Struktur Jurnal Internasional

Apa saja sih struktur jurnal internasional dan bagaimana cara membuat jurnal internasional dengan baik dan benar sesuai dengan strukturnya? Nah untuk mengetahuinya simak pembahasannya disini.

Biasanya jurnal internasional tulisannya secara urut mulai dari judul sampai referensi. Jurnal yang mempunyai struktur penulisan yang baku, tetapi cara menulis manuscript jurnal yang mudah tidakah harus urut.

Struktur Jurnal Internasional

Berikut ini merupakan struktur dari jurnal internasional yang perlu anda ketahui:

  1. Title
  2. Authors
  3. Affiliation
  4. Abstract
  5. Introduction
  6. Materials and Method
  7. Result
  8. Discussion
  9. Conclusion
  10. Acknowledgements
  11. References

Cara Membuat Jurnal Internasional yang Baik dan Benar

cara membuat jurnal internasional
Vector design illustrations.

Agar lebih mudah dalam menyusun penelitian yang akan diterbitkan secara internasional, berikut ini merupakan tata cara penulisannya.

1. Tentukan Tema Penelitian

Langkah pertama untuk membuat jurnal internasional yaitu menentukan tema penelitian, penting untuk memastikannya menarik.

Contohnya seperti memilih tema yang sedang hangat, tetap relevan dengan bidang ilmu yang anda kuasai serta mengandung unsur kebaruan.

2. Relevan dengan Bidang Keilmuan

Mencari referensi jurnal dan sebaiknya anda sesuaikan dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Sehingga tidak gagal di tengah jalan, karena saat relevan maka akan dianggap kompeten di bidang tersebut.

3. Buat Reviewer Terpikat

Penyusunan jurnal harus memperhatikan selera dan kebutuhan reviewer. Sehingga penting untuk mampu menarik perhatian dari mereka.

Contohnya seperti menggunakan jurnal referensi hasil penelitian reviewer, tetapi tetap sesuai dengan bidang ilmu yang anda miliki.

4. Gunakan Alat Agar Tidak Human Error

Saat membuat jurnal usahakan sesuaikan dengan panduan penulisan yang berlaku. Selain itu perlu menghindari kesalahan yang disebabkan oleh human error.

Misalnya seperti salah ketik atau typo, salah tata bahasa, salah penyusunan bagian jurnal dan lain sebagainya.

5. Menghindari Plagiat

Plagiarisme menjadi dosa besar di dunia akademik, jadi anda perlu pahami betul bagaimana menyusun jurnal yang bebas dari unsur plagiat.

6. Menyusun Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka harus cermat dan harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika diperlukan maka bisa menggunakan aplikasi khusus untuk menyusunnya, agar terhindar dari human error.

7. Susun Persembahan

Persembahan letaknya di bagian akhir jurnal dan ternyata ini hal yang penting. Karena penulis jurnal dapat menyampaikan segala ucapan terima kasih serta mengapresiasi bantuan dari semua pihak.

8. Pembayaran

Jika jurnal yang disusun sudah diterima maka akan menerima LoA (Letter of Acceptance) dan didalamnya terdapat invoice.

Jadi, silahkan segera melakukan pembayaran dan biasanya menggunakan mata uang dari negara asal, tetapi bisa juga memakai dollar Amerika.

Akhir Kata

Mungkin segitu saja penjelasan mengenai struktur jurnal internasional, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?