Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

Pasti dari kalian sering kali salah paham mengenai perbedaan artikel dan jurnal ilmaih, kedua karya tersebut mempunyai beberapa kesamaan.

Tetapi adapun perbedaan mendasar. Artikel adalah artikel yang dirancang untuk memberi pembaca informasi tentang topik yang didukung oleh fakta.

Jurnal adalah karya yang memuat artikel-artikel informatif dan akademis tentang suatu yang diterbitkan secara berkala. Jurnal ini umumnya digunakan untuk tujuan akademis.

Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

perbedaan artikel dan jurnal ilmiah

Meskipun berbeda, artikel dan jurnal ilmiah mempunyai tujuan yang sama. Tujuannya yaitu untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Bagi kalian yang ingin mengetahui perbedaan antara jurnal dan artikel ilmiah, bisa kalian baca dibawah ini.

Jenis Artikel

Dilihat dari perbedaannya, bisa dilihat dari jenis artikel yang diberikan. ada dua jenis artikel, yakni artikel penelitian dan artikel non-penelitian.

1. Artikel Penelitian

Artikel penelitian bersifat ilmiah. Maka dari itu, ketika anda menulis artikel jenis ini, anda harus secara sistematis menuliskan poin-poin penting.

Mulailah dengan menulis judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, gaya dan lain sebagainya. Artikel jenis pencarian mempunyai beberapa karakteristik.

  1. Artikel ilmiah biasanya memuat konten penting, seperti hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian dan kesimpulan.
  2. Jenis bahan ini disusun secara sistematis dalam bentuk simpul dan sub-bagian. Selain itu, artikel penelitian memuat beberapa prosedur yang harus diikuti.

 

  1. Tesis ditulis sebelum laporan teknis. Tujuannya untuk mendapatkan masukan dalam penulisan artikel.
  2. Artikel penelitian dilakukan setelah laporan teknis.
  3. Artikel berita adalah satu-satunya artikel yang dirancang untuk penelitian yang didanai sendiri, yaitu menulis artikel tanpa menggunakan sistem angka atau huruf.

2. Artikel non-penelitian

Perbedaan antara jurnal dan artikel ilmiah bisa dilihat dari kategori artikel kedua, yakni artike non-riset.

Artikel tersebut mengacu pada semua artikel ilmiah yang tidak termasuk dalam laporan penelitian. Meskipun sistemnya tidak serumit artikel penelitian, ada aturan khusus yang harus diikuti untuk artikel semacam itu.

Aturan tidak melebihi 20 halaman. Biasanya, artikel semacam itu berisi pengetahuan dasar. Misalnya, judul, nama penulis dan lain sebagainya, mirip dengan jenis artikel penelitian.

Dalam jenis artikel ini, tanda baca dan metode penulisan huruf tidak digunakan. Hal ini dikarenakan jenis artikel non-penelitian hanya memuat hal-hal yang mendasar.

Jumlah halaman hanya 10 sampai 20 halaman. Selain itu, artikel non-penelitian harus mengandung beberapa elemen kunci.

Jenis Jurnal

Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah bisa dilihat dari jenis jurnal ilmiahnya. Dalam jurnal ilmiah, anda harus memahami 3 jenis jurnal.

1. Jurnal

Salah satu jenis jurnal ilmiah yang paling banyak dijumpai yaitu jurnal populer. Majalah jenis ini memuat opini serta informasi yang bisa menghibur pembacanya.

Biasanya isi majalah bisa berupa kutipan, iklan, ilustrasi dan daftar pustaka. Selain itu, majalah populer juga bisa memuat cerita, opini dan kutipan editorial pilihan.

Bahasa yang digunakan dalam jenis artikel ini mudah dipahami. Biasanya artikel jenis ini banyak mengandung iklan, ilustrasi dan beberapa foto glossy. Selain itu, ada banyak referensi bibliografi yang tidak biasa.

2. Profesional atau Perdagangan

Jurnal jenis ini ditujukan untuk profesi atau industri tertentu. Majalah biasanya memuat berita, opini atau saran praktis terbaru mengenai produk baku.

Tidak hanya itu, majalah semacam itu juga memuat ulasan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang peristiwa industri.

Nanti saya akan mengulas jenis-jenis artikel yang dikumpulkan oleh rekan-rekan. Referensi bisa dimiliki oleh salah satu bagian ini.

3. Jurnal Ilmiah

Pernahkan anda mendengar jurnal ilmiah semacam itu? Jurnal ilmiah disebut jurnal referensi, jurnal peer-review dan jurnal akademik.

Majalah jenis ini merupakan majalah yang isinya berupa artikel dan terbit secara berkala. Tujuan pembuatan jurnal semacam itu adalah untuk menyebarluaskan pengetahuan serta meneliti penemuan-penemuan baru.

Selain itu, perbedaan antara artikel ilmiah dan jurnal memuat komentar dan kritik penelitian terkait hasil penelitian.

Tidak heran majalah-majalah ini dikenal dengan judulnya. Contoh utama dari jurnal ini adalah publikasi penelitian triwulanan.

Ciri-Ciri Artikel dan Jurnal Ilmiah

Setelah anda melihat perbedaan antara artikel ilmiah dan jurnal sejenis, anda juga bisa melihatnya berdasarkan karakteristiknya.

Dari segi artikel, ciri-ciri tersebut bisa direfleksikan dalam bentuk tulisan artikel. Artikel tidak menggunakan data tabular dan hanya ditulis oleh satu orang. Tidak hanya itu, artikel juga mempunyai ciri menggunakan bab dan poin.

Struktur pembukaan, isi dan bentuk penutup. Jurnal memuat fitur-fitur berupa tulisan atau catatan penelitian.

Jurnal ilmiah mempunyai data panduan belajar dan foto. Selain itu, jurnal biasanya ditulis oelh satu orang atau lebih. Saat menulis buku harian, jangan menggunakan bab.

Dilihat dari struktur jurnal, ada judul, abstrak, pendahuluan, alat, bahan, metode, temuan, kesimpulan dan daftar pustaka. Tidak heran menulis majalah lebih dihargai daripada menulis artikel.

Akhir Kata

Nah mungkin cukup sekian pembahasan mengenai artikel dan jurnal ilmiah yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?