Pengertian Manajemen Pemasaran

pengertian manajemen pemasaran

Pada artikel kali ini akan membahas mengenia pengertian manajemen pemasaran. Untuk itu simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah analisis perencanaan, implementasi dan pengendalian atas program-program yang didesain untuk menciptakan, membangun dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional atau tujuan-tujuan perusahaan.

Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Menciptakan Permintaan

Yaitu menggunakan berbagai cara untuk membuat hubungan selera konsumen dan preferensi konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen tersebut.

2. Meningkatkan Keuntungan

Keuntungan yang cukup harus bisa diperoleh sebagai hasil dari penjualan barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen secara memuaskan. Jika tidak mendapatkan keuntungan, maka hl itu berdampak pada masa depan perusahaan.

3. Menciptakan Pelanggan Baru

Konsumen merupakan dasar sebuah bisnis suatu perusahaan, dari konsumen muncul pendapatan yang berdampak pada masa depan perusahaan tersebut. Eksplorasi dan identifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih luas dapat menciptakan konsumen baru.

4. Memuaskan Pelanggan

Konsumen yang puas tidak berarti hanya terhadap barang atau jasa sesuai kebutuhan, kepuasan tersebut bisa membuat mereka merekomendasikan produk yang baru saja dibeli kepada orang lain atau masyarakat luar.

5. Citra Baik

Dalam buku manajemen pemasaran yang banyak beredar, salah satu tujuan dari manajemen pemasaran adalah supaya produk yang dijual atau ditawarkan kepada masyarakat mempunyai citra yang baik.

Fungsi Manajemen Pemasaran

1. Analisis Pasar

Mengetahui peluang dan ancaman hingga kebutuhan serta keinginan dari konsumen, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses kegiatan analis pasar.

2. Segmentasi Pasar

Merupakan kegiatan membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda, dalam setiap kelompok tersebut mempunyai ciri yang nyaris sama.

3. Menetapkan Pasar

Memberi nilai keaktifan setiap bagian, lalu memilih salah satu dari bagian pasar atau lebih kepada dilayani.

4. Penempatan Pasar

Perusahaan baru harus bisa melakukan identifikasi posisi rival, sebelum menentukan tempat untuk menjalani usahanya.

Tujuan Manajemen Pasar dari Segi Jangka Waktu

1. Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek untuk perusahaan merupakan untung secepat mungkin, yang berarti bahwa bisa menutup seluruh biaya-biaya produksi yang sudah digunakan, dan jika dijumpai adanya kelebihan maka bisa disebut mendapatkan laba atau untung.

2. Jangka Menengah

Tujuan dari jangka menengah yaitu mengusahakan mencapai titik impas antara total biaya produksi dengan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi dan berusaha lebih memperbesar cakupan volume penjualan.

3. Jangka Panjang

Untuk jangka panjang perusahaan adalah mempertahankan para pelanggan setiap agar tetap loyal dengan produknya.

Misalnya dengan menerapkan produk yang inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih dan juga memberikan potongan harga khusus untuk pelanggan.

Akhir Kata

Mungkin segitu saja pembahasan mengenai pengertian manajemen pemasaran, semoga bermanfaat.

Teori Pertumbuhan Ekonomi

rifaiweb1
1 min read

Pengertian Budidaya

rifaiweb1
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?