Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai pentingnya publikasi ilmiah bagi guru. Untuk itu simak pembahasannya dibawah ini.

Di zaman modern seperti sekarang ini para guru dituntut untuk lebih profesional, lebih handal, lebih kompeten.

Itu sudah menjadi tuntutan masyarakat modern, maka wajar dan pantas bahwa sekarang ini menulis dalam bentuk publikasi ilmiah adalah sarana untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan profesi mereka lebih maju.

Publikasi ilmiah bisa dimaknai sebagai upaya untuk menyebarluaskan suatu karya pemikiran atau gagasan seseorang atau sekelompok orang dalam bentuk ulasan ilmiah dan laporan penelitian yang lebih kompleks, makalah, buku atau artikel.

Pada dasarnya publikasi ilmiah yang dilakukan oleh guru merupakan wujud profesionalisme guru.

Steven R.Covey, (BPSDM-Kemendikbud, 2012) menyebutkan bahwa kegiatan publikasi ilmiah adalah salah satu bentuk upaya untuk memperbaharui mental.

Bentuk Kegiatan Publikasi Ilmiah yang Bisa Dilakukan Guru

syarat publikasi jurnal

Kegiatan publikasi ilmiah guru semakin diperkuat dengan hadirnya Permenpan dan RB No.16 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Semula kewajiban publikasi ilmiah hanya dikenakan kepada guru yang akan naik pangkat dari golongan IV.a ke atas.

Tetapi berdasarkan Permenpan dan RB ini, kegiatan publikasi ilmiah guru harus dilakukan oleh guru yang akan naik ke golongan III.c

Merujuk pada Permenpan dan RB No.16 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, berikut ini disajikan bentuk-bentuk kegiatan publikasi ilmiah yang bisa dilakukan guru dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan:

1. Presentasi pada forum ilmiah

  • Menjadi pemrasaran/narasumber pada seminar atau lokakarya ilmiah
  • Menjadi pemrasaran/narasumber pada koloqium atau diskusi ilmiah

2. Melaksanakan publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu bidang pendidikan formal

  • Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan diedarkan secara nasional atau telah lulus dari penilaian BNSP
  • Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi.
  • Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi.
  • Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan disekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah tingkat kabupaten/kota.
  • Membuat karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diseminarkan di sekolahnya, disimpan di perpustakaan.
  • Membuat makalah berupa tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya, tidak diterbitkan, disimpan di perpustakaan.
  • Membuat tulisan ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya:
  • Membuat artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang terakreditasi
  • Membuat artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang tidak terakreditasi/tingkat provinsi.
  • Membuat artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat lokal (kabupaten/kota/sekolah/madrasah dst).

3. Melaksanakan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan pedoman guru

Membuat buku pelajaran per tingkat/buku pendidikan per judul:

  • Buku pelajaran yang lolos penilaian oleh BSNP
  • Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN
  • Buku pelajaran dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN.
  • Membuat modul/diktat pembelajaran per semester:
  • Digunakan di tingkat provinsi dengan pengesahan dari dinas pendidikan provinsi.
  • Digunakan di tingkat kota/kabupaten dengan pengesahan dari dinas pendidikan kota/kabupaten.
  • gunakan di tingkat sekolah/madrasah setempat.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai pentingnya publikasi ilmiah bagi guru. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar publikasi ilmiah bisa klik disini.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?