Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ

DOAJ

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara publikasi jurnal internasional DOAJ. Untuk itu simak pembahasannya dibawah ini.

Jurnal internasional yaitu jurnal hasil serta terbitan pada jurnal yang memenuhi persyaratan jurnal internasional serta bisa disesuaikan dengan orisinalitasnya.

Dengan begitu, jurnal internasional berbeda dengan jurnal lainnya karena mempunyai tingkat kerumitan yang lebih tinggi daripada jurnal nasional.

Salah satu jurnal internasional yang bisa dengan mudah ditembus selain Scopus yakni Directory of Open Access Journals (DOAJ).

DOAJ (Directory of Open Access Journals) adalah tempat menghimpun artikel dari jurnal yang open access dari seluruh dunia, artinya artikel-artikel di dalamnya bisa diakses secara bebas dan juga terbatas oleh pembaca, peneliti serta siapa saja yang membutuhkan.

Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ

cara publikasi jurnal internasional doaj

Sejak diberlakukannya berbagai regulasi di bidang publikasi hasil penelitian, sudah banyak sekali perubahan dalam peningkatan kinerja serta produktivitas publikasi dosen serta peneliti Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 92 Tahun 2014, yang mewajibkan akademisi yang pernah menjabat sebagai pimpinan fakultas untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional dan juga guru besar di jurnal internasional bereputasi.

Peraturan Presiden ISU No. 9 Tahun 2015 mewajibkan peneliti yang memperoleh tingkat penelitian profesor untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

Surat Edaran Dirjen Dikti No. 152/E/T/2013 27 Januari 2012 yang mewajibkan mahasiswa doktoral untuk mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional.

Berbagi regulasi tersebut (Maryono dan Surajiman, 2017) sudah berhasil mendorong kinerja publikasi yang bisa dilihat, baik publish DOAJ jurnal open access ataupun di Scimago.

Cara Mendapatkan Artikel di DOAJ

cara publikasi jurnal internasional doaj

Berikut ini merupakan cara untuk mendapatkan artikel di DOAJ (Directory of Open Access Journals), yaitu :

  1. Silahkan kunjungi situs resmi DOAJ disini doaj.org
  2. Masukkan kata kunci untuk artikel yang dicari pada kolom yang tersedia. Jika sudah menulis kata kunci kemudian pilih tittle/judul lalu klik search (warna hitam)
  3. Setelah muncul hasil pencarian, pilot artikel yang sesuai dengan tema penelitian yang akan dibuat sebagai referensi, setelah menemukan langsung klik saja. Kemudian akan ada 70 lebih artikel yang berkaitan dengan kata kunci metode belajar, lalu pilih salah satu yang paling sesuai dengan penelitian anda. Kemudian klik judulnya dan nantinya akan muncul menu seperti dibawah ini :
    • Nama jurnal, volume, nomor dan tahun terbit artikel
    • Identitas Jurnal yang diterbitkan
    • Kebijakan Jurnal dan Ketersediaan File
    • Nama dan identitas penulis
    • Kesimpulan untuk membaca, jika sesuai, lanjutkan unduh artikel
    • Klik untuk mengunduh teks lengkap artikel
  4. Setelah itu klik Read Online, anda akan dibawa ke majalah yang menerbitkan artikel
  5. Unduh artikel di jurnal yang anda terbitkan, dengan mengklik PDF di jurnal (setiap jurnal mungkin berbeda dalam menampilkan tautan unduhan PDF). Setelah anda klik tombol PDF, anda akan dibawa ke halaman download. Dihalaman ini anda bisa membaca serta mengunduh artikel ini.

Cara Publikasi Jurnal Internasional DOAJ dan Scopus

Berikut ini merupakan cara untuk publikasi jurnal internasional DOAJ dan Scopus, diantaranya :

1. Mempunyai Artikel Jurnal yang Akan Diterbitkan

Langkah pertama yaitu karangan yang didasarkan pada hasil penelitian seseorang, mempunyai standar internasional serta buku referensi yang dikenal dan mempunyai sumber referensi primer.

Tentunya bagi mereka yang berbicara bahasa Inggris atau bahasa Perserikatan Bangsa-Bangsa di hasil pencarian.

2. Artikel yang Sudah Diterjemahkan Sesuai Dengan Author Guideline

Semua jurnal internasional harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan aturan serta kebijakan berdasar PBB, salah satunya yaitu bahasa Inggris atau bahasa lain.

Serta terjemahan ini tidak hanya diterjemahkan ke dalam bahasa tujuan namun terjemahan yang disesuaikan dengan konteks ilmiah, maksud dan tujuan artikel. Kebanyakan beberapa author menggunakan jasa Proof dan translate.

3. Mempunyai Artikel yang Berkaitan Dengan Kategori Bidang Ilmu

Referensi jurnal yang terindeks tentu sangatlah penting dalam memilih artikel yang relevan, serta situs yang direkomendasikan untuk pencarian jurnal internasional diantaranya : DOAJ, Copernicus, Scopus, EBSCO, WOS Clarivate serta Proquest.

Artikel yang anda buat harus sesuai dengan format yang berlaku supaya bisa di terima atau accepted.

4. Melihat Jurnal yang Sesuai

Artikel yang disubmit disesuaikan dengan format artikel yang sudah disediakan pihak publisher, author bisa menyesuaikan dengan format yang berlaku dari penerbit jurnal internasional.

Adapun hal-hal yang perlu anda ketahui yaitu tabel, gambar, grafik dan yang lainnya untuk meningkatkan peluang artikel anda diterbitkan.

5. Cara Mengirimkan Jurnal Internasional

Saat ini banyak pengelola jurnal dengan sistem submisi yang berbeda-beda. Pilihannya yaitu jika artikel yang di submit diterima maka akan menerima surat tanda terima atau LoA, kemudian author melakukan pembayaran.

Sedangkan jika artikel ditolak, anda bisa merevisi atau pilihan lainnya yaitu memilih jurnal dengan impact factornya lebih rendah serta mengikuti prosedur yang sama.

6. Tunggu Proses Review

Artikel yang sudah diterima pihak publisher, kemudian yaitu melakukan peer review, waktu pemrosesan reviewer biasanya 1 bulan paling lambat 8 bulan.

7. Proses Revisi Artikel

Reviewer akan memberikan masukan sesuai dengan rekomendasi dari peer reviewer. Hampir 90% ulasan penulis pemula yaitu mengenai bahasa.

Lalu dalam proses penerjemahan harap profesional oleh peneliti menggunakan jasa penerjemahan.

8. Publication Fee (Administrasi Keuangan)

Mengenai masalah harga relatif tergantung pada penerbit atau publisher yang menetapkan harga, maka harganya biasanya sebanding dengan kualitas proses serta hasil dari artikel itu sendiri.

Mulai dari publication fee $30 hingga $5000. Tergantung dari Quartilenya serta publisher jurnal DOAJ.

Jika anda masih bingung bagaimana cara publish jurnal internasional seperti Copernicus, DOAJ dan juga Scopus bisa konsultasikan bersama kami untuk itu bisa hubungi kami disini.

Akhir Kata

Nah mungkin segitu saja penjelasan mengenai cara publikasi jurnal internasional DOAJ. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menjadi referensi bagi karya jurnal internasional.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?