Manfaat Publikasi

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat publikasi dan tujuannya. Untuk itu simak pembahasannya disini.

Publikasi ilmiah merupakan suatu bentuk penerbitan karya dalam bentuk dokumen ilmiah atau kedokteran, manuskrip, poster, abstrak dan lain sebagainya.

Biasanya meliputi validasi data, hasil uji klinis ataupun informasi lain yang terkait dengan produk yang berlisensi.

Adapun realisasinya sendiri yang berupa karya tulis ilmiah, buku artikel resensi, dan lain sebagainya. Publikasi ilmiah mempunyai beberapa tujuan yang akan dibahas pada artikel ini.

Nah publikasi ilmiah juga tentunya akan membawa manfaat bagi penulis sendiri, contohnya yaitu sebagai salah satu syarat untuk memasuki bidang akademik serta pembaca yang mendapatkan pengetahuan baru dari hasil penelitian/ulasan (review).

Manfaat Publikasi Hasil Penelitian

manfaat publikasi

Adapun beberapa manfaat publikasi hasil penelitian yang sudah kita buat, diantaranya:

1. Memperdalam pemahaman mengenai materi perkuliahan

Ketika menulis karya ilmiah yang sesuai dengan bidang keilmuan, kita perlu banyak membaca bahan referensi.

Referensi tersebut bisa berasal dari berbagai sumber, contohnya yaitu jurnal, buku, publikasi ilmiah, dokumen nasional, artikel online dan berita harian. Dengan banyak membaca bahan referensi, tentunya pengetahuan  kita akan bertambah.

Karena, jika tulisan ilmiah kita yakni hasil penelitian, maka kita akan mendapatkan ilmu ketika mencari data mentah di lapangan.

Mencari melalui data mentah, kita akan menambah pemahaman serta pengalaman kita di bidang sains.

2. Latihan persiapan tugas akhir

Tugas akhir merupakan syarat wajib bagi setiap mahasiswa. Walaupun tugas akhir ini menjadi hantu yang mengerikan bagi sebagian mahasiswa, karena berbagai hal.

Contohnya yaitu seperti beberapa kali revisi yang berujung pada keterlambatan kelulusan atau tidak tahu bagaimana memulai menulis skripsi.

Maka dari itu, berlatih menulis artikel ilmiah merupakan cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena ketika menulis artikel, kita akan langsung mempraktekkan metode penelitian yang dipelajari di kelas.

3. Portofolio

Ketika artikel kita sudah melewati serangkaian seleksi oleh reviewer dan editor, maka bisa dipastikan bahwa kita sudah diakui serta artikel kita ditulis sesuai dengan aturan tertentu serta memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Ketika artikel dimuat dalam jurnal, berarti artikel ilmiah yang kita tulis sudah diabadikan dalam bentuk tulisan, atau dengan kata lain kita sudah mempunyai kumpulan karya yang berkaitan dengan bidang keilmuan anda. Portofolio ini bermanfaat bagi kita yang berniat melamar pekerjaan di institusi yang kita tuju.

4. Syarat wajib untuk menjadi seorang akademisi/dosen

Bagi kita yang ingin melanjutkan karir di bidang akademik, seperti dosen atau setingkat akademik lainnya, kita harus meminta untuk mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal terakreditasi.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) umumnya mewajibkan calon dosen yang melamar untuk mempublikasikan minimal satu publikasi ilmiah pada jurnal yang terakreditasi.

5. Jalan untuk menjadi profesor

Meraih gelar profesor merupakan pencapaian tertinggi siapapun di dunia akademisi. Pasalnya, guru besar yaitu dosen tertinggi di universitas. Nama lainnya yaitu mahaguru dan guru besar.

Gelar profesor ini merupakan simbol penguasaan sejati serta kontribusi kita yang berarti pada bidang keilmuan tertentu.

Untuk memperoleh gelar tersebut, salah satu syarat utama yang harus dipenuhi yaitu mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional yang bergengsi.

Tujuan Publikasi Ilmiah

Berikut ini merupakan beberapa tujuan yang bisa kalian ketahui ketika anda mempublikasikan jurnal ilmiah anda, diantaranya:

1. Mendapat saran untuk lebih baik dalam membuat tulisan ilmiah

Jika kita tidak bisa menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya, penerbit akan memilih karya yang mereka terima.

Selain itu, mereka akan memberikan saran yang positif sehingga penulis bisa meningkatkan karyanya.

Selain itu, penerbitan karya ilmiah juga sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri penulis.

Menggunakan umpan balik atau opini yang diberikan oleh penerbit, sangat memungkinkan adanya kesalahan akan diminalkan di masa yang akan datang.

2. Memiliki jaringan yang lebih luas

Semakin banyak karya ilmiah yang diterbitkan, maka jaringan pertemanan/relasi akan semakin luas, karena pembaca yang tertarik dengan karya kita selalu ingin memahami keadaan kita sebagai penulis.

Maka dari itu, jika karya kita dibaca oleh banyak orang, baik dalam bisnis, keuangan dan lain sebagainya, pasti akan membawa keuntungan tersendiri.

Jadi jangan bosan untuk selalu berusaha membuat karya ilmiah yang terbaik supaya bisa bermanfaat bagi orang lain.

3. Ikut andil dalam menuntaskan suatu permasalahan

Seringkali masalah sosial yang muncul dalam kehidupan bisa diselesaikan dengan adanya hasil penelitian ilmiah yang sudah kita tulis.

Jika artikel tersebut dipublikasikan secara luas ke tingkat internasional, maka bisa menjadi sebuah solusi dari masalah kualitas.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai manfaat dan tujuan publikasi ilmiah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai jurnal ilmiah bisa hubungi nomor kami disini.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?