menambahkan artikel secara otomatis, anda bisa pilih pada bagian yang kedua.

Susudah anda memilih opsi “tambahkan artikel secara manual”, maka anda akan diberi beberapa pilihan jenis artikel yang akan anda masukkan, yaitu:

  • Jurnal
  • Buku
  • Book Chapter
  • Tesis
  • Proseding Hasil Seminar (Nasional atau Internasional)
  • Paten

Silahkan pilih berdasarkan kebutuhan anda. Jika kebutuhan anda untuk publish jurnal ilmiah, maka anda tinggal menuliskan judul, pengarang, tanggal terbuat, nama jurnal, jilid, terbitan, halaman dan penerbit.

Akhir Kata

Nah mungkin cukup sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara publikasi jurnal di googl scholar. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika anda yang ingin ditanyakan mengenai publikasi jurnal bisa klik disini.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?