Syarat Akreditasi Jurnal Nasional

Untuk meningkatkan kualitas jurnal ilmiah nasional, Deputi Kemenristek/Badan Riset dan Inovasi Nasional memperkuat penelitian dan pengembangan akreditasi jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh lembaga ilmiah, asosiasi profesi dan perguruan tinggi di indonesia yang sesuai dengan Permenristekdikti No.9 Tahun 2018 tentang Persyaratan Ilmu Pengetahuan untuk akreditasi jurnal.

Untuk jurnal ilmiah yang baru terakreditasi, syarat minimal usia jurnal yaitu sudah terbit secara berkala selama 2 tahun (dengan mencantumkan nomor terbitan 2 tahun terakhir).

Untuk jurnal ilmiah yang masa berlaku akreditasinya akan segera berakhir, mohon untuk mengajukan kembali sertifikasi ulang paling lambat 6 bulan sebelum tanggal kadaluarsa (dengan menyerahkan nomor terbitan terakhir). Proposal yang masuk akan dievaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Syarat Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional

syarat akreditasi jurnal nasional

Berikut ini merupakan persyaratan untuk pengusulan akreditasi jurnal ilmiah nasional yaitu:

  • Sudah mempunyai ISSN (e-ISSN) dalam versi elektronik dan atau (p-ISSN) cetak bila terbitan terbit dalam dua versi, sesuai data di laman https://issn.pdii.lipi.go.id
  • Dalam laman website jurnal mencantumkan persyaratan etika publikasi.
  • Memuat artikel yang secara nyata mengandung data dan informasi yang memajukan teknologi, ilmu, pengetahuan dan seni. Jurnal ilmiah harus bersifat ilmiah.
  • Sudah terbit minimal 2 tahun secara berurutan mulai tanggal pengajuan akreditasi.
  • Penerbitan jurnal ilmiah secara teratur paling sedikit 2 kali dalam satu tahun
  • Dalam setiap terbit minimal 5 artikel
  • Tercantum dalam Portal Garuda (garuda.ristekbrin.go.id)
  • Sudah mempunyai pengenal objek digital Digital Object Identifier (DOI)
  • Mempunyai profil jurnal di Google Scholar

Anda bisa menemukan banyak sekali jenis jurnal, termasuk jurnal profesional atau perdagangan jurnal populer dan jurnal akademik.

Tujuan jurnal yaitu untuk mengembangkan penelitian yang sudah ditulis dan menjadi referensi bagi peneliti lain yang melakukan kegiatan penelitian sejenis.

Umumnya, materi jurnal mencakup wilayah yang luas namun padat, hanya 6 sampai 8 halaman, tetapi setiap kalimat mempunyai nilai ilmiah.

Sebagai syarat jurnal nasional terakreditasi, kita juga perlu memperhatikan cara penulisannya.

Ada beberapa jenis jurnal yang bisa ditemukan, yaitu Jurnal Sosains dan Jurnal Sostech. Tujuan pembuatan jurnal yaitu untuk mengembangkan sebuah penelitian yang sudah dituliskan dan menjadi acuan untuk para peneliti lainnya sedang melakukan kegiatann penelitian yang sejenis.

Menurut laman Ristekdikti, publikasi jurnal ilmiah memegang peranan penting sebagai salah satu indikator kemajuan suatu negara.

Ukuran kualitas bisa diukur dengan persetujuan pihak eksternal yang netral dan bertanggung jawab. Maka dari itu, wajar jika karya ilmiah berkualitas tinggi harus melalui proses review yang ketat oleh penerbit ilmiah.

Akreditasi jurnal dikembangkan sebagai sarana untuk mengukur apakah suatu jurnal memenuhi persyaratan minimal kualitas publikasi ilmiah.

Akhir Kata

Nah mungkin cukup sekian pembahasan mengenai syarat akreditasi jurnal nasional, semoga bisa bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar jurnal ataupun yang lainnya bisa hubungi nomor kami disini.

Aplikasi Review Jurnal

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi review jurnal. Untuk itu simak pembahasannya disini. Daftar IsiPengertian Review JurnalCara Review Jurnal Otomatis dan OnlineAplikasi...
rifaiweb1
1 min read

Contoh Parafrase Jurnal

rifaiweb1
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan?
Halo 🖐
Ada yang bisa mimin bantu?