Publikasi Jurnal Untuk Anda Dosen dan Mahasiswa

Publikasi jurnal ilmiah biasanya dilakukan oleh seorang dosen, akademisi ataupun peneliti.

Dengan cara publikasi artikel ilmiah dalam jurnal nasional maupun jurnal internasional bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan angka kredit serta bisa menjadi syarat untuk naik jabatan fungsional bagi dosen atau mengajukan promosi.

Dengan mempublikasi jurnal bisa untuk meningkatkan portofolio seseorang khususnya dosen dan peneliti.

Adapun manfaat jurnal bagi mahasiswa yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah ataupun sebagai syarat tugas akhir atau kelulusan (wisuda dan yudisium).

Ada dua pilihan untuk melakukan publikasi jurnal ini, yang pertama yaitu jurnal nasional dan yang kedua jurnal internasional.

Cara Publikasi Jurnal Ilmiah Nasional

Cara upload dan submit publikasi karya ilmiah pada jurnal internasional bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Nah untuk itu Ikutilah secara berurutan dan benar agar jurnal kamu bisa terbit dengan baik dan cepat.

1. Mempunyai Karya Ilmiah Original dan Bukan Plagiat

Langkah yang pertama yaitu kamu harus membuat artikel ilmiah tersebut berdasarkan kajian literatur atau melakukan penelitian.

Karya ilmiah ini harus bersifat original dan tidak boleh mengambil milik orang lain. Apabila karya tulis yang kamu kirim kena plagiat, maka kamu akan mengalami masalah yang besar termasuk mendapatkan blacklist dari berbagai jurnal baik dalam atau luar negeri.

2. Mengikuti Template dari Tempat Publikasi Jurnal

Langkah selanjutnya yaitu mengikuti template dari tempat publikasi jurnal merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus kamu perhatikan dengan baik oleh mereka yang akan mengirim.

Biasanya setiap redaksi jurnal memiliki formatnya tersendiri, sehingga kamu harus mengikuti prosedurnya dengan benar.

Template ini biasanya berhubungan dengan meletakkan abstrak dan apa saja yang harus ada di dalam isi.

Semua itu harus tersusun dengan rapih dan baik untuk mengikuti aturan tersebut. Biasanya antara jurnal satu dengan jurnal yang lainnya mempunyai sedikit perbedaan format, sehingga kamu tidak boleh sama.

Mereka yang mengirim jurnal dengan format yang berantakan dan tidak sesuai dengan aturan biasanya akan sulit untuk direvisi.

Walaupun isi jurnal yang kamu miliki itu sangatlah menarik, tetapi bisa saja si pemilik jurnal enggan untuk menerbitkannya, karena si pemilik merasa kamu kurang profesional.

3. Submit Jurnal Harus Sesuai dengan Bidang Ilmu

Nah kemudian langkah yang ketiga yaitu jurnal harus mempunyai spesifikasi tersendiri. Jurnal nasional pun sama, ada jurnal yang berhubungan dengan matematika, ilmu sosial, sampai ilmu yang spesifik sekalipun.

Contohnya seperti jurnal yang hanya khusus untuk mereka yang berprofesi dibidang kedokteran seperti dokter spesialis, dokter gigi dan yang lainnya.

Apabila kamu mengupload atau mengirim jurnal ke dewan redaksi yang salah, maka jurnal tersebut bisa saja tertolak.

Maka dari itu, sebelum kamu menulis sebuah jurnal lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu kategori jurnalnya. Apakah kamu itu masuk dalam bidang ilmu tertentu atau dalam bidang ilmu yang lebih spesifik.

Jikalau kamu sering membuat kesalahan meskipun jurnal yang kamu punya itu isinya menarik, bisa saja jurnal tersebut tertolak. Maka sangat disayangkan jika kamu salah kirim jurnal karena apa yang kamu tulis menjadi sia-sia dan membuang-buang waktu.

4. Mengambil Topik Terkini

Langkah yang terakhir yakni kamu harus mengambil topik yang terbaru dan terkini supaya jurnal kamu mudah diterima.

Pada umumnya jurnal yang banyak orang publikasi sekarang berisi materi atau topik yang terbaru dan terkini.

Karena topik ini jarang sekali orang bahas, sehingga penerbit dari jurnal akan memilihnya sebagai prioritas untuk publikasi jurnal yang kamu miliki bisa terbit dengan cepat.

Untuk memilih sebuah topik kamu harus melakukan sebuah riset yang sangat matang. Jika kamu sering membaca jurnal di dalam ataupun luar negeri contohnya seperti scopus, pasti kamu akan sangat paham materi apa saja yang sering menjadi pembahasan dan yang masih sedikit dibahas, sehingga butuh adanya penelitian baru.

Publikasi Jurnal Nasional Cepat

Kamu bisa saja melakukan publikasi dan submit jurnal nasional secara cepat serta kemanapun yang kamu inginkan.

Tetapi, jika masih bingung kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini supaya jurnal bisa terbit dengan cepat dan gratis.

1. Melakukan Riset

Langkah pertama sebelum kalian melakukan publikasi nasional yaitu kamu harus melakukan riset yang berhubungan dengan nama dari jurnal. Dalam bidang ilmu tertentu biasanya mempunyai jurnal yang jumlahnya lebih dari satu.

Membaca jurnal yang akan kamu jadikan sasaran dan melakukan riset terlebih dahulu. Dengan membaca dan riset kamu akan tahu seperti apa gaya penulisan yang sering dipakai dan menjadi sebuah syarat publikasi dan format yang mereka gunakan untuk melakukan proses publikasi.

Sebisa mungkin untuk mendaftar beberapa jenis jurnal yang berbeda dari beberapa jurnal tersebut, kamu dapat memilih salah satu yang terbaik.

Kirimkan karya ilmiah yang sudah kamu buat kesana atau ke redaksi jurnal lain apabila mempunyai lebih dari satu tulisan.

2. Bergabung ke Asosiasi

Adapun cara yang paling mudah untuk menerbitkan jurnal nasional secara cepat yaitu dengan bergabung ke asosiasi dokter gigi yang didalamnya juga menerbitkan jurnal khusus yang membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tersebut.

Dengan kamu bergabung dengan asosiasi bisa memudahkan kamu untuk mendekati para redaktur untuk mengirimkan naskah.

Jika anggota yang mengirim, prioritaskan naskah untuk segera terbit akan besar, dan lebih bagus lagi jika naskah tersebut berpotensi meningkatkan nilai dari asosiasi tersebut.

3. Mengirim ke Jurnal Internal

Adapun beberapa lembaga yang mempunyai jurnal internal yang khusus untuk menerbitkan karya ilmiah dari orang yang ada didalamnya.

Jurnal ilmiah ini biasanya ada pada universitas atau sekolah dan itu biasanya hanya berpusat pada satu bidang ilmu atau campuran, sehingga semua orang dapat mengirim.

Biasanya karya ilmiah ini untuk mereka yang bekerja di instansi tersebut. Jika kamu mengirim jurnal ke sini peluang untuk diterbitkannya akan lebih besar. Dengan isi jurnal yang sangat bermanfaat serta materi yang ditawarkan juga tidak pasaran.

4. Publikasi Jurnal Melalui OJS

OJS atau singkatan dari Open Journal System yakni berisi berbagai data yang berhubungan dengan pemiliki jurnal, kontak, lokasi sampai informasi lain yang sangat penting.

OJS ini sangat cocok untuk melakukan riset secara merinci. Jadi kamu bisa mendapatkan berbagai sasaran untuk dikirim tulisan secara online atapun langsung datang ke sana.

Beberapa jurnal biasanya mempunyai aturan tersendiri yang dimana kamu bisa langsung menghubunginya saat akan mengirimkan artikel ilmiah.

Adapun 5 tahapan dalam publikasi jurnal ilmiah melalui OJS, diantaranya:

  • Memulai submit/memasukan artikel kita pada web OJS tersebut.
  • Mengunggah file artikel atau jural yang akan dipublikasikan.
  • Meta data naskah artikel jurnal dengan memperhatikan data lengkap authors seperti nama dan yang lainnya. Lalu penulis akan melengkapi meta data artikel jurnal dengan memperhatikan judul dan abstrak/isinya. Tambahkan kata kunci yang sesuai dengan judul artikel, tambahkan referensi/daftar pustaka yang menjadi acuan dalam menulis jurnal.
  • Mengunggah/upload file tambahan seperti data penelitian gambar atau table jika diperlukan.
  • Nanti akan muncul sebuah ringkasan dari seluruh file yang terupload. Kemudian klik tombol finish submission.

Jasa Publikasi Jurnal Cepat Terbit Setiap Bulan

Di Rifa’Institute kamu tidak perlu pusing lagi bagaimana caranya mempublikasikan jurnal kamu untuk masuk pada jurnal terakreditasi nasional. Kami juga mempunyai jurnal ilmiah yang sudah terakreditasi SINTA.

Disini kami juga menggunakan pengecekan plagiasi. Pastinya kamu akan puas dengan di publikasikan artikel kamu di jurnal nasional disini.

Kami mengelola lebih dari 10 jurnal nasional berISSN, terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

Berikut ini merupakan jasa yang ditawarkan oleh Rifa’Institute :

  • Jasa pendaftaran hak cipta
  • Jasa penerbitan buku isbn
  • Jasa publikasi jurnal internasional (scopus)
  • Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi (PJMT)
  • Jasa bantu publikasi jurnal berISSN dan terakreditasi sinta 5, 4, 3, 2 dan 1 untuk semua rumpun ilmu

Jasa Publikasi Jurnal Sinta dan Internasional

publikasi jurnal

publikasi jurnal

publikasi jurnal

publikasi jurnal

publikasi jurnal

Cara Order

  1. Silahkan klik kontak CS kami pada link di bio intagram Rifa’Institute atau kamu bisa klik disini.
  2. Konsultasikan layanan jurnal yang anda butuhkan dengan mengisi formulir.
  3. Download template jurnal dan sesuaikan dengan artikel anda, lalu kirik ke email rifainstitute@gmail.com
  4. Pembayaran tahap 1 dilakukan setelah submit artikel, LoA akan segera kami proses dan kirimkan
  5. Artikel dalam proses publish, untuk pembayaran tahap 2 maksimal 2 hari setelah artikel terpublish, sertifikat langsung kami kirimkan.

Mengapa Harus Memilih Kami?

Rifa’Institute sebagai lembaga riset dan publikasi ilmiah adalah perusahaan yang mengusung tema Learning Organization, bahwa kami tidak pernah berhenti belajar untuk semakin berkualitas.

  • Legalitas Lembaga, berbentuk lembaga, serta adanya jaminan kepastian kerja dan legalitas
  • Jaminan Pekerjaan, mendampingi mulai dari instalasi, administrasi, teknik publikasi, pengelolaan hingga akreditasi.
  • Jaminan Kualitas, kualitas artikel sesuai dengan permintaan publisher dan standar kami bahkan Sinta.
  • Jaminan Networking, kami merupakan publisher jurnal yang berpengalaman dalam pengelolaan jurnal.
  • Jaminan Garanasi, garansi OJS Publish, jika tidak maka uang kembali.

Jika berminat bisa kamu klik gambar dibawah ini.


Jika informasi ini berguna, kamu dapat membagikan ke teman-teman kamu atau media sosial agar yang lainnya bisa mengetahui informasi ini yaa…
Konsultasi seputar publikasi jurnal penelitian? Kunjungi kami di Rifainstitute 

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?